Implementasi Sistem Manajemen di Pesantren Tahfidzul Qur’an Benda

Authors

  • Mukhayatun MI Muhammadiyah Linggapura

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.7882

Keywords:

Implementasi dan sistem pendidikan Islam

Abstract

Abstract Pesantren management is part of Islamic education, so pesantren management is in line with Islamic management. which contains six elements, namely: elements of process, elements of arrangement, elements of implementation, elements of competence, elements of purpose, and elements of effectiveness. Every institution or organization is certainly responsible for certain aspects of developing a good management system.This system will later be balanced, or one of them will not exist, and then it will have an impact on reduced efforts to achieve the goals of an institution. The absolute thing that must exist in management is a management system, because as a determinant of the direction of an institution in carrying out its activities, this can be seen in the entire management process, starting from planning, organizing, acting, and controlling. This study uses a qualitative method. The sample in this study was collected using a non-probability sampling technique called purposive sampling. Interviews, observation, and documentation are the three methods used to collect data.The information gathered in the field, particularly that pertaining tomanagement, indicating that the pesantren has developed modern managerial principles. This can be seen in the entire management process, from planning organizing, actuating, and controlling. Keywords: Management System, Islamic Boarding School, Tahfidz Qur'an.   Abstrak Manajemen pesantren merupakan bagian dari pendidikan Islam, sehingga manajemen pesantren sejalan dengan manajemen Islam. Yang mengandung enam unsur yaitu : unsur proses, unsur penataan, unsur implementasi unsur kompetensi, unsur tujuan dan unsur efektifitas. Aspek-aspek dalam membentuk system manajemen yang baik tentunya dimiliki oleh setiap lembaga atau organisasi. System inilah yang nantinya akan berimbang atau salah satu diantaranya tidak ada, makan akan berimbas dengan berkurangnya upaya untuk mencapai tujuan suatu lembaga. Hal mutlak yang harus ada dalam manajemen adalah system manajemen karena sebagai penentu arah sebuah lembaga dalam melakukan kegiatannya, hal ini dapat dilihat pada keseluruhan proses manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, sampai pada pengkontrolan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sampel dalam penelitian  ini dilakukan dengan menggunakan teknik nonprobability sampling berbentuk purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 hal yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang ditemui di lapangan, terutama yang terkait denganpengelolaannya, mengindikasikan bahwa pesantren tersebut sudahmengembangkan prinsip-prinsip manajerial modern. Hal ini dapat dilihat dalam keseluruhan proses manajemen, mulai dari perencanaan pengorganisasian, penggerakan, sampai pada pengkontrolan. Kata kunci : Sistem Manajemen, Pesantren, Tahfidz Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farida, S. I. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan (1 ed.). Eureka Media Aksara.

Hardani, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1 ed.). Pustaka Ilmu.

Haryoko, S. dkk. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep, Teknik & Prosedur Analisis) (1 ed.). Universitas Negeri Makassar.

Hasibuan, M. (2014). Manajemen: Dasar,Pengertian,Dan Masalah (Edisi Revisi) (Revisi). Bumi Aksara.

mh/sf. (2020). Pendidikan Non Formal Tetap Dibutuhkan Masyarakat. DPR RI, 1.

Novitasari, E. (2020). Dasar – Dasar Ilmu Manajemen. Unicorn.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif; Jenis, Karakter, dan Keunggulannya (A. L (ed.)). Kompas Gramedia.

Rifa’i, M. (2019). Manajemen Organisasi Pendidikan (M. Fadhli (ed.); 1 ed.). CV Humanis.

Ritonga, A. H. (2014). Pesantren Sebagai Lembaga Pengembangan Masyarakat. ALHIKMAH, VIII(02), 23–40.

Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan (pertama). Wineka Media.

Sidiq, U. dkk. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (1 ed.). CV Nata Karya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, 26 (2003).

UU Nomor 20 Tahun 2003, 26 (2003).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.); ke 1). CV Alfabeta.

Taruna, Mulyani Mudis, D. (2022). Model Pendidikan Pesantren di Tengah Komunitas Hindu (Barjah (ed.); pertama). Litbangdiklat Press.

Taruna, M. (2018). Pendidikan Diniyah Formal; Pusat Kaderisasi Ulama Toleran (D. Muhtada (ed.); pertama). Pustka Rizqi Putra.

Wahyudi, R. (2019). Metode Cepat Hafal Al – Qur’an. Semesta Hikmah.

Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren, 48 (2019).

Downloads

Published

2023-05-26

How to Cite

Mukhayatun. (2023). Implementasi Sistem Manajemen di Pesantren Tahfidzul Qur’an Benda. Jurnal Kependidikan, 11(1), 30–46. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.7882

Issue

Section

Articles