Active Learning Versi Rasulullah dan Implementasinya dalam Pembelajaran PAI

Authors

  • Uyung Yuliza IAIN Pontianak
  • Sunhaji Sunhaji UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Wahab Wahab IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v9i2.6876

Keywords:

pembelajaran aktif, metode pembelajaran rasulullah, pembelajaran pai

Abstract

Facts in the world of education, especially about learning methods, it is said that the western world is more advanced than the Islamic world. It is undeniable that Islam contains a source of inspiration for the development and progress of science, including the field of education. Starting from this thought, this paper intends to provide input to the Islamic education environment by seeking to explore and present the learning methods used by the Prophet in his da'wah. Many hadiths about the way the Prophet educated his friends contain elements of an active learning strategy. By studying the hadith of the Prophet, various learning strategies will be found that can be used as a reference for developing current learning methods. This paper aims to describe the hadith of the Prophet as a source of active, creative and innovative learning methods that he has ever done by suggesting several hadiths as considerations to be implemented in active learning in Islamic Religious Education subjects. Keywords: Active Learning, Rasulullah's Learning Method, PAI Learning     Abstrak   Fakta dalam dunia pendidikan khususnya tentang motode pembelajaran, dikatakan dunia barat lebih maju dari dunia Islam. Tidak dapat dipungkiri bahwa Islam mengandung sumber inspirasi untuk perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahun termasuk bidang pendidikan. Bertolak dari pemikiran tersebut, tulisan ini bermaksud memberi masukkan kepada lingkungan pendidikan islam dengan berupaya menggali dan mengemukakan metode pembelajaran yang dilakukan oleh Rasulullah dalam dakwah beliau. Banyak hadits tentang cara Rasulullah mendidik sahabat-sahabat beliau yang mengandung unsur strategi pembelajaran aktif (active learning strategy). Dengan mengkaji hadits Rasulullah akan ditemukan berbagai strategi pembelajaran yang dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan metode pembelajaran saat ini. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan hadits Rasulullah sebagai sumber motode pembelajaran aktif, kreatif dan inovatif yang pernah dilakukan beliau dengan mengemukakan beberapa hadits sebagai pertimbangan untuk dapat diimplementasikan dalam pembelajaran aktif pada mata pembalajaran Pendidikan Agama Islam. Kata kunci : Pembelajaran aktif, Metode Pembelajaran Rasulullah, Pembelajaran PAI

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-11-26

How to Cite

Yuliza, U., Sunhaji, S., & Wahab, W. (2021). Active Learning Versi Rasulullah dan Implementasinya dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Kependidikan, 9(2), 306–324. https://doi.org/10.24090/jk.v9i2.6876

Issue

Section

Articles