Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU Ajibarang Kulon
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8084Keywords:
IPS, Kreativitas, Media PembelajaranAbstract
Salah satu yang mempengaruhi dalam proses mengajar dikelas yakni guru yang kreatif dan professional sebagai penunjang pencapaian hasil belajar yang optimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kreativitas guru dalam mengajarkan pembelajaran yang kreatif pada mata pelajaran IPS di kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan peserta didik kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi serta pencatatan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) guru sudah kreatif dalam menyajikan materi pembelajaran peristiwa kedatangan bangsa barat dengan menggunakan konsep imajinatif, merangsang ide dan karya orisinal, menerapkan variasi pola interaksi, gaya mengajar, dan ragam pesan, serta menerapkan evaluasi langsung, (2) guru sudah kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran dan sumber belajar dengan memproduksi media buatan sendiri. Kesimpulannya guru kreatif merupakan guru yang mampu mengembangkan kemampuan pedagogik, mengembangkan keterampilan hidup, meningkatkan nilai dan membangun serta mengembangkan sikap profesional sesuai era globalisasi.Downloads
References
Amirullah, F. S., Fanirin, M. H., & Ramadhan, F. H. (2022). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dan Membaca dengan Bahasa Arab Di TPA Mutiara Harapan Mustikajaya Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6835
Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar (Cover Baru). Grasindo.
Hamid, S., & Utama, W. (2020). PENGARUH KOMPETENSI PAEDAGOGIK DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP BARUNAWATI II. Research and Development Journal of Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.14893
Hasibuan, A., Novita, D., Tarigan, N. M. R., Yusrita, Y., & Riana, Z. (2021). Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis.
Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS (STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMP NEGERI 2 TOLITOLI). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.56630/jti.v2i2.126
Kesogihin, F. A., Aufa, A., Sabila, I. H., Ahmad, S. F., & Lesatari, T. D. (2023). Kreatifitas Guru Dalam Mengajar IPA di Mis Al-Ikhlasiah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(4), Article 4. https://doi.org/10.5281/zenodo.7678122
Khomsiyatun, U. (2018). PEMBELAJARAN KREATIF BERBASIS LITERASI BAHASA MENUMBUHKAN ANAK YANG CERDAS DAN KREATIF. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), Article 2. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2299 DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2299
Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, PUTM-004.
Masnuah, S., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Islam dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 (Sisdiknas). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/modeling.v9i1.1131
Monita, D. R. (2021). Uji Validitas Isi Modul Daring Teaching Berbasis Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Guru Sekolah Dasar [Other, UNIVERSITAS JAMBI]. https://repository.unja.ac.id/
M.Pd, A. M. A., S. Pd I., M.S.I, N. K., S. Pd I., M.Pd.I, M., M.Pd, R. U., M.Pd, R. P., & M.Pd, R. R., S. Pd I. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN: Orientasi Standar Proses Pendidikan. EDU PUBLISHER.
M.Pd, M. A. S. (t.t.). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
M.Pd, M. I. H., S. T. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Pantera Publishing.
Nehe, E. (2020). Problematika Guru Ber-Kompetensi Tidak Terlatih Terhadap Kemajuan Sekolah. Jurnal Alasma : Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 2(2), Article 2.
Parinduri, S. H., Sitompul, M. S., & Jannah, P. K. (2022). MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN EDRAWMIND UNTUK MELATIH KREATIVITAS MAHASISWA FISIKA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.58466/intern.v1i2.791
Rahzianta, R., & Hidayat, M. L. (2016). PEMBELAJARAN SAINS MODEL SERVICE LEARNING SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN HABITS OF MIND DAN PENGUASAAN KETERAMPILAN BERPIKIR INVENTIF. Unnes Science Education Journal, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9646
Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). PERAN KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMK DI JAKARTA SELATAN. Research and Development Journal of Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391 DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391
Rohaeni, S. (2020). PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MENGGUNAKAN MODEL ADDIE PADA ANAK USIA DINI. Instruksional, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130 DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Sulasmi, E., & Lukita Sari, E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Project Based Learning Secara Daring Di UPTD SPF SDN Asantola. [Thesis, UMSU]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16175
Tunjung, A. S., & Purnomo, A. (2020). KREATIVITAS GURU IPS DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SMP NEGERI 2 SEMARANG DAN MTS NEGERI 1 SEMARANG. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40295 DOI: https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40295
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Laela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.