MANAJEMEN GURU MODEL GUARDIAN ANGEL MENURUT MUNIF CHATIB

Authors

  • Ni’matul Khasanah Kepala Sekolah SD Islam Terpadu Top Kids Magister Pendidikan Islam, Alumnus IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.554

Keywords:

Teacher Management Model Guardian Angel According Munif Chatib, Manajemen, Guru, Model, Guardian Angel, Munif Chatib

Abstract

The background of this research is the fact that the management of improving teacher‟s professionalism is still not effective. The role of teacher as planner, implementer, and developer of curriculum is also not optimal. Management of teachers is needed because teachers have a significant role in the success of learning process. This research was aimed at knowing Guardian Angel‟s concept of teacher management suggested by Munif Chatib and how it develops according to him. The implementation of Guardian Angel model of teacher management was presented through a testimony and direct interviews with Guardian Angel‟s trainees. This research used qualitative approach by studying Munif Chatib‟s books and direct interviews. Data were analyzed with content analysis, which included: (1) literary study of Munif Chatib‟s books, (2) description of Guardian Angel model of teacher management by Munif Chatib. This research found that (1) the concept of Guardian Angel teacher management uses humanistic approach, especially in regard to schedules of consultation, teaching strategies, and assessment through four kinds of teacher reports, including reports of morals, creativity, lesson plan, and student‟s learning results; (2) the basis used is the cornerstone of the scientific human resources and philosophical foundation that teachers carry out the work of teaching, which includes planning, teaching, evaluating, and learning. The first three points are teacher‟s obligations, while the last is their right. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keprihatinan manajemenpeningkatan profesionalitas guru yang belum berjalan efektif. Peranan guru sebagai perencana, pelaksana dan pengembang kurikulum yang belum optimal. Manajemen guru diperlukan mengingat bahwa peran guru amat signifikan bagi setiap keberhasilan proses pembelajaran.Penelitian ini mengungkap tentang manajemen guru Guardian Angel menurut Munif Chatib. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep manajemen guru model Guardian Angel menurut Munif Chatib, dan berkembangannya Guardian Angel dalam pemikiran Munif Chatib. Implementasi manajemen guru model Guardian Angel dihadirkan melalui testimoni dan wawancara langsung dengan peserta pelatihan Guardian Angel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan melakukan kajian terhadap buku - buku karya Munif Chatib dan wawancara langsung. Teknik anaisis data content analysis. Analisis meliputi: (1) kajian pustaka buku-buku karya Munif Chatib, (2) mendeskripsikan manajemen guru model Guardian Angel dalam pemikiran Munif Chatib.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep model manajemen guru Guardian Angel menggunakan pola pendekatan manajemen humanis, terutama dalam jadwal konsultasi, strategi mengajar dan penilaian melalui empat rapor guru, yaitu rapor akhlak, rapor kreativitas, rapor lesson plan dan rapor hasil belajar siswa (2) landasan yang digunakan adalah landasan keilmuan sumber daya manusia dan landasan filosofi bahwa profesi guru mengemban pekerjaan manajemen, yaitu perencanaan , mengajar dan mengevaluasi dan belajar. Tiga hal pertama difahami sebagai kewajiban, sedangkan belajar dimaknai sebagai hak bagi seorang guru (3) Guardian Angel sebagai manajemen quality control yang meliputi: lesson plan, konsultasi, observasi dan umpan balik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhbarudin, Asep. (2011). “Strategi Pengembangan Kompetensi Guru di SMP Darussalam Cimanggis Ciputat Tangerang Selatan,” Skripsi, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Ancok, Djamaludin. (2012). Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.

Ancok, Djamaludin dan Ramdhani, Neila. (2013). Global Innovators Conference College of the North Atlanic-Qatar, 4-7th April 2013

Ancok, Djamaludin dan Ramdhani, Neila. (2014). Pemimpin Sekolah yang Inspirasional. Jakarta: Titian Foundation.

Arikunto, Suharsimi. (1993). Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chatib, Munif. (2009). Sekolahnya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka.

___________. (2011). Gurunya Manusia. Mizan: Bandung.

___________. (2012). Orang Tuanya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka.

___________. (2012). Sekolah Anak-Anak Juara. Jakarta: Kaifa.

___________. (2013). Guardian Angel, Romantika Membangun Sekolahnya Manusia. Kaifa: Bandung.
___________. (2013). Kelasnya Manusia, Memaksimalkan Fungsi Otak Belajar dengan Manajemen Display Kelas. Bandung: Mizan Pustaka.

___________. (2014, Maret 12). Profesionalitas Guru. https://www.facebook.com

___________. (2014, Maret 13). Lesson Plan Tidak Abadi. https://www.facebook.com.

___________. (2014, Januari 12). Jangan Ada Lagi Generasi Robot, https://www.facebook.com.

___________. (2014, Maret 20). Mengurus Sekolah Tak Semudah Membalik Tangan, https://www.facebook.com.

___________. (2014, April 10). Belajar Filosofi Pendidikan dari Syed Haidar. https://www.facebook.com,

Dahar, Wilis Ratna. (2011). Teori-Teori Belajaar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Darmawan, Deni dan Fauzi, Nur K. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

DePorter, Bobby. (1992). Quantum Learning, Unleasing The Genius in You. New York: Dell Publishing.

___________. (Boston). Quantum Teaching, Orchestrating Student Success. 1999: Allyn and Bacon.

___________. (2009). Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Mizan Pustaka.

___________. (2010). Quantum Teaching, Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Mizan Pustaka.

Dessler, Gary (2013). Human Resource Management, Florida : Pearson Education.
Fathurrohman, Muh dan Sulistyorini. (2012). Meretas Pendidikan berkualitas dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Foundation, Titian. (2014). Aku Bangga Menjadi Guru. Jakarta: Titian Foundation.

Harefa, A. (2006). Menjadi Manusia Pembelajar, pemberdayaan diri, transformasi organisasi dan masyarakat lewat proses pembelajaran. Jakarta: Kompas.

Harsanto, R. (2011). Pengelolaan Kelas yang Dinamis, paradigma baru pembelajaran menuju kompetensi siswa. Yogyakarta: Kanisius.

Hasibuan, Malayu (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hernowo. (2014, November 5). Passport, Assertiveness dan Agility. https://www.facebook.com

Hidayati, S. (2012). Keikutsertaan dalam Kegiatan MGMP, Supervisi Kunjungan Kelas, In Service Training dan Kompetensi Profesionall Guru SMP Negeri Sub Rayon 04 Jekenan Pati. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Ilyasin, Mukhamad dan Nurhayati, Nanik. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Aditya Media Publishing.

Istadi, Irawati. (2009). Bunda Manajer Keluarga . Jakarta: Pustaka Inti

Kasali, Renald. (2013). Change. Jakarta: Mizan.

___________ . (2014). Self Driving, Menjadi Driver atau Passenger. Jakarta: Mizan.

Mulyasa, Enco. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

___________. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

___________. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

___________. (2012 (cet 2)). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Rosda Karya.

___________. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya. Mondy, R. Wayne. (2008). Human Resources Management. New Jersey: Pearson Education.

Mondy, R. Wayne. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Muflihin, Hizbul. Manajemen Kinerja Tenaga Pendidik, Relasi Kepemimpinan, Kompetensi, dan Motivasi Kerja. Purwokerto: STAIN Press

Nasution, S. (1991). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bhakti.

Nurkholis. (Vol 1 No. 2 Tahun 2012). “Urgensi Reformasi Manajemen Guru di Era Otonomi Daerah”. Jurnal Manejemen Pendidikan.

Purwati, Eni. (2011) Pendidikan Islam Berbasis MIS. Disertasi. Surabaya: PPs IAIN Sunan Ampel.

Rakhman, Fatur. (2008). “Manajemen Mutu dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah di Pondok Pesantren”. Tesis. Malang: PPs UIN Malang.

Ramdhani, Neila. (2012). Menjadi Guru Inspiratif. Jakarta: Tititan Foundation.

Rangkuti, Freddy. (2011). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rizal, A. (2009). Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Bandung: Grasindo.

Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam, Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKIS.

Ruky, S. Ahmad. (2006). Sistem Manajemen Kerja, Panduan Praktis untuk Merancang dan Meraih Kinerja Prima. Jakarta: Gramedia.

Sallis, Edward. (2012). Total Quality Management in Education. Yogyakarta: Ircisod.

Salusu, J. (2004). Pengambilan Keputusan Strategik. Bandung: Grasindo.

Stix dan Hrbek. (2007). Guru Sebagai Pelatih Kelas. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2013, cet-16). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Simamora, H. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Suwandi. (2011). “Peran Guru dalam Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan bagi Ilmu Manajemen Pendidikan”. Disertasi. Malang: UIN Malang.

Suyanto dan Asep Djihad. (2012). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sabina Spencer. (2009). The Heart of Leadership, 7 Kunci Menjadi Pemimpin yang Sukses, Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif, Teori dan Asesmen. Bandung: Rosdakarya.

Wibowo. (2008). Manajemen Perubahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Witarso, Ramdan. (2011). Analisis Kemampuan Inkuiri Guru yang Sudah Tersertifikasi dan Belum Tersertifikasi dalam Pembelajaran Sains. Jurnal UPI edu

Yahya, Arif. (2013). Great Spirit, Grand Strategy, Corporate Philosophy, Leadership Architecture, and Corporate Culture for Sustainable Growth. Jakarta: Gramedia.

Downloads

How to Cite

Khasanah, N. (2014). MANAJEMEN GURU MODEL GUARDIAN ANGEL MENURUT MUNIF CHATIB. Jurnal Kependidikan, 2(2), 85–108. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.554

Issue

Section

Articles