Pengembangan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Online di SD Negeri 2 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas

Authors

  • Yuni Ramadaniati UPBJJ UT Purwokerto
  • Maria Ulpah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Mohammad Imam Farisi Universitas Terbuka Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.7736

Keywords:

character, online, learning, development, students.

Abstract

This study is a qualitative research aimed at: (1) describing and analyzing student character development plans in online learning at SD Negeri 2 Rawalo, Rawalo District, Banyumas Regency; (2) Describe and analyze the implementation of student character development in online learning at SD Negeri 2 Rawalo, Rawalo District, Banyumas Regency; (3) Describe and analyze the assessment of student character development in online learning at SD Negeri 2 Rawalo, Rawalo District, Banyumas Regency. Data were collected by interview, observation and documentation techniques. The results of the study show that: First, the activities of student character development plans through online learning. In this planning activity, the teacher determines the learning theme that has the spirit of character values ​​and then prepares lesson plans as a guide for developing student character through various methods and media. Second, the activity of carrying out student character development through online learning. In this activity the teacher carries out online learning activities to shape the character of students with the google meet method and methods such as habituation, example, discussion, storytelling, assignment or recitation, and simulation. Third, assessment activities. In this activity the teacher assesses the character assignments given by him to the child. In this activity, parents record the completion of character tasks by the child and then the results are sent to the teacher via What's Up. Then the teacher assesses the character development of students through the video. Keywords character, online, learning, development, students.   Abstrak   Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang ditujukan untuk: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis rencana pengembangan karakter siswa dalam pembelajaran online di SD Negeri 2 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas; (2) Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pengembangan karakter siswa dalam pembelajaran online di SD Negeri 2 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas; (3) Mendeskripsikan dan menganalisis penilaian pengembangan karakter siswa dalam pembelajaran online di SD Negeri 2 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kegiatan rencana pengembangan karakter siswa melalui pembelajaran online. Pada kegiatan perencanaan ini guru menentukan tema pembelajaran yang memiliki spirit nilai karakter kemudian menyusun RPP sebagai pedoman untuk mengembangkan karakter siswa melalui berbagai metode dan media. Kedua, kegiatan melaksanakan pengembangan karakter siswa melalui pembelajaran online. Pada kegiatan ini guru melaksanakan kegiatan pembelajaran online untuk membentuk karakter siswa dengan medoa google meet dan metode-metode seperti pembiasaan, keteladanan, diskusi, bercerita, pemberian tugas atau resitasi, dan simulasi. Ketiga, kegiatan penilaian. Pada kegiatan ini guru menilai tugas-tugas karakter yang diberikan olehnya untuk anak. Pada kegiatan ini orangtua merekam penyelesaian tugas-tugas karakter oleh anak kemudian hasilnya dikirim ke guru via What’s Up. Kemudian guru menilai perkembangan karakter siswa melalui video tersebut. Kata Kunci karakter, online, pembelajaran, pengembangan, siswa.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312 DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science; Vol 1 No 2 (2019): Islamisasi Ilmu Pengetahuan Di Era Revolusi Industri 4.0. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512

Baginda, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2). https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593 DOI: https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593

Dewi, K., Pratisia, T., & Putra, A. K. (2021). Implementasi pemanfaatan google classroom, google meet, dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 533–541. https://doi.org/10.17977/um063v1i5p533-541 DOI: https://doi.org/10.17977/um063v1i5p533-541

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678 DOI: https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Hidayani, M. (2015). Pembelajaran Tematik Dalam Kurikulum 2013. Al-Ta’lim, 15(1), 150–165. http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v15i1.292

Kurniasih, N. F., & Ikhsan, F. K. (2019). Masalah Sosial Anak Usia Dasar. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 111. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1616 DOI: https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1616

Lestari, N., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 19. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379 DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379

Marzuki, I. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi dalam Berpikir Kreatif pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(1), 58–61. http://dx.doi.org/10.36312/jime.v1i1.12 DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v1i1.12

Mawardi, F. (2021). PELAKSANAAN METODE RESITASI PADA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNGJAWAB. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 375–392. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.233 DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.233

Pujiasih, E. (2020). MEMBANGUN GENERASI EMAS DENGAN VARIASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136 DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Rachmadyanti, P. (2017). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEARIFAN LOKAL. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140 DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140

Rejeki, L. S. (2021). Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas SDN Sidokerto 02. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(2), 43–52. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i2.129

Rohendi, E. (2016). Pendidikan Karakter Di Sekolah. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1). https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2795 DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2795

Sudaryanti, S. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902 DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902

Syarifah, L., Latifah, N., & Puspitasari, D. (2021). Keteladanan Pengasuh dan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Santri Tarbiyatul Athfal Tegalrejo Magelang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 97. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.51324 DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.51324

Utami, R. D., Munisa, M., & Harahap, A. S. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Dan Kemampuan Menyimak Pada Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. JURNAL SERAMBI ILMU, 21(2), 273–300. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.2247 DOI: https://doi.org/10.32672/si.v21i2.2247

Wiyani, N. A. (2017). Perencanaan Strategik Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di TK Islam Al-Irsyad Purwokerto. AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 3(2), 105. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-01 DOI: https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-01

Wiyani, N. A. (2020). Implementation of a Character Education Strategy in the Perspective of Permendikbud Number 23 of 2015 at Raudhatul Athfal. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(02), 141. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i02.2934 DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i02.2934

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Yuni Ramadaniati, Maria Ulpah, & Mohammad Imam Farisi. (2022). Pengembangan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Online di SD Negeri 2 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Jurnal Kependidikan, 10(2), 197–214. https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.7736

Issue

Section

Articles