Persepsi dan Pengalaman Siswa di MI Ma’arif NU Penaruban dalam Memahami Manfaat Pembelajaran IPS dalam Lingkungan Sekolah dan Masyarakat

Authors

  • Seventina Laily MI Mafatihul Huda Serang, Cipari

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8506

Keywords:

pembelajaran ips, masyarakat, sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi dan pengalaman siswa dalam memahami manfaat pembelajaran IPS dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU Penaruban. Subjek Penelitian ini adalah pese Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi dalam persepsi siswa tentang manfaat pembelajaran IPS. Beberapa siswa memiliki persepsi yang positif dan melihat nilai yang signifikan dalam pembelajaran IPS, sementara yang lain mungkin memiliki persepsi yang kurang positif. Keterkaitan konsep-konsep IPS dengan kehidupan sehari-hari siswa juga memainkan peran penting dalam persepsi mereka terhadap manfaat pembelajaran ini. Siswa yang mampu menghubungkan konsep-konsep IPS dengan situasi nyata cenderung memiliki persepsi yang lebih positif. Selain itu, pengalaman siswa dalam menerapkan pengetahuan IPS dalam kehidupan sehari-hari juga beragam. Beberapa siswa dapat dengan mudah mengaitkan konsep-konsep IPS dengan situasi nyata, sementara yang lain mungkin mengalami kesulitan. Pengalaman yang positif dalam menerapkan pengetahuan IPS dalam kehidupan sehari-hari dapat memperkuat persepsi siswa terhadap manfaat pembelajaran ini, sementara pengalaman yang negatif dapat mengurangi motivasi mereka dalam belajar IPS.   Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Sekolah, Masyarakat  

References

Aini, A. H. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 12 RAMBUTAN. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.35961 DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.35961

Anggila, W. (2022). PERSEPSI GURU BIDANG STUDI IPS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI SEKECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR [Diploma, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10101/

Anis, A., & Purwanto, K. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 08 SITIUNG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 209–219. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.96 DOI: https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.96

Azryasalam, A., Friska, S. Y., & Purwanto, K. (2020). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(1), 40–47. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.58 DOI: https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.58

Babay, E. (2019). Pengembangan Media Gambar Realita dalam Pembelajaran IPS Pokok Materi Kenampakan Alam dan Buatan ( R & D di Kelas III SD Negeri Bojoneg [Diploma, UIN SMH BANTEN]. http://repository.uinbanten.ac.id/4218/ DOI: https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2487

Erianjoni, E., & Hardi, E. (2020). Efektivitas Penerapan Pembelajaran IPS Berbasis Projek (Project Based Learning) di Kalangan Guru IPS SMP Negeri di Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Jurnal Kronologi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/jk.v2i2.44 DOI: https://doi.org/10.24036/jk.v2i2.44

Fadillah, H. N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 01 Sidoharjo Pringsewu. [BachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61949

Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97–109. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462 DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462

Isnaeni, Y., & Ningsih, T. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melaui Pembelajaran IPS. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2255 DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2255

Magdalena, I., Lestari, P. I., & Nugrahanti, I. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Kenampakan Alam (IPS) pada Siswa Kelas IV MI Al Gaotsiyah Kali Deres. NUSANTARA, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i2.1239

Nukman, M. (2022). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS SD Pada Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10521

Ode, M. N. I. (2023). Pembelajaran IPS Kelas Rendah. Mafy Media Literasi Indonesia.

Simanjuntak, T. (2019). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Time Token Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 24 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i2.152 DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i2.152

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Laily, S. (2023). Persepsi dan Pengalaman Siswa di MI Ma’arif NU Penaruban dalam Memahami Manfaat Pembelajaran IPS dalam Lingkungan Sekolah dan Masyarakat. Jurnal Kependidikan, 11(2), 185–198. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8506

Issue

Section

Articles