Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata Mandiri di Sekolah Menengah Atas

Penulis

  • Subur UIN Prof. KH. Syaifuddin Zuhri Purwokerto.

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v10i1.6606

Kata Kunci:

pendidikan karakter, peduli lingkungan, adiwiyata mandiri, siswa sma

Abstrak

Penelitian bertujuan mengungkap kehidupan peduli lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari program sekolah. Program peduli dan ramah lingkungan dalam berbagai bentuk kegiatannya memiliki pengaruh yang besar dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengelola adiwiyata dan organisasi pecinta lingkungan (OPL) di SMA I Ajibarang. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan langkah penyajian data, reduksi, pengolahan dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program adiwiyata mandiri dilakukan melalui kebijakan sekolah baik yang bersifat intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Kegiatan dikoordinir oleh kader, diantaranya kader penanaman penghijauan, kader penguatan iman dan takwa, kader pemeliharaan kesehatan remaja, kader literasi, kader pengolahan sampah organic, kader pengolahan sampah anorganik dan kader penghematan energy air dan listrik. Kepedulian terhadap lingkungan juga melahirkan kesadaran sikap tanggungjawab, disiplin dan gotong royong. Program ini diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan siswa menjadi manusia peduli terhadap lingkungan di tempat tinggalnya masing-masing.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bahrudin, Mohammad Dendy Fathurrahman, Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di SMAN 4 Pandeglang, Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 17 No. 1, April 2017.

Endang Haris, dkk. (2018), Sekolah Adiwiyata Panduan Implementasi Adiwiyata Mandiri di Sekolah, Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Fachrudin M. Manungjaya, (2005), Konservasi Alam dalam Islam, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Faradiba, Andi Tenri dan Lucia R.M Royanto, Jurnal Sains Psikologi: Karakter Disiplin, Penghargaan, dan Tanggung Jawab dalam Kegiatan Ekstrakurikuler, Jilid 7 No. 1, Maret 2018, hlm. 94. Diakses 23 Juni 2020, Pukul 20.14 WIB. DOI: https://doi.org/10.17977/um023v7i12018p93-98

Hamzah, Syukri (2013). Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Hasibuan. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hidayati, Nanik, dkk., Perilaku Warga Sekolah dalam Implementasi Adiwiyata Di SMK Negeri 2 Semarang, dalam Jurnal Pendidikan Geografi: vol. 14 No. 1, April 2014, Hlm. 50 DOI: https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3362

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan

Pusat Kurikulum. (2010). Bahan Pelatihan: Penguatan Metodologi

Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Mebentuk

Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum

Kesuma, Dharma, dkk, (2012), Pendidikan karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lestari, Yeni., 2018. Penanaman Nilai Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran PAI, dalam Jurnal Pendidikan Ke-SD-an: Vol. 4 No. 2, Januari.

Mohammad Dendy Fathurahman Bahrudin, 2017, Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di SMA, dalam Jurnal Pendidikan Geografi: vol. 23 No. 1, April 2017,

Muhaimin, dkk. (2008), Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT Remaja: Rosdakarya.

Mustikaningrum, Ulfa Anggun (2019), “Internalisasi Nilai-nilai Islam Pada Program Adiwiyata di SMP Negeri 4 Purbalinnga Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Purwokerto, 2019..

Najib, dkk., (2015), Managemen Majis Sekolah Sebagai Laboratorium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya, Yogyakarta: Penerbit Gama Media.

Negeri 4 Pandeglang”, Vol. 17, No. 1, April 2017, hlm. 25. Diunduh 21 Desember 2019, Pukul 13.54 WIB. https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdTMmAXC4-NIZwP3scXqtKIYFiXjZmgFdPO0iHeZhfhJ47eQ/viewform?ups=send_form

Nuzulia, Sri, dkk., Implementasi Program Adiwiyata Mandiri dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan, Jurnal Sosio Didaktika: vol. 6 No. 2, November 2019, hlm. 157. DOI: https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334

Prastika, Ndaru Mega, (2020), Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Program Adiwiyata Mandiri Di SMA Negeri 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas, Skripsi, FTIK IAIN Purwokerto.

Purnomo, Sutrimo (2014), Pendidikan Karakter di Indonesia:

Antara Asa dan Realita, Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2 November 2014

Ramli, T. (2003). Pendidikan Karakter. Bandung: Aksara.

Septi Rotari dan Kokom Komalasari, Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: Peran Program Adiwiyata Mandiri Dalam Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Peserta Didik, Vol 5. No. 1 April 2017, hal. 48. DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1177

Sriyanto. (2007). Kondisi Lingkungan Hidup di

Jawa Tengah dan Prospek Pembangunan Ke

Depan. Jurnal Geografi, 107-110.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulistiowati, Ratih, Slameto, dan Yari Dwikurnaningsih, Jurnal Manajemen Pendidikan: Pengembangan Model Pembinaan Sekolah Imbas, hlm. 98.

Suyadi, (2012), Menerapkan Pendidikan Karakter Di Sekolah, Jogjakarta: Media Pustaka.

http://m.rri.co.id/purwokerto/post/berita/623353/banyumas/predikat_adiwiyata_mandiri _sma_n_1_ajibarang_memicu_sekolah_lain_mengikuti_jejaknya.html, 15 Januari 2019. (Diakses tgl 1 Oktober 2019, 21.19 WIB).

Yafie, Ali. (2006). Merintis Fiqh Lingkungan Hidup. Jakarta: Ufuk Press.

Diterbitkan

2022-05-27

Cara Mengutip

Subur. (2022). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata Mandiri di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kependidikan, 10(1), 129–146. https://doi.org/10.24090/jk.v10i1.6606

Terbitan

Bagian

Articles