Konsep Pemikiran Pendidikan Wanita Perspektif R.A. Kartini

Authors

  • Umi Azizah Logis Purnama Sari Pascasarjana UIN SAIZU Purwokerto
  • Subur UIN Saizu Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8286

Keywords:

pendidikan, kaum wanita, R.A Kartini

Abstract

R.A. Kartini memandang bahwa pendidikan akan mampu mengangkat derajat perempuan dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya peranan perempuan dalam pembangunan peradaban wanita adi bangsa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mengetahui pemikiran R.A Kartini mengenai pemikiran Pendidikan bagi perempuan di Negara Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan metode kepustakaan serta pendekatan historis dan biografi yang menceritakan dan mengungkapkan kembali peristiwa dan sejarah penting dalam kehidupan R.A Kartini. hasil penelitian menyimpulkan bahwa Raden Ajeng Kartini memandang Pendidikan adalah satu hal yang sangat penting bagi laki-laki maupun perempuan yang akan mampu mengangkat derajat dan martabat bangsa ini dengan cita-cita yang Raden Ajeng Kartini inginkan yaitu untuk membangun  sekolah wanita. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, T. R. (2021). Gagasan Emansipasi Wanita melalui Konsep Tokoh Kartini. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 35–44. DOI: https://doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3481

Chodijah, I. (1986). Rintihan Kartini. Ikhwan.

Eryudhawan, B. (2015). 100 Tahun Bangunan SD Kartini Semarang 1915-2015. YAD.

Firdawati, S. D. (2022). Urgensi Pendidikan Bagi Perempuan Perspektif Budaya. Judul: Membangun Narasi Adil Gender Di Perguruan Tinggi, 14(1).

Handak, I. S. K., & Kuswanto, K. (2021). Menelaah Urgensi Pendidikan bagi Perempuan Sesuai dengan Pemikiran RA Kartini. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(1). DOI: https://doi.org/10.18592/ptk.v7i1.4701

Hapsari, R. D. (2017). Sekolah Kartini dan Van Deventer: pelopor sekolah perempuan di Semarang pada masa kolonial. Jurnal Ilmiah Lingua Idea, 7(1), 73–89.

Horton, R., & Simons. (2009). Wanita-Wanita yang Mengubah Dunia. Esensi.

Karlina, H. (2020). Pemikiran Pendidikan dan Perjuangan Raden Ayu Kartini Untuk Perempuan Indonesia. Jurnal Humanitas, 7(1). DOI: https://doi.org/10.29408/jhm.v7i1.3281

Kartini, R. A. (2017). Habis Gelap Terbitlah Terang. Penerbit Narasi.

Kartini, R. A. (2021). Implementasi Pemikiran RA. Kartini dalam Pendidikan Perempuan Pada Era Globalisasi. Jurnal Humanitas, 7(2).

Kartodirdjo, S. (1982). Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia. Gramedia.

Khamdiyah, H. (2016). Pemikiran emansipasi wanita dan pendidikan RA Kartini dalam buku habis gelap terbitlah terang karya Armijn Pane dan relevansinya dengan tujuan pendidikan islam (Doctoral dissertation). STAIN Ponorogo.

Lindawati, Y. I., & Chintanawati, S. M. N. (2021). Analisis Wacana: Representasi Perjuangan Perempuan dalam Mengejar Pend ikan pada Film MARS (Mimpi Ananda Raih Semesta). Pendidikan Sosiologi, 03(Sejarah, Sosiologi dan Perpustakan), 51–62. DOI: https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i1.35842

Mu’thi, A. (2002). Mitos-mitos Perempuan Kurang Akal. Gama Media.

Mulyohardjo, R. (2012). Pengantar Pendidikan Sebuah Pengantar Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Mustikawati, C. (2013). Emansipasi Wanita Dalam Pemikiran RA Kartini (Studi Hermeneutika Makna Emansipasi Wanita Dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang) (Doctoral dissertation). Universitas Komputer Indonesia.

Muthoifin, M., Ali, M., & Wachidah, N. (2017). Pemikiran Raden Ajeng Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(1), 36–47.

Nata, A. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu.

Pane, A. (2008). Habis Gelap Terbitlah Terang. Balai Pustaka.

Pramudawardhani, I., & Estiana, E. (2019). Perjuangan Dan Pemikiran Ra Kartini Tentang Pendidikan Perempuan. KERATON: Journal of History Education and Culture, 1(1), 01–26.

Pratiwi, T. A., & Hudaidah, H. (2021). Pemikiran Kartini Mengenai Pendidikan Perempuan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 562–568. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.386

Putri, A. Z. P., & Hudaidah, H. (2021). Implementasi Pemikiran RA. Kartini dalam Pendidikan Perempuan Pada Era Globalisasi. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 7(2), 69–80. DOI: https://doi.org/10.29408/jhm.v7i2.3342

Rifa’i, M. (2011). Sejarah Pendidikan Indonesia: Dari Klasik hingga Modern. Ar-Ruzz Media.

Said, N. (2016). Politik Etis Kepahlawanan RA Kartini: Menguak Spiritualisme Kartini yang Digelapkan. PALASTREN Jurnal Studi Gender, 7(2), 345–368.

Soeharto, A. (2011). Urgensi Pendidikan Politik Bagi Perempuan. MUWAZAH: Jurnal Kajian Gender, 3(1). DOI: https://doi.org/10.28918/muwazah.v3i1.7

Stuers, C. V. (2017). Sejarah Perempuan Indonesia: Gerakan dan Pencapaian. Komunitas Bambu.

Sutrisno, S. (2014). Emansipasi: Surat-surat kepada Bangsanya 1899-1904. Jalasutra Post.

Tondowidjojo, J. (1991). Mengenang R.A. Kartini dan Tiga Saudara dari Jepara. Yayasan Sanggar Bina Tama.

Ulum, A. (2015). Kartini Nyantri. Pustaka Ulama.

Wahidah, M., & Ali, M. (2017). Pemikiran Raden Ajeng Kartini tentang Pendidikan Perempuan dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Profetik. Jurnal Studi Islam, 18(1), 36–47. DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v18i1.7690

Downloads

Published

2023-05-26

How to Cite

Umi Azizah Logis Purnama Sari, & Subur. (2023). Konsep Pemikiran Pendidikan Wanita Perspektif R.A. Kartini. Jurnal Kependidikan, 11(1), 118–136. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8286

Issue

Section

Articles