PERAN MODEL JARINGAN KTSP DAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH

Authors

  • Sri Winarsih Pascasarjana IAINU Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.544

Keywords:

Curriculum net model, Curriculum 2013, Quality, Education

Abstract

Curriculum network is a system of cooperation between central and local government and among the local divisions in developing curriculum which meets the local characteristics, need, and progress. The implementation of curriculum networking model and the policy of KTSP (Curriculum in each Institution Level) is expected to produce output that can satisfy the stake holders and are welcome in job market to meet the need of the society. To achieve such a condition, the improvement of academic qualification and competency of teachers as the agents of education can be realized through self-study, formal study, training, and in service training. Curriculum 2013 is issued to solve some problems that could not be solved in Curriculum 2006. For that reason, the government issued a new policy to implement Curriculum 2013, which has new structure and standard of competency. Jaringan kurikulum merupakan suatu sistem kerjasama antara pusat dan daerah,dan antar unsur di daerah dalam mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan daerah. Implementasi model jaringan kurikulum dan kebijakan KTSP di harapkan mendapatkan out put yang memuaskan pelanggan pendidikan, dan bisa di terima di pasaran kerja sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Agar mendapatkan out put yang memuaskan maka diperlukan Peningkatan dan pengembangan kualifikasi akademik dan kompetensi guru sebagai pelaksana pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran mandiri, studi lanjut ataupun pelatihan, dan pemberdayaan dalam tugas (in service training). Perubahan kurikulum 2013 bermula dari permasalahan-permasalahan yang belum bisa di pecahkan dalam kurikulum 2006. Pada akhirnya pemerintah membuat kebijakan baru dengan memberlakukan kurikulum 2013 yangmemiliki struktur dan standar kompetensi yang baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Komariah,Cepi Triatna,2005. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006., Panduan Penyusunan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta

Badan Standar Nasional Pendidikan,2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Silabus SMA/MA Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Dikdasmen
Direktorat Pembinaan SMA.

Depdiknas, 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang
Sisdiknas.Jakarta : Dirjen Dikdasmen

------------ 1990. PP Nomor 28 Tahun 1990,tentang Pendidikan Dasar. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.

----------- 2003. Pedoman Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Dirjen Dikdasmen

Dakir, 2004. perencanaan dan pengembangan kurikulum, Jakarta: Rineka cipta.

Mulyasa, 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

-----------2006. Kurikulum yang disempurnakan:Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.

----------- 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung :PT Remaja Rosdakarya

-----------2007. Kurikulum yang disempurnakan:Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.

-----------2007. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nanang Fattah, 2003. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah.Bandung : CV Pustaka Bani Quraisy.

Nana Syaodih Sukmadinata, 2008. Pengembangan Kurikulum (Teori dan Praktek). Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006.

Kasful Anwar dan Hendra Harmi,2011.Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP),Bandung: CV Alfabeta.

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Pengembangan Kurikulum 2013.2013.http://www.kemdiknas.go.id//(02 Mei 2013)

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan,Dokumen kurikulum 2013.2013 http://kangmartho.files.wordpress.com/2013/01/dokumen kurikulum- 2013. Pdf,(02 Mei 2013).

Soepardi, 2003. Kesiapan Daerah dalam Rangka Pelaksanaan Kewenangan Wajib dan Standar Pelayanan Minimal.

Sudjana, N. 2002. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di
Sekolah.Bandung: Sinar Baru.

Tilaar, 2003. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

UU RI No. 22 tahun 1999.Tentang Otonomi Pemerintahan Daerah.

UU RI No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

How to Cite

Winarsih, S. (2014). PERAN MODEL JARINGAN KTSP DAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH. Jurnal Kependidikan, 2(1), 101–131. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.544

Issue

Section

Articles