Analisis Empat Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU Penaruban
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8440Keywords:
kompetensi guru, pembelajaran ipsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis empat kompetensi guru dalam mengembangkan pembelajaran IPS di sekolah dasar, yaitu pengetahuan materi, strategi pembelajaran, pengelolaan kelas, dan keterampilan komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Partisipan penelitian terdiri dari sepuluh guru IPS di sekolah dasar yang dipilih secara purposive. Data dianalisis secara tematik dengan mengidentifikasi pola-pola, tema-tema, dan hubungan antara empat kompetensi yang telah diidentifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan materi guru IPS memiliki peran penting dalam mengembangkan pembelajaran IPS yang bermakna dan relevan bagi siswa. Strategi pembelajaran yang beragam memberikan kesempatan kepada guru untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep IPS. Pengelolaan kelas yang efektif menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meminimalkan gangguan, sementara keterampilan komunikasi yang baik membantu dalam menyampaikan materi dengan jelas dan membangun hubungan yang positif antara guru dan siswa. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Mengembangkan, Pembelajaran IPSDownloads
References
Aini, A. H. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 12 RAMBUTAN. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.35961 DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.35961
Arif, M. (2013). MANAJEMEN MADRASAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.415-438 DOI: https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.415-438
Babay, E. (2019). Pengembangan Media Gambar Realita dalam Pembelajaran IPS Pokok Materi Kenampakan Alam dan Buatan ( R & D di Kelas III SD Negeri Bojoneg [Diploma, UIN SMH BANTEN]. http://repository.uinbanten.ac.id/4218/ DOI: https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2487
Dr, T., & Purnamasari, M. (2021). INTEGRASI METODE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK IPS DAN PKN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDIT ALAM GARUT. Journal Civics and Social Studies, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1192 DOI: https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1192
Erianjoni, E., & Hardi, E. (2020). Efektivitas Penerapan Pembelajaran IPS Berbasis Projek (Project Based Learning) di Kalangan Guru IPS SMP Negeri di Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Jurnal Kronologi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/jk.v2i2.44 DOI: https://doi.org/10.24036/jk.v2i2.44
Fadillah, H. N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 01 Sidoharjo Pringsewu. [BachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61949
Hamid, S., & Utama, W. (2020). PENGARUH KOMPETENSI PAEDAGOGIK DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP BARUNAWATI II. Research and Development Journal of Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.14893
Indriawati, P., Susilo, G., Saputra, D. S., & Seli, S. (2023). Gambaran Kompetensi Kepribadian Guru Pada Era Milenial. Jurnal Fusion, 3(02), Article 02. https://doi.org/10.54543/fusion.v3i02.253
Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847 DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847
Muradi, A. (2016). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB MELALUI IMLA SEBAGAI ORGANISASI PROFESI. Arabi : Journal of Arabic Studies, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.2 DOI: https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.2
Nukman, M. (2022). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS SD Pada Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10521
NURFADHILLAH, A. I. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANGASA KABUPATEN GOWA [Masters, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR]. http://eprints.unm.ac.id/11652/
Ode, M. N. I. (2023). Pembelajaran IPS Kelas Rendah. Mafy Media Literasi Indonesia.
Rahmatunisa, S., Fahri, M., & Nawawi, M. K. (2022). Analisis Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru pada Pembelajaran IPS Kelas VI MI Mathlaul Anwar Cibitung Tengah Tenjolaya Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4882
Ratri, S. Y. (2022). DIGITAL STORYTELLING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pena Karakter, 4(2), Article 2. https://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/2
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Sugeha, N. (2017). ANALISIS FAKTOR FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA GORONTALO. Skripsi, 1(111410131). https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111410131/analisis-faktor-faktor-penyebab-rendahnya-kemandirian-belajar-siswa-kelas-viii-smp-negeri-7-kota-gorontalo.html
Syahbuddin, S. (2022). Penerapan Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV SDN Sanolo. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.37630/jpi.v12i2.803 DOI: https://doi.org/10.37630/jpi.v12i2.803
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maghfirotul Chasanah, Tutuk Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.