Peran Media Sosial dalam Pembelajaran IPS Era Society 5.0 di MI Darwata Karangasem Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8702Keywords:
media sosial, pembelajaran ips, society 5.0Abstract
Memahami konsep era society 5.0 dalam menghadapi tantangan masa depan sangatlah penting. Pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal. IPS memiliki peran penting dalam menyiapkan sumber daya manusia, meskipun seringkali diabaikan. Guru harus tanggap terhadap penggunaan media sosial pada peserta didik dan memberikan wawasan bahwa media sosial juga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran media sosial dalam pembelajaran IPS pada era Society 5.0 di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Subjek penelitian terdiri dari guru-guru IPS dan siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah yang aktif menggunakan media sosial dalam konteks pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik content analysis. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media sosial untuk pembelajaran IPS di MI Darwata Karangasem Sampang Cilacap berperan dalam meningkatkan komunikasi, pemahaman materi, dan motivasi belajar peserta didik. Dalam rangka memaksimalkan manfaat media sosial dalam pembelajaran IPS, disarankan agar Madrasah Ibtidaiyah mengembangkan pedagogi yang memadukan penggunaan media sosial dengan strategi pembelajaran yang efektif. Selain itu, perlindungan privasi dan keamanan pengguna media sosial juga harus diberikan perhatian serius. Pelatihan bagi guru dan siswa tentang penggunaan media sosial secara bertanggung jawab juga diperlukan. Kata Kunci: Media Sosial, Pembelajaran IPS, Era Society 5.0Downloads
References
Ahdar, A., Akbar, M., & Zurahmah, Z. (2022). PEMBELAJARAN IPS DALAM MENYAMBUT SOCIETY 5.0. Prosiding Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis Multidisciplinary di Era Society 5.0, 1, 24–29.
Anggila, W. (2022). PERSEPSI GURU BIDANG STUDI IPS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI SEKECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR [Diploma, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10101/
Anis, A., & Purwanto, K. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 08 SITIUNG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 209–219. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.96 DOI: https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.96
Awaliyah, C., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Media Sosial Mempengaruhi Integrasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7868–7874.
Isnaeni, Y., & Ningsih, T. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melaui Pembelajaran IPS. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2255 DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2255
Magdalena, I., Lestari, P. I., & Nugrahanti, I. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Kenampakan Alam (IPS) pada Siswa Kelas IV MI Al Gaotsiyah Kali Deres. NUSANTARA, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i2.1239
Nasution, A. K. P. (2020). INTEGRASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN GENERASI Z. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/TIP.V13I1.277 DOI: https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277
Nyoman, N., Handayani, L., Ketut, N., & Muliastrini, E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 1, 1–14. https://doi.org/10.33363/SN.V0I0.32
Pranandari, E. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DARING PADA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 39–44. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.611 DOI: https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.611
Ratri, S. Y. (2022). DIGITAL STORYTELLING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pena Karakter, 4(2), Article 2. https://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/2
Sari, I., & Adisel, A. (2022). Persepsi Guru terhadap Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pembelajaran IPS Selama Daring. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3411 DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3411
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Soesana, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=xrp_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengertian+era+society+5.0&ots=bob36XJUKh&sig=SDHZ3FTGTokMkok-jxP8QfmqkxQ&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian era society 5.0&f=false
Tinggi, S., Islam, A., Putih, N. G., & Sudarso, Y. (2020). Integrasi Kurikulum di Indonesia dalam Menghadapai Era Society 5.0. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(3), 213–218.
Zubir, Z., & Yuhafliza, Y. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Anak dan Remaja. Jurnal Pendidikan Almuslim, 7(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Indriyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.