Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV Di MI Nurul Islam Sidamukti Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes

Penulis

  • Nur Baeti Atik UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Novi Mulyani UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.7759

Kata Kunci:

Upaya guru, Karakter, Disiplin, Siswa

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembentukan karakter disiplin, dikarenakan melihat dari penyimpangan-penyimpangan yang jauh dari karakter mulia. Karakter merupakan pondasi awal untuk menanamkan kepada peserta didik agar menjadi generasi yang berakhlak mulia. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan mengenai upaya guru Kelas IV Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di MI Nurul Islam Sidamukti Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Nurul Islam Sidamukti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu data yang diperoleh seperti hasil observasi, hasil wawancara, catatan lapangan, dan tidak dituangkan dalam bentuk angka-angka. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, peyajian data, verifikasi data, dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa peranan guru kelas dalam pembentukan karakter disiplin siswa MI Nurul Islam Sidamukti yaitu guru sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, pelatih, dan evaluator. Sedangkan upayanya dengan menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, menciptakan suasana kondusif, peraturan, hukuman, penghargaan, dan konsistensi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik dengan mencerminkan kebiasaan mematuhi peraturan-peraturan yang ada di madrasah dan kegiatan rutin madrasah.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anitah, S. (2018). Strategi Pembelajaran. CV Widya Karya Sejati.

Awaludin. (2021). Hubungan Disiplin Dan Motivasi Blejara Dengan Hasil Belajar Peserta Didik. Al-Fikrah, 1(1), 67.

Ayni, N., Azizah, R. N., & Pribadi, R. A. (2022). Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan karakter Disiplin. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 269. DOI: https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.353

Depdikbud. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Fathoni, A. (2006). Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. PT. Rineka Cipta.

Fatmawati, K. (2021). Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Ma’arif Beton Siman Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Fawaid, M. M. (2017). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 4. DOI: https://doi.org/10.22219/jch.v2i1.9899

Hasan, S. (2018). Profesi Dan Profesionalisme Guru. Uwais Inspirasi Indonesia.

Lickona, T. (2019). Educaring For Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bumi Aksara.

M. Arifin. (2017). Strategi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan Disiplin Di Perguruan Tinggi. Jurna Edutech, 3(1), 124.

Moeleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya.

Muctharjo, T. (2013). Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Pemahaman Dasadarma Dalam Kegiatan Ekstralurikuler Pramuka Pada Siswa SMA Negeri 03 Wonogiri. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mutakin, T. Z., Nurhayati, & Rusmana, I. M. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Edutech, 1(3), 367. DOI: https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3089

Ngumroh, I. R. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di MI Ma’arif NU 01 Gununglurah. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Bahasa.

Prayoga, A. (2017). Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Iswa Melalui Metode Halaqah Di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. IAIN Purwokerto.

Priyatna, M. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Islam, 5, 1316. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6

Safitri, Faradilla, M., & Risnawati. (2018). Keteladanan Guru Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas Tinggi SD NI Simo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2022). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110–121. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150

Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih. (2020). Peran Guru Kelas Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Siswa. 3(3), 523. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29752

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah. Jurnal Pendidikan, 6(1). DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suharno, I. N. (2021). Membentuk Karakter Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya.

Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standart Operational Produksi. Jurnal Performa, 2(1).

Wantah, M. J. (2005). Pengembangan Disiplin Dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kpeendidikan ketenagaan Perguruan Tinggi.

Diterbitkan

2023-05-26

Cara Mengutip

Atik, N. B., & Mulyani, N. (2023). Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV Di MI Nurul Islam Sidamukti Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Jurnal Kependidikan, 11(1), 137–152. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.7759

Terbitan

Bagian

Articles