Peran Media Sosial dalam Pembelajaran IPS Era Society 5.0 di MI Darwata Karangasem Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap

Authors

  • Nur Indriyati MI Darwata Karangasem Sampang Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8702

Keywords:

media sosial, pembelajaran ips, society 5.0

Abstract

Memahami konsep era society 5.0 dalam menghadapi tantangan masa depan sangatlah penting. Pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal. IPS memiliki peran penting dalam menyiapkan sumber daya manusia, meskipun seringkali diabaikan. Guru harus tanggap terhadap penggunaan media sosial pada peserta didik dan memberikan wawasan bahwa media sosial juga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran media sosial dalam pembelajaran IPS pada era Society 5.0 di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Subjek penelitian terdiri dari guru-guru IPS dan siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah yang aktif menggunakan media sosial dalam konteks pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik content analysis. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media sosial untuk pembelajaran IPS di MI Darwata Karangasem Sampang Cilacap berperan dalam meningkatkan komunikasi, pemahaman materi, dan motivasi belajar peserta didik. Dalam rangka memaksimalkan manfaat media sosial dalam pembelajaran IPS, disarankan agar Madrasah Ibtidaiyah mengembangkan pedagogi yang memadukan penggunaan media sosial dengan strategi pembelajaran yang efektif. Selain itu, perlindungan privasi dan keamanan pengguna media sosial juga harus diberikan perhatian serius. Pelatihan bagi guru dan siswa tentang penggunaan media sosial secara bertanggung jawab juga diperlukan.   Kata Kunci: Media Sosial, Pembelajaran IPS, Era Society 5.0

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdar, A., Akbar, M., & Zurahmah, Z. (2022). PEMBELAJARAN IPS DALAM MENYAMBUT SOCIETY 5.0. Prosiding Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis Multidisciplinary di Era Society 5.0, 1, 24–29.

Anggila, W. (2022). PERSEPSI GURU BIDANG STUDI IPS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI SEKECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR [Diploma, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10101/

Anis, A., & Purwanto, K. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 08 SITIUNG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 209–219. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.96 DOI: https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.96

Awaliyah, C., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Media Sosial Mempengaruhi Integrasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7868–7874.

Isnaeni, Y., & Ningsih, T. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melaui Pembelajaran IPS. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2255 DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2255

Magdalena, I., Lestari, P. I., & Nugrahanti, I. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Kenampakan Alam (IPS) pada Siswa Kelas IV MI Al Gaotsiyah Kali Deres. NUSANTARA, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i2.1239

Nasution, A. K. P. (2020). INTEGRASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN GENERASI Z. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/TIP.V13I1.277 DOI: https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277

Nyoman, N., Handayani, L., Ketut, N., & Muliastrini, E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 1, 1–14. https://doi.org/10.33363/SN.V0I0.32

Pranandari, E. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DARING PADA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 39–44. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.611 DOI: https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.611

Ratri, S. Y. (2022). DIGITAL STORYTELLING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pena Karakter, 4(2), Article 2. https://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/2

Sari, I., & Adisel, A. (2022). Persepsi Guru terhadap Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pembelajaran IPS Selama Daring. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3411 DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3411

Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Soesana, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=xrp_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengertian+era+society+5.0&ots=bob36XJUKh&sig=SDHZ3FTGTokMkok-jxP8QfmqkxQ&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian era society 5.0&f=false

Tinggi, S., Islam, A., Putih, N. G., & Sudarso, Y. (2020). Integrasi Kurikulum di Indonesia dalam Menghadapai Era Society 5.0. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(3), 213–218.

Zubir, Z., & Yuhafliza, Y. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Anak dan Remaja. Jurnal Pendidikan Almuslim, 7(1).

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Indriyati, N. (2023). Peran Media Sosial dalam Pembelajaran IPS Era Society 5.0 di MI Darwata Karangasem Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Jurnal Kependidikan, 11(2), 240–253. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8702

Issue

Section

Articles