Metode Pengembangan Aspek Kognitif Anak (Telaah Buku Prophetic Parenting Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid)

Penulis

  • Yosi Intan Pandini Gunawan Universitas Kiai Haji Saifuddin Zuhri
  • Elda Aulia Rahmania UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8447

Kata Kunci:

Kata kunci: Anak, Buku Prophetic Parenting, Kognitif, Metode

Abstrak

Abstrak Metode pengembangan kognitif anak adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan untuk mengubah atau meningkatkan pola pikir, bahasa dan kecerdasan anak, atau segala sesuatu yang berkaitan dengan otak dan intelegensi. Beriringan dengan semakin tumbuh dan kembangnya syaraf dan organ anak. Penelitian ini bertujuan mencari metode pengembangan kognitif anak yang ada di dalam buku Prophetic Parenting, kemudian hasil buku ini diharapkan dapat dijadikan referensi tambahan dalam mengembangkan aspek kognitif anak dalam kehidupan bermasyarakat. Mengingat anak adalah generasi penerus bangsa, agent of change, maka tumbuh kembangnya sangatlah penting dan perlu dimaksimalkan. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu teknik dokumenter, dengan sumber data primer berupa buku Prophetic Parenting karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dan Cerdas ala Rasulullah karya Nasiruddin. Dan juga sumber data sekunder yaitu buku Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam karya Armai Arief, buku Metodik khusus: Pengajaran Agama Islam karya Zakiyah Darajat, buku Teori-teori Psikologi karya Matt Jarvis, dan beberapa sumber sekunder lainnya. Hasil penelitian ini yaitu di dalam buku Prophetic Parenting disajikan metode pengembangan aspek kognitif anak dimulai dari pra-pernikahan (kriteria dalam memilih suami dan istri), pernikahan (berdoa sebelum berhubungan dan mempersiapkan diri menjadi orangtua yang sholeh dan sholehah), hingga pasca melahirkan yaitu upaya mengembangkan seluruh aspek anak khususnya aspek kognitif dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode kisah, metode diskusi/dialog, metode tanya jawab, metode ceramah/nasihat, metode pengawasan dan metode penghargaan. Beserta relevansi metode pengembangan kognitif anak dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (1st ed.). Ciputat Press.

Ath-Thuri, H. A. (2007). Mendidik Anak Perempuan di masa Remaja. Sinar Grafika Offset.

Basyiruddin. (2005). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Ciputat Press.

Dacholfany, I., & Hasanah., U. (2018). Pendidikan Usia Dini Menurut Konsep Islam. Sinar Grafika Offset.

Dewi, R. A. (2012). Motivasi Belajar Untuk Anak dengan IQ di atas Rata-rata. Jayalitera.

Eka Airlangga. (2019). Berbicara dan Berbahasa pada Anak : Bahasa Pertama dan Bahasa Kedua Eka Airlangga Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. 5.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 34.

Jati, L. T. S., & Sumarni, W. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang.

Juwariyah. (2010). Dasar dasar Pendidikan Anak dalam al-Qur’an. Teras.

Kurniawati. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD ZAKIAH AKBAR KOTA BENGKULU (Issue February). Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

May, A. (2015). Melacak Peranan Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Tsaqafah, 11(2), 222. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.266 DOI: https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.266

Nasiruddin. (2009). Cerdas ala Rasulullah (1st ed.). A+Plus Books.

Nawawi, H. (1996). Penelitian Terapan. Gajah Mada University Press.

Nizar, A. (n.d.). Tujuan Pendidikan Islam Prespektif Hadis. In antologi Pendidikan Islam (p. 222).

Pratiwi, A. R. (2020). Memilih Pasangan Yang Ideal dalam Perspektif Islam. 12. DOI: https://doi.org/10.31937/manajemen.v12i1.1578

Rahmawati, I. N. (2019). Survei Permasalahan Kognitif Siswa Kelas III dan IV di SD Gembira Ria. Universitas Sanata Dharma.

RI, D. A. (n.d.). Al-Qur’an al-Karim dan Terjemahannya. PT. Karya Toha Putra Semarang.

Rokhimah. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Roqib, M. (2011). Prophetic Education. Stain Press Purwoketo.

Rosyadi, K. (2009). Pendidikan Profetik (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatis Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suwaid, M. N. (2011). Prophetic Parenting (Cara Nabi Mendidik Anak) (Y. Maulana (ed.); 2nd ed.). Pro-U Media.

Tabroni, I. (2022). Implementation and Strengthening of The Literacy Movement in Elementari Schools Pasca The Covid-19 Pandemic. Multitural Education, 8(1).

Tafsir, A. (2008). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (8th ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Tokyo, K. D. (n.d.). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Undang undang sistem pendidikan nasional (p. 38). https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x DOI: https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Ulwan, A. N. (2007). Pendidikan Anak dalam Islam (2nd ed.). Pustaka Amani.

Widyaningrum, P. S., Pujiastuti, E., & Wijayanti, K. (2016). Keefektifan pembelajaran model pogil berbantuan kartu masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan karakter bangsa siswa kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 207–216.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan (2nd ed.). Yayasan Obor Indonesia.

Zulminiati. (2014). Bahan Ajar: Metodologi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang.

Diterbitkan

2023-05-26

Cara Mengutip

Gunawan, Y. I. P., & Rahmania, E. A. (2023). Metode Pengembangan Aspek Kognitif Anak (Telaah Buku Prophetic Parenting Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid). Jurnal Kependidikan, 11(1), 153–168. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8447

Terbitan

Bagian

Articles