Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MIN 1 Banyumas

Authors

  • Khoirotun Nafi'ah SMP Islam Al Fattah Banyumas

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.7901

Keywords:

#manajemen sumber daya manuisa#madrasah#teknologi#

Abstract

The curriculum is present as a guide used by educators where the curriculum has undergone various changes as a form of adaptation to a dynamic era. One of them is by implementing an independent learning curriculum where this curriculum tends to be considered new and is still in the process of being implemented in stages. Nevertheless, not a few schools have implemented an independent learning curriculum that emphasizes independent learning according to the needs and characteristics of students. Therefore, researchers want to know about the implementation of the independent learning curriculum in increasing student understanding, where this research was conducted at MI N 1 Banyumas. The purpose of this research is to find out the impact of implementing the independent learning curriculum. On the other hand, the head of the madrasa also plays an important role in the running of the independent curriculum for the development of P5 at MI N 1 Banyumas. Keywords: Madrasah Principal Management, Independent Curriculum, P5

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasnawati, ‘Pola Penerapan Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Daya Kreativitas Peserta Didik Di Sman 4 Wajo Kabupaten Wajo’, Tesis, 2021

Nisa, Zakiyatul, ‘IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAD 21 BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP Al-FALAH DELTASARI SIDOARJO’, 2022, 126

Toni Agung Prasetyo, Waka Kurikulum Madrasah MI N 1 Banyumas

Amila Silmi Kaffah, Wali Kelas IV MI N 1 Banyumas

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Widodo, B. (2021). Biografi: Dari Suwardi Suryaningrat Sampai Ki Hadjar Dewantara. Makalah Seminar “Perjuangan Ki Hadjar Dewantara dari Politik ke Pendidikan.

Yamin, M., & Syahrir. (2020). Jurnal Ilmiah Mandala Education. Jurnal Ilimiah Mandala Education

Muhammad Yamin & Syahrir , “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah metode Pembelajaran)”, Jurnal ilmiah mandala Education, Vol 6. No.1. April 2020, (Online) hppt://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index. (diakseses, 6 November 2022)

Alaika M. Bagus Kurnia PS, dkk., Menyorot Kebijakan Merdeka Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2020)

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Jenjang Pendidikan Dasar dan Memengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA), Jakarta:2021

.X. Soedjadi, Organisasi and Methods, Penunjang Berhasilnya Manajemen, (Jakarta : Gunung Agung, 1996)

Thoha, Kepemimpinan Dalam Manajemen, (Jakarta : Rajawali, 1993)

Wibowo, Manajemen Kinerja, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2007)

Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta Rineka Cipta, 2009)

Erni Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, (ED. I, Cet III; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008)

Sarwoto, Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen, (Jakarta : Ghalia Indonesia, 1991)

Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, (Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2008)

E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional : Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, (Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2005)

Departemen pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

Departemen pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses pendidikan, ( Jakarta: Prenada media Group, 2010)

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, (Jakarta: Bumu Aksara:2010)

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Marlina, “Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdeferensiasi di Sekolah Inklusif”, Departemen Pendidikan, 2019

Kholis Mu’amalah, Merdeka belajar sebagai Metode Pendidikan Islam dan Pokok perubahan,dalamTawadhu,Vol.4no,1,2020,pascasarjanaIAINPurwokerto.,https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/218 (diakses 20 November 2022)

Muslimah, Kinerja Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MAN 2 Kota Palu, (Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu, 2017)

Nina Anwar, Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MTs AlKhairaat Tondo, (Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu, 2017)

Muhammad Yamin dan Syahrir, Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar, Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol.6. N0.1 April. 2020, STKIP harapan Bima dan Universitas Pendidikan Mandika, https: //www.researchgate.net/publication/343086621, (diakses 20 November 2022). DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

S. Margono, Penelitian Pendidikan (Cet, XIX; Jakarta: Rineka Putra Cipta, 2003)

S. Nasution, Metode Research (Penelitian Ilmiah), (Cet, IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2004)

S. Nasution, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Ilmiah Suatu Pendekatan Praktik (Ed. II; Cet. IX, Jakarta: Rineka Cipta, 1993)

Winarno Surakhmad, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1978)

Mattew B. Milles, A. Michael Huberman, Quantitatif Data Analisis, Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi, Analisis Data Kuantitatif, (Cet I; Jakarta: UI-Pres, 1992)

Lexy Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010)

Tentang Pesantren, 48 (2019).

Downloads

Published

2023-05-26

How to Cite

Nafi’ah, K. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MIN 1 Banyumas. Jurnal Kependidikan, 11(1), 47–60. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.7901

Issue

Section

Articles