Pengembangan Supervisi Pendidikan Islam Berorientasi Reward

Authors

  • Asdlori Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8418

Keywords:

Kata kunci: Instrumen, Supervisi Akademik, Pendidikan Islam, Reward

Abstract

Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan sebagai tuntutan dari kebutuhan dan perkembangan jaman yang semakin pesat. Peningkatan kualitas pendidikan tersebut dapat dimulai dari berbagai aspek, namun komponen utama dan pertama yang harus dikembangkan ialah sumber daya manusianya, yaitu guru. Gurulah yang menjadi garda terdepan dalam pengembangan kualitas pendidikan sehingga peningkatan kualitas guru harus terus dilakukan secara terus-menerus (continuous improvement), di antaranya melalui kegiatan supervisi. Supervisi merupakan segala bantuan dan pendampingan dari supervisor/ kepala sekolah untuk mengembangkan kemampuan guru dalam mencapai tujuan pendidikan. Supervisi ini sangat erat kaitannya dengan instrumen supervisi, karena instrumen inilah yang akan menjadi barometer bagi supervisor dalam melakukan supervisi. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyusunan instrumen supervisi (akademik) pendidikan Islam. Tulisan ini menghasilkan sebuah tawaran gagasan yakni dengan menjadikan supervisi sebagai media pemberian reward kepada para guru melalui sistem poinisasi sebagai bentuk stimulus agar para guru memiliki komitmen yang kuat dalam pelaksanaan kegiatan supervisi. Dengan komitmen yang kuat dan didasari adanya kesadaran dan rasa tanggung jawab bahwa mutu pendidikan berada di pundak para guru, hal tersebut bisa menjadi bekal bagi kegiatan supervisi pendidikan yang berkualitas.     

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akyuni, Qurrata. (2013). Urgensi Reward dalam Pendidikan. Serambi Tarbawi: Jurnal Pemikiran, Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam, 1 (1): 45-64.

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Arikunto, Suharsimi. (1988). Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, Suharsimi. (2004). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ashari, Ahmad. (2004). Supervisi Rencana Program Pembelajaran. Jakarta: tp.

Asrori. (2002). Sistem Pengawasan Terhadap Invantarisasi Prasarana dan Sarana Pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung. Tesis. PPS UPI Bandung.

Harjono, K. (2002). Kamus Populer Inggris – Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Herabudin. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidika. Bandung: Pustaka Setia.

Idris, Tasnim. (2008). Penerapan Metode Targhib dan Tarhib dalam Pendidikan Islam. Banda Aceh: Ar-Raniry Press.

Komala, K., (2003). Instrumen Untuk Mengugkap Kecenderungan Profil Inteligensi Jamak siswa Sekolah Menengah Tesis pada PPS UPI. Bandung: tp.

Lazaruth, Soewadji. (1988). Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta: Kanisius.

Purwanto, Ngalim. (1990). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Supervisi Manajerial Dan Supervisi Akademik. Jakarta Pusat.

Subari. (1994). Supervisi Pendidikan dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Subroto, Suryo. (1988). Dimensi-dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara.

Tim Penyusun. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

www.republika.co.id, diakses pada 12 April 2017 pukul 13.46 WIB

Downloads

Published

2023-05-26

How to Cite

Asdlori. (2023). Pengembangan Supervisi Pendidikan Islam Berorientasi Reward. Jurnal Kependidikan, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8418

Issue

Section

Articles