IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA DAULAH ABBASIYAH DAN PADA MASA SEKARANG

Authors

  • Sri Wahyuningsih Guru MTsN Sumbang Banyumas

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.555

Keywords:

Implementation and Islamic education system, Implementasi dan sistem pendidikan Islam

Abstract

Savvy generation having good morality can evaluate or criticize themselves and their surroundings hence ideas and discoveries for the advancement of Islam in the future will arise. To realize such a condition, it is necessary to improve the curriculum and Islamic education system. It was a fact that the birth of Islam was followed by the birth of Islamic education and teaching.Education and teaching of Islam continued to grow and develop starting from the time of first four-Caliphs to reach its peak at the period of Daulah Abbasiyah. This glory could be reached because Islamic system of education during the Daulah Abbasiyah in Baghdad could bear the heyday of Islam with developments in all fields, especially in the fields of science. Many great and famous scientists of various disciplines aligned with scientists from western countries were born in the era. Generasi yang cerdas berakhlakul karimah dapat mengevaluasi atau mengkritik diri dan lingkungannya sehingga melahirkan ide dan penemuanpenemuan untuk kemajuan Islam pada masa yang akan datang, maka perlu penyempurnaan dalam kurikulum dan sistem pendidikan Islam. Sejak lahirnyah agama Islam, lahir pula pendidikan dan pengajaran Islam. Pendidikan dan pengajaran Islam itu terus tumbuh dan berkembang dimulai dari masa khulafaur-rasyidin sampai pada puncaknya yaitu masa Daulah Abbasiyah. Ssistem pendidikan Islam pada masa Daulah Abbasiyah di Baghdad, karena seperti yang kita ketahui bahwa puncak kejayaan Islam dengan perkembangan di segala bidang khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan yang sangat pesat sampai melahirkan ilmuwan-ilmuwan besar dan terkenal dalam berbagai disiplin ilmu sejajar dengan ilmuwan dari negarabarat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin Ahmad Husayn, Seratus Tokoh Dalam Sejarah Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Asrohah Hanun, 1999. Sejarah Pendidikan Islam, Cetakan I, Jakarta : Logos.

Depdiknas Pusat Bahasa, 2005. Kamus Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Bahasa Indonesia, Edisi Pertama, Jakarta : Pusat Bahasa.

Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Depag RI, 2001. Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, Cetakan I, Jakarta.

Djamaluddin dan Abdullah Aly, 1999. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Cetakan II, Bandung : CV. Pustaka Setia.
Makbuloh Deden, 2005. Kehidupan Murid dan Mahasiswa pada Masa Al-Ma’mun (198-218 H/ 813-833 M), Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta : CV. Kencana.

Muhtifah Lailial, 2005. Konsep Dasar Pendidikan Multikultural Di Institut Pendidikan Islam Zaman Al-Ma’mun (813-833 M), Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta : CV. Kencana.

Rahim Rahmawaty, 2005. Metode, Sistem, Dan Materi Pendidikan Dasar (Kuttab) Bagi Anak-anak Pada Masa Awal Daulah Abbasiyah (132 H/750 M-232 H/847 M), Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta : CV. Kencana.

Roqib, Moh.,2003. Pendidikan Perempuan, Cetakan I, Yogyakarta : Gama Media dengan STAIN Press.
Saryadi Al-Faqier, Masa Bani Abbasiyah II (Masa Jaya/ Khalifah Harun Al- Rasyid),http://jhaylover.blogspot.com/2011/10/pendidikan-islampada-
masa-bani.htmldiunduh pada hari Sabtu, 24 Nopember 2012

Tafsir Ahmad, 1992. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung : Rosdakarya.

Undang-undang R. I. Nomor 20 Tahun 2003, 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : BP. Dharma Bhakti.

Downloads

How to Cite

Wahyuningsih, S. (2014). IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA DAULAH ABBASIYAH DAN PADA MASA SEKARANG. Jurnal Kependidikan, 2(2), 109–126. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.555

Issue

Section

Articles