Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Optimalisasi Peran Guru Sebagai Manajer Kelas di SDN 1 Sokaraja Kulon

Penulis

  • siti maesaroh UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v10i1.7459

Kata Kunci:

manager, quality, teacher role

Abstrak

The purpose of this study was to see the manager's ability, teachers' understanding of classroom management and the role of teachers as class managers to optimize the quality of learning at SDN 1 Sokaraja Kulon. This study used a qualitative approach with descriptive analysis, data techniques were carried out by interview, observation and documentation. The data analysis used consisted of data reduction, data collection and data retrieval. Sources of research data were school principals, teachers. The result of this research is that the role of teachers as class managers in SDN 1 Sokaraja Kulon can improve the quality of learning.    Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan manajer, pemahaman guru tentang pengelolaan kelas dan peran guru sebagai manajer kelas untuk mengoptimalkan mutu pembelajaran di SDN 1 Sokaraja Kulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis deskriptif, tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru. Hasil penelitian ini adalah peran guru sebagai manajer kelas di SDN 1 Sokaraja Kulon dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.

Butarbutar, M., Wardhana, A., Aprilia, H. D., Hendrayani, E., Mardiah, S., Abrori, I., Siahainenia, S., Sugianingrat, I. A. P. W., Ridwan, M., Roslan, A. H., Latupapu, Za, C. V., & Pruboyo. (2021). Dasar-dasar Managemen. Media Sains Indonesia.

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.

Heriyanti, Mega, I. R., & Syahira. (2021). Dasar-Dasar Microteahing. Literasi Nusantara.

Kompri. (2014). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Remaja Rosdakarya.

Pakun, Suhendi, C., & Jatmiko, B. (2021). Perencanaan Proyek dan kontrol. Insan Cendekia Mandiri.

Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. ALFABETA.

Robbins. (2003). Perilaku Organisasi Jilid I. Gramedia Pustaka Utama.

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Rineka Cipta.

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Raja Grafindo Persana.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Rajawali Press.

Sudjanto, B. (2009). Cara Efektif Menuju Sertifikasi Guru. Raih Asa Sukses.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyuni, M., & Ariyani, N. (2020). Teori Belajar dan Implikasinya di dalam Pembelajaran. Edu Publisher.

Wiyani, N. A. (2013). Manajemen Kelas. Ar-Ruzz Media.

Yusuf, J., & Yetri. (2019). Himmah Spiritual sebagai Alternatif Penegakan Disiplin dalam Program Manajemen Peserta Didik. CV Gre Publishing.

Zulaikha, S. (2011). Peningkatan Kemampuan Managerial Guru Melalui Optimalisasi Pengelolaan Kelas. Perspektif Ilmu Pendidikan, 24(15). DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.242.7

Diterbitkan

2022-05-27

Cara Mengutip

maesaroh, siti. (2022). Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Optimalisasi Peran Guru Sebagai Manajer Kelas di SDN 1 Sokaraja Kulon. Jurnal Kependidikan, 10(1), 33–44. https://doi.org/10.24090/jk.v10i1.7459

Terbitan

Bagian

Articles