Filsafat Ta’wil Nasr Hamid Abu Zaid dalam Perspektif Pendidikan Islam

Authors

  • Sofwan Sofwan Universitas Sains Al Qur’an Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.9166

Keywords:

Pendidikan Islam

Abstract

Takwil yang digunakan oleh Abu Zaid dalam  pembacaan teks yakni dengan mendekati teks dan berusaha mengungkapkan misteri-misterinya dimulai dengan pembacaan kemudian tingkat analitis. Pembacaan melalui  tafsir  dengan perangkat takwil dapat memberikan kontribusi yang besar dalam upaya memahami Alquran secara kontekstual, Abu Zaid mengusung dua terma penting dalam mengembangkan pendekatan penafsirannya terhadap Alquran, yakni al-Ma’na (makna) dan al-Maghza (signifikansi)  merupakan makna yang direpresentasikan oleh sebuah teks atau apa yang direpresentasikan oleh tanda-tanda, sedangkan signifikansi menamai hubungan antara sebuah makna itu dan seseorang atau sebuah persepsi, situasi atau sesuatu yang dapat dibayangkan. Natsir hamid Abu zaid melihat bahwa masalah pokok untuk mengatasi keterbelakangan dalam pendidikan adalah dengan merombak sistem dan kurikulum serta konsep pendidikan yang dikotomis kepada sistem yang integrated antara ilmu agama dan umum, dan dengan mempersiapkan guru yang komitmen- profesional dan dapat menjadi teladan bagi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Hanifah, al-'Alim wa al-Muta'allim. Halb: Maktabah Huda, 1972.

Abu Nu'aim al-Ashbahani, Hiljah al-Auliyâ. Qahirah: Maktabahal-Khaniji. 1932. Al-Bukhari, Muhammad bin Isma'il, Shahih Bukhari. Qohirah: Dâr al-Sya'bi, 1378 H.

Al-Rafi'I, Mushtafa Shadik, Tarikh Adab al-'Arab. Qohirah: Maktabah al-Tijariah al-Kubra, 1953.

Al-Rahmaramzi, al-Hasan bin Abdurahman, al-Muhaddits al-Fâshil baian Rawi wa al-Wâ'i. Beirut: Dâr al-Fikr, 1971.

Al-Sam'ani, Abdul Karim bin Muhammad, Adab al-Imla wa al-Istimlâ. Leiden, 1952.

Al-Subki, Thabaqat al Syafi'iyah. Qahirah: 'Isa al-Nani. Al-Subki, Thabaqat al Syafi'iyah. Qahirah: 'Isa al-Nani.

Al-Syiraji, Abdurrahman bin Nashr, Thabaqat al-Fuqaha. Beirut: Dar al-Ra'id al- Arabi 1970

Al-Zarnuji, ta'lim al-muta'allim thariqath ta'allum. Qahirah: Maktabah Mushtafa, 1948.

Baihaqi, Manaqib al-Syafi'I Qohirah: Dar al-Turats, 1971..

Blomm and Others,Taksonomi of Educational Objectives. New York: David Mckay Co, 1969.

Ibn Abdilbar, Yusuf, Jami' Bayan al-Ilm wa fadhlih. Madinah: Maktabah Salafiah, 1968.

Ibnu Nadim Muhammad bin Ishaq, al-Fahrasat (Qahirah: Maktabah al-Tijariah) Ibnu Haj, al-Mudakhol, Qohirah: Maktabah Tijariah al-Kubra, 1929 M.. 98.

Khatib al-Bagdadi, Syarf Ashhab al-Hadits, Ankara: Jami'ah Ankara 1971.

Khatib al-Bagdadi, al-Faqih wa al-Mutafaqih, Riyadh: Mathabi al-Qasin, 1389 H. Khatib al-Bagdadi, al-Kifayah fi ilm al-Riwayah. Hedrabad: Dairah Ma'arif al- 'Utsmaniyah: 1357 H.

Zuruq, qawaid al-Tasawwuf, Qahirah: Maktabah Kulliyah al-Azhariyah, 1968.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Sofwan, S. (2023). Filsafat Ta’wil Nasr Hamid Abu Zaid dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 11(2), 254–274. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.9166

Issue

Section

Articles