Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran IPS

Authors

  • Basiran Basiran MI Miftahul Falah Karanganyar, Cilacap
  • Tutuk Ningsih

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8679

Keywords:

IPS, Kreativitas Guru, Media Pembelajaran

Abstract

Kegiatan pembelajaran baik pendidikan formal maupun non formal, pasti terdiri dari pendidik dan peserta didik. Pendidik atau guru dituntut untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang bersifat menyenangkan bagi peserta didiknya, sehingga tidak terjadi kebosanan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari keinginan guru untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal, guru harus berpikir cerdas dan bertindak efektif. Sehingga guru dituntut untuk kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Kreatif disini bukan berarti menggunakan dana yang besar untuk sebuah pembelajaran, tetapi guru kreatif untuk kegiatan pembelajaran yang simple dan efisien. Guru dapat menggunakan media-media pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran, agar materi yang disampaikan mengena pada peserta didik. Guru bisa mengembangkan sebuah media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang ada. Media pembelajaran bisa menggunakan bermacam-macam media seperti media audio, media visual, media audio visual, media serba aneka, gambar fotografi, dan peta serta globe. Tentunya dengan media pembelajaran ini, materi akan lebih cepat dan mengena ke peserta didik  Karena media ini hal baru bagi peserta didik, maka perlu penyampaian yang benar-benar sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreatifitas guru dalam pengembangan media pembelajaran mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan atau library reseach dengan merujuk penelitian-penelitian terdahulu dengan menganalisis dari buku-buku dan jurnal artikel. Hasil penelitian menunjukkan tentang kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran dengan menggunakan media yang menyenangkan, terbarukan, dan menggunakan teknologi informatika yang bagi peserta didik adalah hal yang menarik dan menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran yang disampaikan dapat tercapai.   Kata Kunci : Kreatifitas Guru, Media Pembelajaran, IPS  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggila, W. (2022). PERSEPSI GURU BIDANG STUDI IPS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI SEKECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR [Diploma, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10101/

Azizi, A. R., Nasution, F., Ajrina, N., & Fatimah, T. (2023). Pengembangan Sistem Pendidikan Karakter pada Sistem Pendidikan Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Hikmatul Salridho Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10938

Azryasalam, A., Friska, S. Y., & Purwanto, K. (2020). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(1), 40–47. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.58 DOI: https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.58

Babay, E. (2019). Pengembangan Media Gambar Realita dalam Pembelajaran IPS Pokok Materi Kenampakan Alam dan Buatan ( R & D di Kelas III SD Negeri Bojoneg [Diploma, UIN SMH BANTEN]. http://repository.uinbanten.ac.id/4218/ DOI: https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2487

Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS (STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMP NEGERI 2 TOLITOLI). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.56630/jti.v2i2.126

Magdalena, I., Lestari, P. I., & Nugrahanti, I. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Kenampakan Alam (IPS) pada Siswa Kelas IV MI Al Gaotsiyah Kali Deres. NUSANTARA, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i2.1239

Nukman, M. (2022). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS SD Pada Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10521

Ode, M. N. I. (2023). Pembelajaran IPS Kelas Rendah. Mafy Media Literasi Indonesia.

Rahmatunisa, S., Fahri, M., & Nawawi, M. K. (2022). Analisis Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru pada Pembelajaran IPS Kelas VI MI Mathlaul Anwar Cibitung Tengah Tenjolaya Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4882

Sari, I., & Adisel, A. (2022). Persepsi Guru terhadap Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pembelajaran IPS Selama Daring. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3411 DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3411

Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14–17. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544 DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544

Sugeha, N. (2017). ANALISIS FAKTOR FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA GORONTALO. Skripsi, 1(111410131). https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111410131/analisis-faktor-faktor-penyebab-rendahnya-kemandirian-belajar-siswa-kelas-viii-smp-negeri-7-kota-gorontalo.html

Tunjung, A. S., & Purnomo, A. (2020). KREATIVITAS GURU IPS DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SMP NEGERI 2 SEMARANG DAN MTS NEGERI 1 SEMARANG. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40295 DOI: https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40295

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Basiran, B., & Tutuk Ningsih. (2023). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran IPS. Jurnal Kependidikan, 11(2), 226–239. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8679

Issue

Section

Articles