Efektivitas Model Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Dinamika Sosial, Kebijakan, dan Lingkungan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8357Keywords:
IPS, Media PembelajaranAbstract
Model pembelajaran memainkan peran penting dalam meningkatkan pembelajaran siswa, termasuk dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang isu-isu sosial dalam konteks IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental dengan kelompok kontrol. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas VI yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (n=10) yang menerapkan model pembelajaran kooperatif dan kelompok kontrol (n=10) yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan sebelum dan setelah implementasi model pembelajaran, serta kuesioner persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman mereka tentang isu-isu sosial, dibuktikan dengan peningkatan skor tes pengetahuan post-tes. Selain itu, siswa dalam kelompok eksperimen juga menunjukkan persepsi yang lebih positif terhadap pengalaman pembelajaran IPS mereka, terutama dalam hal kolaborasi dan interaksi sosial. Hasil penelitian ini mendukung penggunaan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran IPS sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Implikasi penelitian ini adalah para pendidik IPS dapat mengadopsi model pembelajaran kooperatif dalam pengajaran mereka untuk mendorong partisipasi aktif siswa dan mengembangkan keterampilan sosial yang relevan. Penelitian ini memiliki batasan, termasuk populasi dan sampel yang terbatas, sehingga generalisasi temuan perlu dilakukan dengan hati-hati. Penelitian selanjutnya dapat melibatkan populasi yang lebih luas dan memperluas pembandingan dengan model pembelajaran lainnya dalam IPS. Kata Kunci : Model-model pembelajaran, Pembelajaran IPSDownloads
References
Aryanto, S. (2022). Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI). http://repository.ubharajaya.ac.id/16770/
Babay, E. (2019). Pengembangan Media Gambar Realita dalam Pembelajaran IPS Pokok Materi Kenampakan Alam dan Buatan ( R & D di Kelas III SD Negeri Bojoneg [Diploma, UIN SMH BANTEN]. http://repository.uinbanten.ac.id/4218/ DOI: https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2487
Basit, A., & Komalasari, K. (2023). Dampak Isu-Isu Global Dalam Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 22(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/jimd.v22i2.31671
Djaali. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.
Dr, T., & Purnamasari, M. (2021). INTEGRASI METODE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK IPS DAN PKN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDIT ALAM GARUT. Journal Civics and Social Studies, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1192 DOI: https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1192
Erianjoni, E., & Hardi, E. (2020). Efektivitas Penerapan Pembelajaran IPS Berbasis Projek (Project Based Learning) di Kalangan Guru IPS SMP Negeri di Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Jurnal Kronologi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/jk.v2i2.44 DOI: https://doi.org/10.24036/jk.v2i2.44
Fadillah, H. N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 01 Sidoharjo Pringsewu. [BachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61949
Fernandes, R., Ananda, A., Montessori, M., Putra, E. V., & Tiara, M. (2023). Efektivitas Pendidikan Pemilih Intrakurikuler Dalam Mata Pelajaran Sosiologi Untuk Membentuk Ketahanan Demokrasi (Studi Pada Siswa SMAN 7 Sekolah Penggerak, Kota Padang, Sumatra Barat). Jurnal Ketahanan Nasional, 29(1), Article 1. https://doi.org/10.22146/jkn.82319 DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.82319
FITRIYAH, F. (2023). STUDI KOMPARATIF PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA [Sarjana, Universitas Siliwangi]. https://doi.org/10/10.%20BAB%20III.pdf
Hamid, A. (2019). BERBAGAI METODE MENGAJAR BAGI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), Article 2.
Ichsan, F. N., & Hadiyanto, H. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1203 DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1203
Khasanah, U., Laksana, M. S. D., & Chasanatun, T. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Sosiodrama dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3(0), Article 0.
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.
Lubis, S. M. (2020). Analisis Pemanfaatan Model Pembelajaran Word Square Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK [Thesis, UMSU]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7529
Maslahah, N. (2022). Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Dengan Media Interaktif: Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24269/silogisme.v7i1.3243 DOI: https://doi.org/10.24269/silogisme.v7i1.5181
MAULIDA, K. (2022). ANALISIS PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM BUKU AJAR SISWA TEMATIK SD/MI TEMA 2 KEGEMARANKU KELAS 1 [Masters, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri]. https://repository.uinsaizu.ac.id/13254/
M.Kom, D. W. S., S. Kom. (2021). PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, DAN MANDIRI PADA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN. Samudra Biru.
M.M, H., M. Pd. (2022). Teknologi Informasi Komunikasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Nas Media Pustaka.
M.Pd, D. E. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Nugraha*, F., Permanasari, A., & Pursitasari, I. D. (2021). Disparitas Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744 DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744
NURFADHILLAH, A. I. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANGASA KABUPATEN GOWA [Masters, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR]. http://eprints.unm.ac.id/11652/
Ode, M. N. I. (2023). Pembelajaran IPS Kelas Rendah. Mafy Media Literasi Indonesia.
Pd, M. A. R., M. (2020). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD). CV. Pilar Nusantara.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891
Santoso, G., Karim, A. A., Maftuh, B., Sapriya, & Murod, M. (2023a). Kajian Dinamika Demokrasi di Indonesia untuk Menjadi Tokoh Pahlawan Daerah dan Nasional RI Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.142
Santoso, G., Karim, A. A., Maftuh, B., Sapriya, & Murod, M. (2023b). Kajian Konstitusi di Indonesia: Kembali pada UUD 1945 Asli atau Tetap dalam UUD NRI 1945 di Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.140
Sulianta, F. (2020). Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies. Feri Sulianta.
Syahbuddin, S. (2022). Penerapan Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV SDN Sanolo. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.37630/jpi.v12i2.803 DOI: https://doi.org/10.37630/jpi.v12i2.803
Wuryaningrum, R. (2022). Ekologi Sosiokultural Pembelajaran Wacana dalam Konteks Lingkungan Pertanian Industrial. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni, 2, 89–101.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Linatul Maskuroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.