Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8679Keywords:
IPS, Kreativitas Guru, Media PembelajaranAbstract
Kegiatan pembelajaran baik pendidikan formal maupun non formal, pasti terdiri dari pendidik dan peserta didik. Pendidik atau guru dituntut untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang bersifat menyenangkan bagi peserta didiknya, sehingga tidak terjadi kebosanan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari keinginan guru untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal, guru harus berpikir cerdas dan bertindak efektif. Sehingga guru dituntut untuk kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Kreatif disini bukan berarti menggunakan dana yang besar untuk sebuah pembelajaran, tetapi guru kreatif untuk kegiatan pembelajaran yang simple dan efisien. Guru dapat menggunakan media-media pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran, agar materi yang disampaikan mengena pada peserta didik. Guru bisa mengembangkan sebuah media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang ada. Media pembelajaran bisa menggunakan bermacam-macam media seperti media audio, media visual, media audio visual, media serba aneka, gambar fotografi, dan peta serta globe. Tentunya dengan media pembelajaran ini, materi akan lebih cepat dan mengena ke peserta didik Karena media ini hal baru bagi peserta didik, maka perlu penyampaian yang benar-benar sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreatifitas guru dalam pengembangan media pembelajaran mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan atau library reseach dengan merujuk penelitian-penelitian terdahulu dengan menganalisis dari buku-buku dan jurnal artikel. Hasil penelitian menunjukkan tentang kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran dengan menggunakan media yang menyenangkan, terbarukan, dan menggunakan teknologi informatika yang bagi peserta didik adalah hal yang menarik dan menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran yang disampaikan dapat tercapai. Kata Kunci : Kreatifitas Guru, Media Pembelajaran, IPSDownloads
References
Anggila, W. (2022). PERSEPSI GURU BIDANG STUDI IPS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI SEKECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR [Diploma, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10101/
Azizi, A. R., Nasution, F., Ajrina, N., & Fatimah, T. (2023). Pengembangan Sistem Pendidikan Karakter pada Sistem Pendidikan Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Hikmatul Salridho Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10938
Azryasalam, A., Friska, S. Y., & Purwanto, K. (2020). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(1), 40–47. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.58 DOI: https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.58
Babay, E. (2019). Pengembangan Media Gambar Realita dalam Pembelajaran IPS Pokok Materi Kenampakan Alam dan Buatan ( R & D di Kelas III SD Negeri Bojoneg [Diploma, UIN SMH BANTEN]. http://repository.uinbanten.ac.id/4218/ DOI: https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2487
Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS (STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMP NEGERI 2 TOLITOLI). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.56630/jti.v2i2.126
Magdalena, I., Lestari, P. I., & Nugrahanti, I. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Kenampakan Alam (IPS) pada Siswa Kelas IV MI Al Gaotsiyah Kali Deres. NUSANTARA, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i2.1239
Nukman, M. (2022). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS SD Pada Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10521
Ode, M. N. I. (2023). Pembelajaran IPS Kelas Rendah. Mafy Media Literasi Indonesia.
Rahmatunisa, S., Fahri, M., & Nawawi, M. K. (2022). Analisis Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru pada Pembelajaran IPS Kelas VI MI Mathlaul Anwar Cibitung Tengah Tenjolaya Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4882
Sari, I., & Adisel, A. (2022). Persepsi Guru terhadap Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pembelajaran IPS Selama Daring. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3411 DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3411
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14–17. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544 DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544
Sugeha, N. (2017). ANALISIS FAKTOR FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA GORONTALO. Skripsi, 1(111410131). https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111410131/analisis-faktor-faktor-penyebab-rendahnya-kemandirian-belajar-siswa-kelas-viii-smp-negeri-7-kota-gorontalo.html
Tunjung, A. S., & Purnomo, A. (2020). KREATIVITAS GURU IPS DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SMP NEGERI 2 SEMARANG DAN MTS NEGERI 1 SEMARANG. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40295 DOI: https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40295
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Basiran Basiran, Tutuk Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.