Efektivitas Model Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Dinamika Sosial, Kebijakan, dan Lingkungan di Sekolah Dasar

Authors

  • Linatul Maskuroh MI Nurul Huda Grugu Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8357

Keywords:

IPS, Media Pembelajaran

Abstract

Model pembelajaran memainkan peran penting dalam meningkatkan pembelajaran siswa, termasuk dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang isu-isu sosial dalam konteks IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental dengan kelompok kontrol. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas VI yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (n=10) yang menerapkan model pembelajaran kooperatif dan kelompok kontrol (n=10) yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan sebelum dan setelah implementasi model pembelajaran, serta kuesioner persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman mereka tentang isu-isu sosial, dibuktikan dengan peningkatan skor tes pengetahuan post-tes. Selain itu, siswa dalam kelompok eksperimen juga menunjukkan persepsi yang lebih positif terhadap pengalaman pembelajaran IPS mereka, terutama dalam hal kolaborasi dan interaksi sosial. Hasil penelitian ini mendukung penggunaan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran IPS sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Implikasi penelitian ini adalah para pendidik IPS dapat mengadopsi model pembelajaran kooperatif dalam pengajaran mereka untuk mendorong partisipasi aktif siswa dan mengembangkan keterampilan sosial yang relevan. Penelitian ini memiliki batasan, termasuk populasi dan sampel yang terbatas, sehingga generalisasi temuan perlu dilakukan dengan hati-hati. Penelitian selanjutnya dapat melibatkan populasi yang lebih luas dan memperluas pembandingan dengan model pembelajaran lainnya dalam IPS. Kata Kunci : Model-model pembelajaran, Pembelajaran IPS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryanto, S. (2022). Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI). http://repository.ubharajaya.ac.id/16770/

Babay, E. (2019). Pengembangan Media Gambar Realita dalam Pembelajaran IPS Pokok Materi Kenampakan Alam dan Buatan ( R & D di Kelas III SD Negeri Bojoneg [Diploma, UIN SMH BANTEN]. http://repository.uinbanten.ac.id/4218/ DOI: https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2487

Basit, A., & Komalasari, K. (2023). Dampak Isu-Isu Global Dalam Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 22(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/jimd.v22i2.31671

Djaali. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.

Dr, T., & Purnamasari, M. (2021). INTEGRASI METODE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK IPS DAN PKN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDIT ALAM GARUT. Journal Civics and Social Studies, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1192 DOI: https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1192

Erianjoni, E., & Hardi, E. (2020). Efektivitas Penerapan Pembelajaran IPS Berbasis Projek (Project Based Learning) di Kalangan Guru IPS SMP Negeri di Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Jurnal Kronologi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/jk.v2i2.44 DOI: https://doi.org/10.24036/jk.v2i2.44

Fadillah, H. N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 01 Sidoharjo Pringsewu. [BachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61949

Fernandes, R., Ananda, A., Montessori, M., Putra, E. V., & Tiara, M. (2023). Efektivitas Pendidikan Pemilih Intrakurikuler Dalam Mata Pelajaran Sosiologi Untuk Membentuk Ketahanan Demokrasi (Studi Pada Siswa SMAN 7 Sekolah Penggerak, Kota Padang, Sumatra Barat). Jurnal Ketahanan Nasional, 29(1), Article 1. https://doi.org/10.22146/jkn.82319 DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.82319

FITRIYAH, F. (2023). STUDI KOMPARATIF PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA [Sarjana, Universitas Siliwangi]. https://doi.org/10/10.%20BAB%20III.pdf

Hamid, A. (2019). BERBAGAI METODE MENGAJAR BAGI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), Article 2.

Ichsan, F. N., & Hadiyanto, H. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1203 DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1203

Khasanah, U., Laksana, M. S. D., & Chasanatun, T. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Sosiodrama dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3(0), Article 0.

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.

Lubis, S. M. (2020). Analisis Pemanfaatan Model Pembelajaran Word Square Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK [Thesis, UMSU]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7529

Maslahah, N. (2022). Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Dengan Media Interaktif: Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24269/silogisme.v7i1.3243 DOI: https://doi.org/10.24269/silogisme.v7i1.5181

MAULIDA, K. (2022). ANALISIS PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM BUKU AJAR SISWA TEMATIK SD/MI TEMA 2 KEGEMARANKU KELAS 1 [Masters, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri]. https://repository.uinsaizu.ac.id/13254/

M.Kom, D. W. S., S. Kom. (2021). PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, DAN MANDIRI PADA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN. Samudra Biru.

M.M, H., M. Pd. (2022). Teknologi Informasi Komunikasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Nas Media Pustaka.

M.Pd, D. E. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Nugraha*, F., Permanasari, A., & Pursitasari, I. D. (2021). Disparitas Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744 DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744

NURFADHILLAH, A. I. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANGASA KABUPATEN GOWA [Masters, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR]. http://eprints.unm.ac.id/11652/

Ode, M. N. I. (2023). Pembelajaran IPS Kelas Rendah. Mafy Media Literasi Indonesia.

Pd, M. A. R., M. (2020). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD). CV. Pilar Nusantara.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891

Santoso, G., Karim, A. A., Maftuh, B., Sapriya, & Murod, M. (2023a). Kajian Dinamika Demokrasi di Indonesia untuk Menjadi Tokoh Pahlawan Daerah dan Nasional RI Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.142

Santoso, G., Karim, A. A., Maftuh, B., Sapriya, & Murod, M. (2023b). Kajian Konstitusi di Indonesia: Kembali pada UUD 1945 Asli atau Tetap dalam UUD NRI 1945 di Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.140

Sulianta, F. (2020). Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies. Feri Sulianta.

Syahbuddin, S. (2022). Penerapan Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV SDN Sanolo. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.37630/jpi.v12i2.803 DOI: https://doi.org/10.37630/jpi.v12i2.803

Wuryaningrum, R. (2022). Ekologi Sosiokultural Pembelajaran Wacana dalam Konteks Lingkungan Pertanian Industrial. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni, 2, 89–101.

Downloads

Published

2023-05-26

How to Cite

Maskuroh, L. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Dinamika Sosial, Kebijakan, dan Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 11(1), 78–90. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8357

Issue

Section

Articles