Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Jawa Tengah

Authors

  • Chamidin SD Negeri 2 Kebokura
  • Ali Muhdi UIN Saizu Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8200

Keywords:

perencanaan, pelaksanaan, evaluasi

Abstract

Mendiskripsikan berbagai macam problematika penerapan kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Negeri 2 Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas adalah tujuan penelitian ini. Pendekatan yang peneliti terapkan adalah pendekatan kualitatif dan metode analisis deskriptif. Dalam melakukan penelitian menghasilkan berbagai macam problematika atau kendala-kendala dalam menerapkan kurikulum merdeka. Pada kurikulum yang baru ini para guru diminta untuk lebih inovatif dalam membuat rancangan bahan ajar pembelajaran, arah pembelajaran dan runtutan langkah pembelajaran. Dalam pelaksanaan kurikulum merdeka juga ada projek penguatan profil pelajar Pancasila atau yang biasa kita kenal dengan istilah P5. Pembelajaran dilakukan tidak hanya dikelas tetapi juga di alam terbuka guna meningkatkan kreatifitas peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. H. S., & Putra, M. H. I. (2021). Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Non-Agama? Jurnal Sosial Budaya Dan Syar'i, 8(6), 2001–2010. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821 DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2021). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Aprilianti, W. A., Afiati, E., & Nurmala, M. D. (2022). Pengembangan Modul Keterampilan Manajemen Waktu Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Pada Siswa. Jurnal Syntax Admiration, 3(5), 772 DOI: https://doi.org/10.46799/jsa.v3i5.435

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta

Awalia Marwah Suhandi1 , Fajriyatur Robi’ah2; “JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022 Halaman 5936 - 5945 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( Fokus : Model MBKM Program Studi ). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Depdiknas. 2008. Kamus besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Efendi, Y. B. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Belajar yang Akan Gantikan Kurikulum 2013, Sudahkan tau? 08 Juli 2022. https://grobogan.pikiranrakyat.com/pendidikan/pr-2294955460/kelebihan-dan-kekurangan-kurikulummerdeka-belajar-yang-akan-gantikan-kurikulum-2013-sudahkah-tahu?page=3

Feriyanto, A., & Endang Shyta Triana. (2015). Pengantar Manajemen. Mediatera. Irawan, H., & Sari, P. K. (2018). Bisnis Informasi (Ke-1 (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia.

Feriyanto, A., & Endang Shyta Triana. (2015). Pengantar Manajemen. Mediatera.

Irawan, H., & Sari, P. K. (2018). Bisnis Informasi (Ke-1 (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia.

Inkiriwang, N. (2019). Implementasi biasanya dilakukan setelah perencanaan sudah dianggap fix. Implementasi juga bisa berarti pelaksanaan yang berasal dari kata bahasa Inggris Implement yang berarti melaksanakan. 15–38.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 9–46. ult.kemdikbud.go.id

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No. 162 Tahun 2021 Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x DOI: https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Matondang, A. R., Nasution, F. S., & Setiawati, N. A. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Merdeka Belajar ditinjau dari Perspektif Guru Sekolah D asar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 159–165 https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.185

Rainbow, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Teachers ’ Understanding of Professional Competency Standards. Journal Of Sport Education, 2(1), 10–15.

Rerung, R. R. (2019). E-Commerce (Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi), Cetakan Pertama, (Ke-1). Cv Budi Utama. Simamora, & Hendry. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE.YKPN. Sugiyono. (2015).

R., Nasution, F. S., & Setiawati, N. A. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Merdeka Belajar ditinjau dari Perspektif Guru Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 159–165. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.185

Rainbow, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Teachers ’ Understanding of Professional Competency Standards. Journal Of Sport Education, 2(1), 10–15. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Rerung, R. R. (2019). E-Commerce (Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi), Cetakan Pertama, (Ke-1). Cv Budi Utama.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.

Simamora, & Hendry. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE.YKPN.

Sugiyono, Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Cv. Alfabeta. Talan, M. R., Lubana, M. M. J., & Nalenan, J. S. (2022). Potret Gerakan Literasi Sekolah Menengah Atas

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Cv. Alfabeta. Talan, M. R., Lubana, M. M. J., & Nalenan, J. S. (2022). Potret Gerakan Literasi Sekolah Menengah Atas Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Education and Development, 10(2), 23–27.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Alfabeta

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927 DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Wibowo, A., & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru). Pustaka Pelajar. Yaumi, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Media Group.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121 DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/ jam.v7i2.3996 DOI: https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996

Zed, Mustika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Chamidin, & Muhdi, A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Jurnal Kependidikan, 10(2), 287–300. https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8200

Issue

Section

Articles