KONSEP MANAJEMEN KELAS DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Penulis

  • Sunhaji Sunhaji Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dan Pascasarjana IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551

Kata Kunci:

Classroom Management, Learning, Professional Teacher, Manajemen Kelas, Pembelajaran, Profesionalisme Guru

Abstrak

Classroom management is an integral part of the professional ability that should be mastered by a teacher. Managing a class is one of the basic skills of teaching that aims at achieving and maintaining an optimum learning atmosphere, meaning that this ability is closely connected to teachers’ professional ability to create favorable conditions, pleasant learners and a healthy learning discipline. The learning process will always take place in a classroom scene. The scene should be created and developed as a means of effective learning. This of course must be supported by the ability of a teacher to manage his/her class. Pengeloaan kelas merupakan bagian integral dari kemampuan profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru, mengelola kelas merupakan salah satu keterampilan dasar mengajar yang bertujuan untuk mewujudkan dan mempertahankan suasana pembelajaran yang optimal, artinya kemampuan ini erat hubungannya dengan kemampauan profesional guru untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan, menyenangkan peserta didik dan menciptakan disiplin belajar secara sehat. Proses pembelajaran akan selalu berlangsung dalam suatu adegan kelas. Adegan kelas itu perlu diciptakan dan dikembangkan menjadi wahana bagi berlangsungnya pembelajaran yang efektif. Hal ini tentu saja harus didukung oleh kemampuan guru dalam mengelola kelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad Rohani, 1994. Pengelolaan Pengajaran, Yogyakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Tafsir, 1991. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

A. Samana, 1994. Profesionalisme Keguruan, Yogyakarta, Kanisius.

Azyumardi Azra, 1999. Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta, Logos.

Abdul Majid dan Dian Andayani, 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasin Kurikulum 2004, Bandung : Remaja Rosdakarya.

__________, 2006. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung, Remaja Rosdakarya.

E.Mulyasa, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasinya, Bandung : Remaja Rosdakarya.

__________, 2000. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung; Remaja Rosdakarya.

__________, 2006. Menjadi Guru Profesioanl Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung; Remaja Rosdakarya.

__________, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis, Bandung ; Remaja Rosdakarya.

__________, 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung; Rosdakarya.

Hamzah B.Uno, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran,Jakarta : Bumi Aksara, 2006

Lexy J. Moleong, 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Martinis Yamin, Maisah, 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas, Strategi Meningkatkan Mutu Pebellajaran kelas, Jakarta, Gaung Persada.

Mathew B. Milles dan A.Michael Huberman, 1992. Analisis Data Kualitatif, Terj, Cecep Rohindi, Jakarta : UI Press.

M. Entang dan T. Raka Joni, 1983. kegiatan mengajar dan kegiatan manajerial, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Nana Sudajan, 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung; Sinar Baru.

Noeng Muhajir, 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rakeserasen.

Sardiman, 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Pedoman Guru dan Calon Guru, Jakarta, Grafindo Presada.

Suharsimi Arikunto, 1998. Manajemen Penelitian, Jakarta ; Rineka Cipta.

__________, 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Yogyakarta, Rineka Cipta.

R. Bodgan and SK Biklen, 1982. Quantitative and Instroduction To Theory and Methods.

Suparlan, 2005. Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta, Hikayat Publishing, 2005

Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005, 2006.Tentang Guru dan Dosen, Jakarta ; BP Dharma Bhakti.

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003

Uus Toharudin, 2007. Kompetensi Guru Dalam Strategi Ajar, Jakarta; Padati-Web Pangkalan Data dan Informasi.

Yahya Muhaimin, dalam Faisal Jalal dan Dede Supriyadi ( editor), 2002. Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah,
Yogyakarta: Depdiknas Bapenas dan Adicita Karya Nusa.

Zakiah Daradjat, 1995. Kepribadian Guru, Jakarta; Bulan Bintang.

Cara Mengutip

Sunhaji, S. (2014). KONSEP MANAJEMEN KELAS DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551

Terbitan

Bagian

Articles