METODE TAMYIZ (Sebuah Formulasi Teori Nahwu Shorof Quantum)
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.547Kata Kunci:
Tamyiz method, innovation, theory, yellow book, translate, Abaza.Abstrak
To be able to read and write and translate the Arabic writing, then the required mastery of nahwu shorof adequate. constraints faced by students during this time is the difficulty of formulating theories and nahwu shorof shorof yellow book with an easy way of learning. These constraints are: must learn to read the book and nahwu shorof; must learn to translate the book; must learn to understand the theory of the book; must learn to apply thetheory of the book is on the yellow book, even on a particular book should memorize nadhom. Tamyiz method is innovation and new breakthroughs in quantum nahwu shorof learning. With the basic assumption that a small child can, a small ever can. Submission of material is so fun from easy to difficult, so students do not feel pressured, even students without the burden of memorizing and translating the Qur'anic verses with ease. And Tamyiz this method is really a method that is able to deliver the students and those studying this method can quickly translate the Qur'an. Untuk dapat membaca dan menulis serta menterjemahkan tulisan yang berbahasa Arab, maka dibutuhkan penguasaan ilmu nahwu shorof yang memadai. kendala yang dihadapi santri selama ini adalah sulitnya memformulasikan teori nahwu dan shorof dengan cara pembelajaran yang mudah. Kendala tersebut adalah : harus belajar membaca kitab nahwu dan shorof; harus belajar menerjemahkan kitab tersebut; harus belajar memahami teori kitab tersebut; harus belajar mengaplikasikan teori kitab tersebut pada kitab kuning, bahkan pada kitab tertentu harus menghafal nadhom. Metode Tamyiz merupakan inovasi dan terobosan baru dalam pembelajaran nahwu shorof quantum. Dengan asumsi dasar bahwa anak kecil saja bisa, yang pernah kecil pasti bisa. Penyampaian materi begitu menyenangkan dari yang mudah ke yang sulit, sehingga santri tidak merasa tertekan, bahkan santri tanpa beban menghafal dan menterjemahkan ayat-ayat Qur‟an dengan mudah. Dan metode Tamyiz ini benar-benar sebuah metode yang mampu mengantarkan para santri dan mereka yang belajar metode ini dapat menterjemahkan Qur‟an dengan cepat.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Referensi
Abaza, Tamyiz, Jakarta, Yayasan Tamyiz Pesantren Bayt Tamyiz, 2013
Abdul Halim, Muhammad, Penerapan Metode Tamyiz dan Kamus
Kawkaban, Purwokerto, Komunitas Tamyiz Purwokerto, 2013
Fuad Effendy, Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang, Misykat, 2005
Fuad Effendy, Ahmad dan Fachrudin Djalal, Pendekatan Metode dan Teknik Pengajaran Bahasa Arab, Malang, Sub Proyek Penelitian Buku Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi IKIP Malang 1981 / 1982
Al Ghulayani, Syekh Mustafa, Jami’ al Durus al Lughah al ‘Arabiyah, Beirut, al Maktabah al „Ashriyyah Shoida, tt
Muhtadi, Ahmad, Pengajaran Bahasa Arab, Media dan Metode-metodenya, Yogyakarta, Sukses Offset, 2009
Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 1997
Abdul Halim, Muhammad, Penerapan Metode Tamyiz dan Kamus
Kawkaban, Purwokerto, Komunitas Tamyiz Purwokerto, 2013
Fuad Effendy, Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang, Misykat, 2005
Fuad Effendy, Ahmad dan Fachrudin Djalal, Pendekatan Metode dan Teknik Pengajaran Bahasa Arab, Malang, Sub Proyek Penelitian Buku Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi IKIP Malang 1981 / 1982
Al Ghulayani, Syekh Mustafa, Jami’ al Durus al Lughah al ‘Arabiyah, Beirut, al Maktabah al „Ashriyyah Shoida, tt
Muhtadi, Ahmad, Pengajaran Bahasa Arab, Media dan Metode-metodenya, Yogyakarta, Sukses Offset, 2009
Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 1997
Unduhan
Cara Mengutip
Mukroji, M. (2014). METODE TAMYIZ (Sebuah Formulasi Teori Nahwu Shorof Quantum). Jurnal Kependidikan, 2(1), 161–184. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.547
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.