Efikasi Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Workshop di SMP Negeri 2 Banyumas

Authors

  • Nurul Hidayah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Sunhaji UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v10i1.7695

Keywords:

efikasi guru, perangkat pembelajaran, lokakarya

Abstract

Tanggung jawab utama seorang guru adalah merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran.Tugas utama guru dalam membuat rencana pembelajaran adalah tugas yang harus diselesaikan sebelum guru dapat melakukan pembelajaran. Kegiatan perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyiapkan manajemen pembelajaran. Salah satu manajemen pembelajaran yang perlu disiapkan guru adalah suatu perangkat pembelajaran yang salah satunya adalah RPP. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh  guru baik di dalam maupun di luar kelas. Pembelajaran yang dilakukan harus sesuai dengan rencana yang telah disusun. Tugas guru selanjutnya adalah melakukan penilaian. Penilaian dilakukan untuk mengukur keberhasilan belajar siswa dan keberhasilan mengajar guru. Selain itu, berdasarkan hasil tersebut, guru melakukan kegiatan tindak lanjut. Kegiatan perencanaan pembelajaran harus dipersiapkan secara matang untuk memudahkan pembelajaran bagi guru. Perencanaan pembelajaran melalui kegiatan mengembangkan kompetensi dasar dalam sebuah perangkat pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri atau dalam kelompok  guru. Kegiatan penyusunan perangkat mengajar dalam bentuk dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dapat dilakukan melalui kegiatan workshop. Workshop dapat meningkatkan efektifitas guru dalam menciptakan perangkat pembelajaran. Kata kunci: efikasi guru, perangkat pembelajaran, lokakarya ABSTRACT A teacher's primary responsibility is to plan, implement, and evaluate learning. The teacher's main task in preparing lesson plans is the one that must be completed before the teacher begins to learn. Learning planning activities are carried out by preparation for learning management. One of the learning management tools that teachers need to prepare is school supplies, one of which is lesson plans. The implementation of learning is done by the teacher both inside and outside the classroom. The learning carried out must be in accordance with the prepared plan. The teacher's next task is to conduct the assessment. Assessments are made to measure student academic success and teacher success. In addition, based on these results, the teacher conducts follow-up activities. Learning planning activities need to be carefully prepared to facilitate teacher learning. Plan learning through activities to develop fundamental skills in a learning device. Lesson plans can be done independently or in a group of teachers. The preparation of teaching materials in the form of lesson plans and implementation plans can be done through workshops. Workshops can increase teachers' effectiveness in creating learning tools. Keywords: teacher efficacy, learning tools, seminars

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexander. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gema Persada Pers.

Anggota Komunitas Sahabat Pena (SPK).2020. Guru Pembelajar Bukan Guru Biasa. Gresik: Sahabat Pena Kita

Djumingin, Sulastriningsih, Syamsuduha. 2016. Perencanaan Pembelajaran Sastra Indonesia dan Daerah. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Faturrohman,Muhammad.Sulityaningsih.2012.Belajar dan Belajar.Yogyakarta: Teras

Gaffar, Mohammad Fakry.2007.Guru Sebagai Profesi. UPI: Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.5 No.1

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kamus Besar Elektronik Indonesia Untuk Android

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pengembangan Bahasa.

-----------------.2016.Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.

----------------.2017.Pedoman Penyusunan RPP SMP.Direktorat Pembinaan SMP,Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

----------------.2019. Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP.

Masitah.2018.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Memudahkan Guru Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Siswa SD Terhadap Masalah Banjir. FKIP Universitas Mulawarman: Prosiding Konferensi Pendidikan Biologi Jilid 15, Nomor 1 Page 40 .- 44

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode. California: Sage Publications, Inc

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

-------------- Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

---------------.2015. Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang SNP.

Pujiriyanto.2019.Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21, Modul 2 PPG. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Santoso, Agus, I.G.A Manuati Dewi.2019. Pengaruh Self-Efficacy, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Sukanda Djaya Denpasar. E-Journal Manajemen: DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p06 DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p06

Sidiq, Umar, Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Ponorogo : CV Nata Karya.

Widiyanti, A.A. Mas Diah, Adijanti Marheni. 2013. Perbedaan Self-Efficacy Berdasarkan Jenis Pola Asuh Pengasuhan Pada Remaja Madya di Denpasar. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana: Jurnal Psikologi Udayana Vol. 1, No. 1, 171-18 DOI: https://doi.org/10.24843/JPU.2013.v01.i01.p17

https://dictionary.cambridge.org/us/dictionary/english/workshop/ diakses pada 14 Februari 2022 pukul 18:20

https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/workshop diakses pada 14 Februari 2022 pukul 18.25

Downloads

Published

2022-05-27

How to Cite

Nurul Hidayah, & Sunhaji. (2022). Efikasi Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Workshop di SMP Negeri 2 Banyumas. Jurnal Kependidikan, 10(1), 45–60. https://doi.org/10.24090/jk.v10i1.7695

Issue

Section

Articles