Model Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Fikih di MI Ya Bakii Kalisabuk 03

Authors

  • Nadiya Rahmi Syarifah Mts Negeri 4 Cilacap
  • M Misbah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.9288

Keywords:

Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Fikih

Abstract

Pembelajaran yang menyenangkan merupakan hal yang penting bagi peserta didik. Dengan adanya pembelajaran yang tidak membosankan, peserta didik akan semangat dan antusias dalam proses pembelajaran. Penelitian merupakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif deskrirptif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah guru fikih dan peserta didik MI Ya Bakii Kalisabuk 03. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumen, buku, dan karya ilmiah yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Observasi. 2) Wawancara. 3) Dokumentasi. Penerapan model CTL dalam pembelajaran fikih di MI Ya Bakii Kalisabuk 03 sudah berjalan dengan baik. Dengan menerapkan tujuh komponen dalam model pembelajaran CTL. Ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menerapkan model CTL yaitu adalah rencana pembelajarana. Dengan adanya rencana pembelajaran, pembelajaran dengan model CTL akan berjalan dengan baik dengan tetap memperhatikan media dan metode yang tepat sesuai dengan materi yang akan disampaikan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

El-Fitri, R. W. (2022). Implementasi Model Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Fiqih Di MTs Salafiyah Syafi’iyah Seblak. El-Islam: Education, Leraning and Islamic Journal, 4(2).

Haryanto. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP N 2 Maesan Kelas VII-A Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(1). DOI: https://doi.org/10.30595/ajsi.v1i2.10132

Haulid, H. (2021). Penerapan Strategi Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MTs. Al-Ikhlas Mentigi. Jurnal Paedagogy, 8(4), 552. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4101 DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4101

Hidayat, T., & Syahidin, S. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Taraf Berfikir Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 115–136. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-01 DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-01

Hulaimi, A., & Pancor, I. H. N. (2019). Strategi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) (Pembelajaran Melalui Tindakan). 1. DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1197

Kismatun, K. (2021). Contextual Teaching and Learning Dalam Pendidikan Agama Islam. Teacher : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.51878/teacher.v1i2.718 DOI: https://doi.org/10.51878/teacher.v1i2.718

Kurniasih, D. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 285. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53345 DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53345

Lestari, A. D., Pratiwi, R., & Nastion, S. J. (2022). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning pada Sejarah Kebudayaan Islam. 01(01).

Lexy J. Moeloeng. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

M Choirul Muzaini, di M. M. & Nurul Fadhilah. (2022). Strategi Contekstual Teaching and Learning pada Pembelajaran Fikih di MI Miftahul Ulum. Attractive: Innovative Education Jurnal, 4(3).

Mailani, I. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Teaching and Learning dalam Pendidikan Agama Islam. 1(1). DOI: https://doi.org/10.24014/au.v1i2.6086

Mulia, B. (2020). Penerapan Contextual Teaching Learning Pada Materi Fikih Dan Sejarah Kebudayan Islam Jenjang Madrasah Aliyah. Fikrah : Journal of Islamic Education, 4(1), 84. https://doi.org/10.32507/fikrah.v4i1.729 DOI: https://doi.org/10.32507/fikrah.v4i1.729

Qomaruddin. (2021). Manajemen Pengembangan Pembelajaran Contextual Teaching Andlearning Pada Bidang Studi PAI. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1).

Romli. (22). Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada Pelajaran PAI sebagai Salah Satu Inovasi Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 8(2), 11. https://doi.org/10.32923/edugama.v8i2.2590

Sastradiharja, E. J., Siskandar, S., & Khoiri, I. (2020). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Mata Pelajaran PAI dan Implementasinya di SMP Islam Asysyakirin Pinang Kota Tangerang. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan, 10(1), 55–78. https://doi.org/10.56745/js.v10i1.19 DOI: https://doi.org/10.56745/js.v10i1.19

Septia Gingga Yolanda, Salmi Wati, Arifmiboy, & Junaidi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Ctl ( Contextual Teaching and Learning ) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas Xi Di Sma Negeri 2 Kecamatan Bukik Barisan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6). DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.402

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sunarsih, Wiwin. (2020). Pembelajaran CTL (Contextual Teach and Learning), Belajar Menulis Berita Lebih Mudah. CV Adanu Bimata.

Zaenal Abidin, Enung Nugraha, & Wasehudin. (2022). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Kualitas Pemahaman Materi Fiqih. Formosa Journal of Social Sciences (FJSS), 1(2), 131–150. https://doi.org/10.55927/fjss.v1i2.555 DOI: https://doi.org/10.55927/fjss.v1i2.555

Zulaiha, S. (2016). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). DOI: https://doi.org/10.24036/02017117936-0-00

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Syarifah, N. R., & M Misbah. (2023). Model Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Fikih di MI Ya Bakii Kalisabuk 03. Jurnal Kependidikan, 11(2), 289–300. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.9288

Issue

Section

Articles