Hubungan Kompetensi Guru dan Kepuasan Siswa dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v10i1.6897Keywords:
Kompetensi guru, Kepuasan SiswaAbstract
Guru yang professional dituntut memberikan pelayanan prima kepada siswa. Pelayanan prima seorang guru adalah memberikan pelayanan yang baik kepada siswa sesuai dengan kebutuhannya. Dalam hal layanan, pendidikan dihadapkan pada masalah mutu yang berhubungan dengan kepuasan siswa. Pada konsep Total Quality Management (TQM), perbaikan mutu pendidikan melibatkan manager (kepala sekolah) dan karyawan (guru dan tenaga kependidikan). Pelayanan guru sebagai unsur yang berinteraksi secara langsung sangat dirasakan oleh siswa pada tingkat kepuasan tertentu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini yaitu guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Ajibarang sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik studi populasi dengan cara semua subjek yang ada dijadikan sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan ada 2 yaitu dokumen penilaian kinerja guru dan angket kepuasan siswa terhadap pelayanan guru. Analisis data menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dengan kepuasan siswa. Nilai korelasi X dan Y adalah 0.949 yang tergolong sangat kuat. Nilai koefisien determinasi adalah 0,898 atau 89.8% yang berarti kompetensi guru dapat menjelaskan kepuasan siswa sebesar 89.8%. Hal ini memberikan pengertian bahwa semakin positif atau semakin baik kompetensi guru, akan diiringi dengan meningkatnya kepuasan siswa. Demikian pula sebaliknya, apabila kualitas kompetensi guru rendah, akan diiringi dengan menurunnya kepuasan siswa.Downloads
References
Abidin, Muhammad Zainal. 2008. Penelitian Korelasional. (artikel). Dalam ww.muhammad Zainal Abidin Personal Blog.htm. di akses tanggal 25 September 2010.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmodjo, J. Tri. 2005. Modul Penelitian Korelasi (artikel). Jakarta: Fikom Universitas Mercubuana Jakarta
Berry, Parasuraman dan Zeithaml, V.A. (1993). The Nature and Determinants of costumer expectations of service. Jurnal Akademik Ilmu Marketing. Vol. 21 hal. DOI: https://doi.org/10.1177/0092070393211001
Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Pergoda.
Fraenkel, J.R dan Wellen, N.E. 2008. How to Design and Evaluate research in Education. New York: McGraw-Hill.
Jack Fraenkel, Norman Wallen. McGraw-Hill Companies, Incorporated h
McMilan, J dan Schumacher, S. 2003. Research in Education. New York: Longman.
Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra edisi ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Ruseffendi. 1993. Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi.
Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Syamsuddin dan Vismaia S. Damaianti. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trisnawati, ‘Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Pendidikan Dan Pelayanan Pada SMK Utama Bakti Palembang’, 2007.
Sopiatin (2010) Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia. Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Ghalia Indonesia
Supranto, M.A. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk. Menaikkan Pangsa Pasar Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Jiese & Cote. (2000). ... Lexington Book, The Free press. Gronroos, C. 1994. ... 2002. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit. Prehalindo.
Sureshchandar, G. S., Rajendran, C., & Anantharaman, R. N. (2002). The Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction—A Factor Specific Approach DOI: https://doi.org/10.1108/08876040210433248
Tour and Peat; Olander; Oliver) suggest ... to satisfaction. Interested readers are referred to Oliver. (1980).
Vanessa Nur Islamiah ‘Analisis Kepuasan Siswa Terhadap Guru Bersertufujasu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rina Hastari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.