Optimalisasi Perpustakaan dalam Mengembangkan Literasi di SD Negeri 2 Banjarkerta Karanganyar Purbalingga
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v10i1.7703Keywords:
literacy, reading, optimization, libraryAbstract
Abstract This research is aimed at knowing and analyzing library optimization in developing literacy in SD Negeri 2 Banjarkerta, Karanganyar District, Purbalingga Regency. This research is a phenomenological research that uses a qualitative approach. Data were collected by interview, observation and documentation. Then analyzed using three stages, namely data reduction, data display and verification. The results showed that the Tunas Cendekia library at SD Negeri 2 Banjarkerta was optimal in carrying out library functions, namely the function of storing human works, educational functions, information functions, recreation functions, and creativity functions. The library functions that are not yet optimal are the functions of research, culture, and documentation. Then students' reading literacy activities in the library include activities to strengthen and develop students' interest in reading, love to read, reading habits, reading activities, and forms of action in giving examples of developing literacy activities. All reading literacy activities are interrelated in their implementation. Strengthening and developing literacy by getting used to reading non-lesson books for fifteen minutes. The results of the optimization of the Tunas Cendekia library in developing literacy have a positive impact on the achievement of academic and non-academic achievements and the formation of good character attitudes in students. Keywords Literacy, reading, optimization, library Abstrak Penelitian yang ditujukan untuk mengetahui dan menganalisis optimalisai perpustakaan dalam mengembangkan literasi di SD Negeri 2 Banjarkerta Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan Tunas Cendekia SD Negeri 2 Banjarkerta sudah optimal dalam menjalankan fungsi perpustakaan yaitu pada fungsi khazanah penyimpanan karya manusia, fungsi pendidikan, fungsi informasi, fungsi rekreasi, dan fungsi kreativitas. Fungsi perpustakaan yang belum optimal yaitu fungsi penelitian, kebudayaan, dan dokumentasi. Kemudian aktivitas literasi membaca siswa di perpustakaan meliputi kegiatan pemantapan dan pengembangan minat baca siswa, gemar membaca, kebiasaan membaca, aktivitas membaca, dan bentuk tindakan dalam memberi contoh mengembangkan aktivitas literasi. Keseluruhan aktivitas literasi membaca saling berkaitan dalam pelaksanaannya. Pemantapan dan mengembangkan literasi dengan membiasakan selama lima belas menit membaca buku nonpelajaran. Hasil optimalisasi perpustakaan Tunas Cendekia dalam mengembangkan literasi memberikan dampak yang positif dengan pencapaian prestasi akademik maupun nonakademik serta terbentuknya sikap perilaku karakter yang baik pada siswa. Kata Kunci Literasi, membaca, optimalisasi, perpustakaanDownloads
References
Apriyani, D., Harapan, E., & Houtman, H. (2020). MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4103 DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4103
Arlita, S. E., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Akademik dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 8. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.70 DOI: https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.70
Arum Nisma Wulanjani & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4 DOI: https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Badrudin, A. R. (2019). MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MEREALISASIKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 (KURTILAS) DI SMK WIRADIKARYA CISEENG BOGOR. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 83. https://doi.org/10.30868/im.v2i01.376 DOI: https://doi.org/10.30868/im.v2i01.376
Kusumaningrum, D. E., Gunawan, I., Sumarsono, R. B., & Triwiyanto, T. (2019). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 164. https://doi.org/10.17977/um050v2i3p164-169 DOI: https://doi.org/10.17977/um050v2i3p164-169
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda.
Permata Ganggi, R. I. (2017). Pendidikan Pemakai di Perpustakaan Sebagai Upaya Pembentukan Pemustaka yang Literasi Informasi. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 5(1), 121–128. https://doi.org/10.24252/kah.v5i1a11 DOI: https://doi.org/10.24252/kah.v5i1a11
Rahmawati, G. (2016). BUKU TEKS PELAJARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SMAN 3 BANDUNG. Edulib, 5(1). https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307 DOI: https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307
Retno, S. S., Rohmiyati, Y., & Husna, J. (2015). Pemberdayaan Masyarakat melalui Perpustakaan: Studi Kasus di Rumah Pintar “Sasana Ngudi Kawruh” Kelurahan Bandarharjo-Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan; Vol 4, No 2 (2015): April 2015. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9518
Rohmah, N., Aryadita, H., & Brata, A. H. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Perpustakaan Kecamatan Bungah. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer; Vol 3 No 3 (2019). https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4616
Rustiarini, N. W., & Dewi, N. K. C. (2021). Penataan Perpustakaan Desa untuk Meningkatkan Literasi Membaca. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.53860/losari.v3i1.35 DOI: https://doi.org/10.53860/losari.v3i1.35
Saepudin, E. (2015). TINGKAT BUDAYA MEMBACA MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kabupaten Bandung). Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 3(2), 271. https://doi.org/10.24198/jkip.v3i2.10003 DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v3i2.10003
Silvana, H., & Setiani, S. (2018). PERAN GURU PUSTAKAWAN DALAM PENINGKATAN MINAT BACA SISWA PADA PROGRAM LITERASI INFORMASI. EDUTECH, 17(2), 215. https://doi.org/10.17509/e.v17i2.14101 DOI: https://doi.org/10.17509/e.v17i2.14101
Subiyanti, S., Murtono, M., & Suad, S. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 24–34. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4590 DOI: https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4590
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Yanti, F., & Awaliah, N. (2019). PERSEPSI GURU TENTANG EKSISTENSI PERPUSTAKAAN DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP 02 IBNU SINA KABIL. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 3(1). https://doi.org/10.33373/j-his.v3i1.1682 DOI: https://doi.org/10.33373/j-his.v3i1.1682
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Erli Muji Rahayu, Sigit Mangun Wardoyo, Tri Darmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.