Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8200Keywords:
perencanaan, pelaksanaan, evaluasiAbstract
Mendiskripsikan berbagai macam problematika penerapan kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Negeri 2 Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas adalah tujuan penelitian ini. Pendekatan yang peneliti terapkan adalah pendekatan kualitatif dan metode analisis deskriptif. Dalam melakukan penelitian menghasilkan berbagai macam problematika atau kendala-kendala dalam menerapkan kurikulum merdeka. Pada kurikulum yang baru ini para guru diminta untuk lebih inovatif dalam membuat rancangan bahan ajar pembelajaran, arah pembelajaran dan runtutan langkah pembelajaran. Dalam pelaksanaan kurikulum merdeka juga ada projek penguatan profil pelajar Pancasila atau yang biasa kita kenal dengan istilah P5. Pembelajaran dilakukan tidak hanya dikelas tetapi juga di alam terbuka guna meningkatkan kreatifitas peserta didik.Downloads
References
Aji, R. H. S., & Putra, M. H. I. (2021). Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Non-Agama? Jurnal Sosial Budaya Dan Syar'i, 8(6), 2001–2010. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821 DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821
Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2021). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Aprilianti, W. A., Afiati, E., & Nurmala, M. D. (2022). Pengembangan Modul Keterampilan Manajemen Waktu Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Pada Siswa. Jurnal Syntax Admiration, 3(5), 772 DOI: https://doi.org/10.46799/jsa.v3i5.435
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta
Awalia Marwah Suhandi1 , Fajriyatur Robi’ah2; “JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022 Halaman 5936 - 5945 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( Fokus : Model MBKM Program Studi ). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Depdiknas. 2008. Kamus besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Efendi, Y. B. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Belajar yang Akan Gantikan Kurikulum 2013, Sudahkan tau? 08 Juli 2022. https://grobogan.pikiranrakyat.com/pendidikan/pr-2294955460/kelebihan-dan-kekurangan-kurikulummerdeka-belajar-yang-akan-gantikan-kurikulum-2013-sudahkah-tahu?page=3
Feriyanto, A., & Endang Shyta Triana. (2015). Pengantar Manajemen. Mediatera. Irawan, H., & Sari, P. K. (2018). Bisnis Informasi (Ke-1 (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia.
Feriyanto, A., & Endang Shyta Triana. (2015). Pengantar Manajemen. Mediatera.
Irawan, H., & Sari, P. K. (2018). Bisnis Informasi (Ke-1 (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia.
Inkiriwang, N. (2019). Implementasi biasanya dilakukan setelah perencanaan sudah dianggap fix. Implementasi juga bisa berarti pelaksanaan yang berasal dari kata bahasa Inggris Implement yang berarti melaksanakan. 15–38.
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 9–46. ult.kemdikbud.go.id
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No. 162 Tahun 2021 Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x DOI: https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x
Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Matondang, A. R., Nasution, F. S., & Setiawati, N. A. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Merdeka Belajar ditinjau dari Perspektif Guru Sekolah D asar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 159–165 https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.185
Rainbow, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Teachers ’ Understanding of Professional Competency Standards. Journal Of Sport Education, 2(1), 10–15.
Rerung, R. R. (2019). E-Commerce (Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi), Cetakan Pertama, (Ke-1). Cv Budi Utama. Simamora, & Hendry. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE.YKPN. Sugiyono. (2015).
R., Nasution, F. S., & Setiawati, N. A. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Merdeka Belajar ditinjau dari Perspektif Guru Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 159–165. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.185
Rainbow, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Teachers ’ Understanding of Professional Competency Standards. Journal Of Sport Education, 2(1), 10–15. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
Rerung, R. R. (2019). E-Commerce (Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi), Cetakan Pertama, (Ke-1). Cv Budi Utama.
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.
Simamora, & Hendry. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE.YKPN.
Sugiyono, Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Cv. Alfabeta. Talan, M. R., Lubana, M. M. J., & Nalenan, J. S. (2022). Potret Gerakan Literasi Sekolah Menengah Atas
Sugiyono. (2015). Sugiyono, Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Cv. Alfabeta. Talan, M. R., Lubana, M. M. J., & Nalenan, J. S. (2022). Potret Gerakan Literasi Sekolah Menengah Atas Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Education and Development, 10(2), 23–27.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Alfabeta
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927 DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Wibowo, A., & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru). Pustaka Pelajar. Yaumi, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Media Group.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121 DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/ jam.v7i2.3996 DOI: https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996
Zed, Mustika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CHAMIDIN, Muh. Hanif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.