Kekerasan dalam Pendidikan di Sekolah: Bentuk, Sebab, Dampak, dan Solusi
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8209Keywords:
kekerasan dalam pendidikan, pendidikan perdamaian, pendidikan islamAbstract
Kekerasan tidak boleh terjadi dalam bidang apapun terutama dalam bidang pendidikan. Makna dari kekerasan dalam pendidikan adalah sebuah hukuman yang terasa bagi siswa sehingga siswa merasakan sakit, baik sakit secara fisik, ataupun sakit secara psikologis. Padahal inti dari pemberian hukuman yang mendidik adalah supaya timbul kesadaran siswa terhadap perilakunya yang salah dan berkomitmen tidak mengulangi kesalahan tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengatahui bentuk kekerasan dalam pendidikan, penyebab kekerasan dalam pendidikan terjadi, dampak terjadinya kekerasan dalam pendidikan, dan solusi yang tepat untuk tindakan kekerasan dalam pendidikan di sekolah. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu kajian pustaka. Dan dilakukan dengan membaca, menelaah serta menganalisis berbagai literatur yang ada, berupa jurnal dan hasil penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan adalah kekerasan dalam pendidikan masih terjadi hingga saat ini dan dapat berlangsung tanpa melihat lokasi kejadian, waktu kejadian dan pelaku kekerasan.Downloads
References
Aisyah, S., & Munif, M. (2020). SIX MEDICINE QOULAN DALAM MENGATASI KEKERASAN GURU TERHADAP SISWA DI LEMBAGA PENDIDIKAN. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 35. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.14948 DOI: https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.14948
Apriliana, A. A., & Listyani, R. H. (2021). KEKERASAN SIMBOLIK OLEH GURU PLB DI SLB NEGERI GUNUNGSARI BAURENO BOJONEGORO. 6, 7.
Apriyansyah, D. (2021). KEKERASAN SIMBOLIK DALAM PRAKTEK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 7, 16.
As, Y., Yuliastini, A., & Setiawati, R. (n.d.). MEMBANGUN KESADARAN HUKUM TENTANG PERLINDUNGAN ANAK BAGI GURU. 12.
Asykur, M. H., Fattimah, I., & Rustini, T. (2022). Tinjauan Masalah Mengenai Kekerasan dalam Dunia Pendidikan yang Dapat Merenggut Kesejahteraan Anak. 3, 9.
Diyah, N. C. M., & Imron, A. (2016). Kekerasan Dalam Pendidikan. 04, 12.
Eijigu, T.D., Teketel, S.Z. (2021). Bullying in schools: prevalence, bystanders’ reaction and associations with sex and relationships. BMC Psychol 9, 183. https://doi.org/10.1186/s40359-021-00685-5 DOI: https://doi.org/10.1186/s40359-021-00685-5
Fachruddin, F. (2018). Kekerasan Simbolik di Sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(2), 311–327. https://doi.org/10.32533/02208.2018 DOI: https://doi.org/10.32533/02208.2018
Fahmi, A. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 33. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086 DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086
Fatmawati, N. I., Nugraheni, A. S., & Sholikin, A. (2020). Analisis Kekerasan Simbolik dalam Buku Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 40. https://doi.org/10.31332/ai.v0i0.1781 DOI: https://doi.org/10.31332/ai.v0i0.1781
Fuad, F., Istiqomah, I., & Achmad, S. (2020). DIALEKTIKA PERLINDUNGAN HUKUM BAGI GURU DALAM MENDISIPLINKAN SISWA DI SEKOLAH. Indonesian Journal of Law and Policy Studies, 1(1), 55. https://doi.org/10.31000/ijlp.v1i1.2634 DOI: https://doi.org/10.31000/ijlp.v1i1.2634
Hadziq, A. (2018). Pendidikan Anti Kekerasan Berwawasan Lingkungan. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3(1), 55. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i1.1309 DOI: https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i1.1309
Hall W. (2017). The Effectiveness of Policy Interventions for School Bullying: A Systematic Review. J Soc Social Work Res, 8(1):45-69. doi: 10.1086/690565. Epub 2017 Jan 26. PMID: 28344750; PMCID: PMC5363950. DOI: https://doi.org/10.1086/690565
Hanipudin, S. (2020). KONSEPSI GURU MODERN DALAM PENDIDIKAN ISLAM. 8, 20. DOI: https://doi.org/10.52802/amk.v8i3.265
Laoh, Y. E., & Lololng, W. R. J. (2021). Perlindungan Profesi Guru Atas Kekerasan Yang Dilakukan Oleh Siswa. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 16. https://doi.org/10.36412/ce.v4i2.2375 DOI: https://doi.org/10.36412/ce.v4i2.2375
Lohy, M. helena, & Pribadi, F. (2021). KEKERASAN DALAM SENIORITAS DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 5(1), 159–171. https://doi.org/10.38043/jids.v5i1.2938 DOI: https://doi.org/10.38043/jids.v5i1.2938
Mansir, F. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kekerasan Peserta Didik di Madrasah. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/10.30596/intiqad.v13i2.8164 DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v13i2.8164
Menesini, E., & Christina Salmivalli. (2017). Bullying in schools: the state of knowledge and effective interventions. Psychology, Health & Medicine, 22:sup1, 240-253, DOI: 10.1080/13548506.2017.1279740 DOI: https://doi.org/10.1080/13548506.2017.1279740
Muis, T. (2017). Tindakan Kekerasan Guru Terhadap Siswa dalam Interaksi Belajar Mengajar (Studi Kasus di SMAN Surabaya). Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 2(1), 86. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p86-90 DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p86-90
Muis, T., Syafiq, M., & Savira, S. I. (2011). BENTUK, PENYEBAB, DAN DAMPAK DARI TINDAK KEKERASAN GURU TERHADAP SISWA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR DARI PERSPEKTIF SISWA DI SMPN KOTA SURABAYA: SEBUAH SURVEY. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 1(2), 63. https://doi.org/10.26740/jptt.v1n2.p63-74 DOI: https://doi.org/10.26740/jptt.v1n2.p63-74
Noboru T, Amalia E, Hernandez PMR, Nurbaiti L, Affarah WS, Nonaka D, Takeuchi R, Kadriyan H, Kobayashi J. (2021). School-based education to prevent bullying in high schools in Indonesia. Pediatr Int, 63(4):459-468. doi: 10.1111/ped.14475. Epub 2021 Mar 22. PMID: 32964568; PMCID: PMC8251718. DOI: https://doi.org/10.1111/ped.14475
Nurcholish, A. (n.d.). ISLAM DAN PENDIDIKAN PERDAMAIAN. 30.
Nurjanah. (2018). KEKERASAN PADA ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3554811
Okagbue EF, Muhua W., Ujunwa PE. (2022). Does school bullying show lack of effective multicultural education in the school curriculum?. International Journal of Educational Research Open, 3: 2666-3740, https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100178 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100178
Permana, D. (2020). Kekerasan Atas Nama Pendidikan, Bolehkah? https://nusaputra.ac.id/kekerasan-atas-nama-pendidikan-bolehkah/#:~:text=Makna%20dari%20kekerasan%20dalam%20pendidikan,fisik%2C%20ataupun%20sakit%20secara%20psikologis
Putri, R. O. (2018). Praktek Kekerasan Simbolik (Relasi Guru dan Peserta didik dalam Pendidikan Islam). 17(2), 18.
Rubini, R. (2018). PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN DALAM AL-QUR’AN. Al-Manar, 7(2), 133–152. https://doi.org/10.36668/jal.v7i2.92 DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v7i2.92
Sa’diyah, H. (2021). Kekerasan dalam Pendidikan; Sejarah, Perkembangan dan Solusi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 11(1), 70–86. https://doi.org/10.54180/elbanat.2021.11.1.70-86 DOI: https://doi.org/10.54180/elbanat.2021.11.1.70-86
Saputra, W. N. E. (n.d.). PENDIDIKAN KEDAMAIAN: PELUANG PENERAPAN PADA PENDIDIKAN TINGKAT DASAR DI INDONESIA. 7.
Sidik, M. (2021). PERLINDUNGAN HUKUM BAGI GURU YANG MELAKUKAN KEKERASAN TERHADAP SISWA. 10.
Siregar, L. Y. S. (2013). KEKERASAN DALAM PENDIDIKAN. 11. DOI: https://doi.org/10.32729/edukasi.v11i1.426
Siregar, L. Y. S. (2021). METODE MENDIDIK ANAK TANPA KEKERASAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. 05(1), 16. DOI: https://doi.org/10.37216/aura.v1i2.442
Siswanto. (2010). Systematic Review sebagai Metode Penelitian. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326-333.
Suharyo, S. (2012). Kekerasan Simbolik dalam Pendidikan. http://eprints.undip.ac.id/39415/
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2002 TENTANG KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA. (2002).
Untari, A. D., & Setiawati, E. (2020). STRATEGI GURU PPKN DALAM MENGANTISIPASI KEKERASAN PADA SISWA. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, 3(2), 185–200. https://doi.org/10.47080/propatria.v3i2.993 DOI: https://doi.org/10.47080/propatria.v3i2.993
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Awaliya Nur Fadhilah, Munjin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.