Kekerasan dalam Dunia Pendidikan (Studi Peran dalam Mencegah Bullying di SDN 2 Kalikesur Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas)

Authors

  • Munjidah SD Negeri 2 Kelikesur
  • Muh. Hanif UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8201

Keywords:

Kekerasan dalam Pendidikan, Bullying, Peran Guru

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh maraknya kasus bullying yang ada di Indonesia. Kekerasan dalam pendidikan merupakan fenomena yang banyak diperbincangkan di semua kalangan. Antara tahun 2016 hingga 2020, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendapat pengaduan 80 pelajar korban dari bullying pada sekolah. Peran yang dimiliki guru sangat penting untuk proses pembelajaran, diantaranya: sebagai sumber belajar dan sebagai fasilitator. Sedangkan pendidikan adalah kunci sebuah bangsa, tanpa pendidikan kita tidak bisa membayangkan akan seperti apa negara ini. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus. studi menggunakan observasi beserta wawancara. Menganalisis data melalui reduksi data, penyajian data beserta kesimpulan dari data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan (1). Bullying fisik meliputi memeluk bahu teman, memukul teman, dan menginjak kaki teman. Saat ini bullying bersifat verbal, seperti menyebut nama, menggunakan nama, meminjam nama secara paksa, atau memanggil nama orang tua dengan suara keras. (3) Strategi seorang guru dalam menghadapi perilaku bullying adalah mengintervensi antar siswa yang terlibat dalam peristiwa bullying, mengambil air cucian, meminta kedua belah pihak untuk menjelaskan, dan membuat pelaku memahami kesalahannya permintaan maaf.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050 DOI: https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Adi Santoso. (2018). “Pendidikan Anti Bullying.” Jurnal Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, Vol. 1, No. 2. DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v2i2.168

Amin Nasir. (2018). “Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah.” Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.2, No. 2.

Anis, M. (2018). Pembinaan Anak Tanpa Kekerasan Menurut Undang-undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak (Studi Kasus di Kelurahan Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar). Jurnal Al-Qadau: Peradilan dan Hukum Keluarga Islam, 5(1), 131. https://doi.org/10.24252/al-qadau.v5i1.5673 DOI: https://doi.org/10.24252/al-qadau.v5i1.5673

Arespi Junindra, Hasanatul Fitri, dkk. “Peran Guru Terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambu Sai, Vol. 6, No. 2

Budi Sarasati, Dian Kusumawati, Iin Widiastuti. (2019). “Pencegahan Bullying di Sekolah Melalui Program Welcome Day.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Aksiologiya. Vol. 3, No. 2 DOI: https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1648

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526 DOI: https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526

Dini Silvi Purnia, T. A. (2020). Metode Penelitian Strategi Menyusun Tugas Akhir. Graha Ilmu

Fery Muhamad Firdaus. (2019). “Upaya Mengatasi Bullying di Sekolah Dasar dengan Mensinergikan Program Sekolah dan Parenting Program Melalui Whole School Approach.” Jurnal Pendidikan Dasar Didaktika. Vol.2, No. 2 DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v2i2.28098

Fina Ismatul Maula. (2019). “Strategi Guru Dalam Mengatasi Bullying Siswa Di MI Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen Rejotangan Tulung Agung.” Institutional Repository UIN Tulung Agung

Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205. https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590 DOI: https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590

Gustiwan, J., Karneli, Y., Miaz, Y., & Firman, F. (2021). Pembinaan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Anak untuk Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3216–3223. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1330 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1330

Hariyanto Wibowo, Fijriani, Veno Dwi Krisnanda. (2021). “Fenomena Perilaku Bullying di Sekolah.” Jurnal Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, Vol. 1, No. 2 DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5888

Heri Wahyu Rejeki. (2019). “Membangun Tingkah Laku Asertif Melalui Pengembangan Modul Teknik Soma Untuk Mencegah dan Mengatasi Bullying.” Jurnal Education and Development, Vo. 7, No. 2

Implementasi konseling.pdf. (n.d.).

Kelompok 2_Perilaku Bullying dan Dampaknya pada Korban_Prospektiv.pdf. (n.d.).

Kurniawan, M. I. (2022). Pengembangan komik digital untuk mencegah bullying pada siswa kelas VII. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 8(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v8i1.7491 DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v8i1.7491

Kusumasari Kartika Hima Darmayanti, Farida Kurniawati, Dominikus David Biondi Situmorang. (2019). “Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian, dan Cara Menanggulanginya.” Jurnal Ilmu Pendidikan UPI, Vol. 17 DOI: https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980

Muhopilah, P., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 1(2), 99. https://doi.org/10.26555/jptp.v1i2.15132 DOI: https://doi.org/10.26555/jptp.v1i2.15132

Nal Education and development. (2019). 7.

Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466 DOI: https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466

Nurul Muftihah, Luhur Wicaksono, Yuline. “Pendekatan Konseling Spiritual Untuk Mengatasi Bullying Pada Siswa MTs Bustanul Ulum Mempawah Timur.” Jurnal Khatulistiwa, Vol. 10, No. 10

Pencegahan bullying pendekatan karakter.pdf. (n.d.).

Purnomo, E., S, A., & Marheni, E. (2019). Preventif Tindakan Bullying dengan Kegiatan Olahraga. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(1), 39. https://doi.org/10.24036/sb.0390 DOI: https://doi.org/10.24036/sb.0390

Santoso, A. (n.d.). PENDIDIKAN ANTI BULLYING. 9.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu

Syafiq, Muhammad Ubaidillah. (2020). “Implementasi KOnsep Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Bullying: Studi Kasus Di Pondok Pesantren As-Sa’diyyah 2 Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang.” Digital Library UIN Sunan Ampel Surabaya

Tantri Widyarti Utami, Yunani Sri Astuti, Livana PH. (2019). “Hubungan Kecemasan dan Perilaku Bullying Anak di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, Vol. 2, No. 1

Tipe penelitian.pdf. (n.d.).

UU Nomor 19 Tahun 2016.pdf. (n.d.).

UU Nomor 35 Tahun 2014.pdf. (n.d.).

Vihantika Rachma Fitri. (2020). “Studi Tentang Upaya Guru PPKN Dalam Mengatasi Bullying Sebagai Perilaku Menyimpang (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Beber.” Repository UPI

Viola Amanda, Septia Wulandari, dkk. (2020). “Bentuk dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik.” Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, Vol. 5, No. 1 DOI: https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.454

Wardani, D. K. (2019). EKSPLORASI PENGALAMAN REMAJA YANG MENJADI KORBAN BULLYING DI SEKOLAH. 6(1), 8. DOI: https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.37

Widiyanti, W. (n.d.-a). Mengenal Perilaku Bullying di Sekolah. 14.

Widiyanti, W. (n.d.-b). Mengenal Perilaku Bullying di Sekolah. 14.

Yulinda Saraswati. (2018). “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bullying Dengan Metode Ceramah Menggunakan Leaflet Dan LCD Terhadap Sikap Bullying Pelajar SMPN 4 Cilacap.”Prosiding Seminar Nasional dan Penelitian Kesehatan. Vol. 1 No. 1

Yuristia, A. (2020.). PENDIDIKAN SEBAGAI TRANSFORMASI KEBUDAYAAN. 13.

Yuyarti. ((2018). “Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter.” Jurnal Kreatif, Vol. 9, No. 1

Zakiyah Darajat. (2005). Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang Edisi V

https://www.kpai.go.id/publikasi/infografis/update-data-infografis-kpai-per-31-08-2020 diakses pada tanggal 7 November 2022 pukul 10.49

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Munjidah, & Hanif, M. (2022). Kekerasan dalam Dunia Pendidikan (Studi Peran dalam Mencegah Bullying di SDN 2 Kalikesur Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas). Jurnal Kependidikan, 10(2), 301–324. https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8201

Issue

Section

Articles