PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Safrudin Aziz Alumni STAIN Purwokerto dan Kasubbag P2M Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.559

Keywords:

sex education, the child with special needs, teacher, pendidikan seks, anak berkebutuhan khusus, guru.

Abstract

Nowadays, sex education for children with special needs becomes a necessity. In term of it, besides based on philosophical and juridical, sex education is the preventive efforts in order that every child with special needs can recognize, understand, handle his/her biological development and change. In addition sex education for children with special needs also aims at guiding them to appreciate other people’s sexual behavior and not to make them being stuck on deviate sex conduct as well as not getting violence and sexual abuse from others. This is because their physical and psychological condition, which has some problems, enables them to be easily manipulated and courted, so that many of them are often stuck to be the object of sexual harassment of irresponsible person. This writing specifically is going to explain the concept of sex education for children with special needs, which includes characteristic of children with special needs, theory of sex education, the anvil of sex education, as well as material, method, and teacher competencies in the implementation of sex education for them. Pendidikan seks bagi anak berkebutuhan khusus kini menjadi sebuah keniscayaan. Perihal tersebut selain didasarkan secara filosofis maupun yuridis, pendidikan seks merupakan upaya preventif agar setiap anak berkebutuhan khusus dapat mengenali, memahami dan mengelola perkembangan dan perubahan secara biologis pada dirinya, menghargai perilaku seks orang lain, serta tidak terjebak pada perilaku seks yang menyimpang ataupun mendapatkan kekerasan dan pelecehan seks dari orang lain. Sebab seiring dengan kondisi fisik dan psikologi yang bermasalah menjadikan anak berkebutuhan khusus mudah dimanipulasi, dirayu, sehingga kerap kali terjebak untuk dijadikan objek pelampiasan syahwat oleh orang yang berkepribadian buruk. Tulisan ini secara khusus akan menguraikan tentang konsep pendidikan seks bagi anak berkebutuhan khusus mencakup karakteristik anak berkebutuhan khusus, teori pendidikan seks, landasan pendidikan seks, materi, metode serta kompetensi guru dalam pelaksanaan pendidikan seks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar Ali dan Puar, Yusuf Abdullah. 1996. Bimbingan Sex Untuk Remaja. Jakarta: Pustaka Antara.

Al-Maududi. Abu „Ala. 1983. Islamic Way of Life, Terj. Mashuri Sirajuddin Iqbal. Bandung: Sinar Baru.

Asmani, Jamal Ma‟mur. 2009. Sekolah Life Skills Lulus Siap Kerja. Yogyakarta: Diva Press.

Balai Pusat Statistik RI. 2009. Sensus Nasional Anak Berkebutuhan Khusus.

D.P., Hallahan & J.M., Kaufman. 1986. Exceptional Children: Introduction to Special Education [International Edition]. Boston: Allyn&Bacon.

Djiwandono,Sri Esti Wuryani. 2008. Pendidikan Seks Keluarga. Jakarta: Indeks.

El-Qussy, Abdul Aziz. 1975. Pokok-Pokok Kesehatan Jiwa / Kesehatan Mental II, Alih Bahasa Zakiah Daradjat. Jakarta: Bulan Bintang.

Hallahan & Kauffman. 2006. Exceptional Learners: an Introduction to Special Education. Allyn and Bacon, Massachusetts.

Kirk & Lager, JJ. Gal. 1986. Educating Exceptional Children. USA: Houghton Mifflin Company.

Lita Widyo Hastuti, dalam http://edukasi.kompas.com/read/. Accessed: 25 Maret 2015.

Madani, Yusuf. 2003. Pendidikan Seks untuk Anak dalam Islam, Alih Bahasa Irwan Kurniawan, Cet. I. Jakarta: Pustaka Zahra.

Mangunsong, Frieda. 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: LP3S3 UI.

__________. library.binus.ac.id. accessed: 15 Januari 2015.

Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam : Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.

Sugiasih, Inhastuti. “Need Assessment Mengenai Pemberian Pendidikan
Seksual yang Dilakukan Ibu untuk Anak Usia 3 – 5 Tahun”, Proyeksi, Vol. 6 (1), 75.

Ulwan, Abdullah Nasih 2011. Ada Apa dengan Seks?: Cara Mudah dan Benar Mengenal Seks, Alih Bahasa Imam Ghazali Masykur. Jakarta: Gema Insani Press.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

How to Cite

Aziz, S. (2014). PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Kependidikan, 2(2), 182–204. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.559

Issue

Section

Articles