Internalisasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa

Authors

  • Sari Laela Sa'dijah IAIN Purwokerto
  • M Misbah IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.5501

Keywords:

internalisasi, pendidikan agama islam

Abstract

Internalisasi adalah penghayatan secara mendalam mengenai suatu doktrin ajaran tertentu dalam hal ini yaitu islam, sehingga peserta didik meyakini dengan sadar akan kebenaran doktrin yang diterimanya dan diwujudkan dengan tampilan sikap dan perilaku peserta didik. internalisasi Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa merupakan proses dimana siswa didorong untuk bersikap dan berperilaku yang sesuai dengan tuntunan agama Islam secara mendalam. Sehingga terbentuk siswa dengan sikap dan perilaku yang baik serta bertanggung jawab dan tidak merugikan orang lain. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian studi literatur atau studi kepustakaan. Studi literatur menekankan pada cara memperoleh data dalam penelitian, yang mana sumber data berasal dari karya ilmiah baik yang sudah dipublikasikan atau belum dipublikasikan. Internalisani PAI dalam pembentukan sikap dan prilaku siswa memiliki 3 tahap yaitu tahap traformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transInternalisasi nilai. Dalam pelaksanaanya internalisasi PAI dalam pembetukan sikap dan prilaku siswa pasti mendapat hambatan dan kendala, hambatan dan kendala diantisipasi dengan menggunakan 3 tindakan yaitu tindakan preventif (pencegahan), tindakan represis (menghambat) dan tindakan kuratif (penyembuhan)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-28

How to Cite

Sa’dijah, S. L., & Misbah, M. (2021). Internalisasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa. Jurnal Kependidikan, 9(1), 83–98. https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.5501

Issue

Section

Articles