Gaya Kepemimpinan Pemimpin dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Guru di MTs ‘Ushriyyah Purbalingga

Authors

  • Musriah Musriah Mahasiswa S-2 UIN SAIZU PURWOKERTO
  • Sunhaji Sunhaji

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.7491

Keywords:

leadership style, teacher performance, head master

Abstract

Kepemimpinan pendidikan sangat dibutuhkan saat ini, diantaranya peran penting kepala masyarakat seperti kemampuan manajerial yang mencukupi dari kepala madrasah dan didukung oleh kinerja tenaga profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya gaya kepemimpinan kepala madrasah di MTs 'Ushriyyah Purbalingga, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah gaya kepemimpinan kepala madrasah di MTs 'Ushriyyah Purbalingga? (2) Bagaimana kinerja guru di MTs Ushriyyah Purbalingga? (3) Bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah di MTs 'Ushriyyah Purbalingga?  Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.   Sedangkan teknik analisis data adalah teknik analisis model interaktif (aliran) yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan, pengambilan keputusan/verifikasi dan keabsahan data penelitian sebagai berikut: Pertama, gaya kepemimpinan  kepala MTs 'Ushriyyah Purbalingga pada gaya kepemimpinan konversi, sosok  pemimpin yang  berada di tengah - tengah anggota  kelompoknya , menganggap bawahannya sebagai rekan seperjuangan, mengharapkan pendapat, saran, dan kritik yang membangun.  Kedua, hasil kerja para guru di MTs 'Ushriyyah Purbalingga cukup baik.  Hal ini terlihat dari guru yang semakin disiplin dalam memasuki kelas, peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, terbukti melakukan evaluasi, ketepatan guru dalam menyampaikan materi serta semakin bervariasinya metode dan media pembelajaran yang digunakan guru.  Ketiga, dampak gaya kepemimpinan kepala madrasah yang komunikasi dikatakan berhasil atau berdampak positif bagi guru. Apalagi dalam proses belajar mengajar di kelas, guru terus mengalami perkembangan ke arah peningkatan kinerja guru yang lebih baik dan memuaskan . 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditiyawarman, D., Arismawati, K., & Ayumida, S. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru (SIPKG) pada SMP Negeri 3 Patokbeusi Subang. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1), 184-199. DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i1.1500

Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Alfatoni, A. H., & Rahman, H. A. (2021). Kebijakan Pemimpin madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di MI NW Lendang Ara. Manazhim, 3(2), 171–182. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i2.1251 DOI: https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i2.1251

Amalia, Fitroh. (2018). Gaya Kepemimpinan Pemimpin madrasah Pemimpin madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTs’ PSM Nitikan Plaosan Magetan. UIN Ponorogo.

Djadjuli, R. D. (2017). Pelaksanaan Pengawasan Oleh Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Pelaksanaan Pengawasan Oleh Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai, 4(567–568), 565–573.

Fadhli, M. (2020). Ekstenal Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Al-Tanzim:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(02). https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2 DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2

Faqihuddin, M. (2019). Guru Dan Mutu Sekolah. Jurnal Al-Kalam, I(1), 51–63. DOI: https://doi.org/10.47467/jdi.v1i1.60

Fatonah, I. (2013). Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Tarbawiyah, 10(2), 109–125.

Ganevi, R., & Eka P.B. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 1 Pacitan. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 6(4), 2088.

Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66-73. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p66-73

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342 DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193-199. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.21

Khamdani, P. (2014). Kepemimpinan dan Pendidikan Islam. Madaniyah, 4(2), 259-276.

Kurniawan, I., Harapan, E., & Rohana, R. (2021). Pengaruh Pemberian Penghargaan terhadap Kinerja Guru Honorer Sekolah Menengah Atas di Kota Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.38134 DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.38134

Maulana, T. (2019). Strategi Kepemimpinan Pemimpin madrasah Untuk Meningkatkan Kompetensi Professional Guru PAI ( Studi Penelitian Di MA Baabussalaam Kota Bandung ) Permasalahan strategi kepala sekolah merupakan permasalahan yang terpecahkan ini semua berbanding lurus dengan k. 4(1), 55–66. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.1.55-66.

Mitrohardjono, M. (2020). Peranan Kepemimpinaan Pemimpin madrasah dalam Mengimplementasikan Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan: Tahdzibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 5 No. 1: 19-32. DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270

Molly, B., Tanaamah, A. R., & Sitokdana, M. N. N. (2017). Analisis Kinerja Sistem Informasi dan Teknologi Informasi untuk Menunjang Kinerja Karyawan Menggunakan Framework IT Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Wi-Fi Universitas Kristen Satya Wacana). J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 4(4), 318-332.

Nugroho., V. W. A. (2013). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri Pandean Lamper 05 Semarang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nangoy, F., dkk. (2020). Profesionalitas Tenaga Kerja Hotel Four Points Manado di Masa Pandemi COVID-19: Studi Fenomemologi Secara Online. Jurnal Emba, 954-960.

Nurfuadi. 2012. Profesionalisme Guru. Purwokerto: Stain Press.

Oktavia, A., dkk. 2021. Strategi Kepemimpinan Pemimpin madrasah dalam Rangka Meningkatkan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Sidoarjao Jati Agung Lampung Selatan: Jurnal Mubtadiin Volume7 No. 02.

Rahman, A. (2014). Peningkatan Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Administrasi Pendidikan FIP UNP, 2(1), 1–831.

Riinawati. 2021. Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.

Rosidah, N. (2019). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tuluangagung.

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54 DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54

Shulhan, M. (2013). Modul Kepemimpinan Pemimpin madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta: Teras.

Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta: Prenademedia.

Uriatman, M. 2015. Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru: Jurnal Manajer Pendidikan Volume 9 No. 6

Usman, H. (2008). Peranan dan Fungsi Kepala Sekolah/Madrasah. Jurnal Tenaga Kependidikan, 3(1).

Yulianti, Y., Harmonika, S., & Yahya, F. (2021). Kepemimpinan Pemimpin madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mi Nw 02 Kembang Kerang Kecamatan Aikmel Lombok Timur. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.51700/manajemen.v1i1.110 DOI: https://doi.org/10.51700/manajemen.v1i1.110

Yusnidar, Y. (2014). Kepemimpinan Pemimpin madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Man Model Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 320–349. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.506 DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.506

Zubair, A. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Manager Pendidikan, 11(4), 305.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Musriah, M., & Sunhaji, S. (2022). Gaya Kepemimpinan Pemimpin dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Guru di MTs ‘Ushriyyah Purbalingga. Jurnal Kependidikan, 10(2), 231–246. https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.7491

Issue

Section

Articles