PERANAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Siti Maesaroh Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Keywords:

Learning Methods, Interest in learning and academic achievement, Metode Belajar, Minat belajar dan prestasi akademik

Abstract

The low quality of student learning outcomes is caused by two factors, namely internal and external factors. Internal factors are experienced and internalized factors that affect students' learning process and results include : attitudes toward learning, interest and motivation to learn, learning concentration, while external factors include such things as : the teacher as learning coaches, infrastructure and learning facilities, policies assessment, the social environment of students at school and at home as well as school curriculum . Learn something thatattracts attention, would be more readily accepted than in studying things that do not attract attention, learning this also can not be underestimated or not important. In the case of interest, of course, someone who took an interest in a certain field will be easier to learn the field. Learning course will culminate with school performance achieved which will illustrate the success and success in learning . To achieve good learning, a lot of things that influence it, among others, the learning method used by teachers. Learning achievements will be achieved best when all factors support, such as teaching methods, with an interesting method which can be a bridge to reach the competencies. Rendahnya kualitas hasil belajar siswa disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal . Faktor internal yang berpengalaman dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa dan hasil yang diinternalisasi meliputi: sikap terhadap belajar, minat dan motivasi belajar , konsentrasi belajar, sedangkan faktor eksternal meliputi hal-hal seperti : guru sebagai pelatih belajar, infrastruktur dan fasilitas belajar, kebijakan penilaian, lingkungan sosial siswa di sekolah dan di rumah serta kurikulum sekolah. Pelajari sesuatu yang menarik perhatian, akan lebih mudah diterima daripada dalam mempelajari hal-hal yang tidak menarik perhatian, belajar ini juga tidak bisa dianggap remeh atau tidak penting. Dalam kasus yang menarik, tentu saja, seseorang yang menaruh minat pada bidang tertentu akan lebih mudah untuk belajar lapangan. Belajar tentunya akan berujung dengan kinerja sekolah yang akan dicapai menggambarkan keberhasilan dan kesuksesan dalam belajar. Untuk mencapai belajar yang baik, banyak hal yang mempengaruhinya, antara lain, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Prestasi belajar akan tercapai dengan baik ketika semua faktor mendukung, seperti metode pengajaran, dengan metode yang menarik yang dapat menjadi jembatan untuk mencapai kompetensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief S Sadiman, Media Pendidikan:pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya, (Jakarta, Rajaagrafindo Persada: 1996) .

Ahmad Rohani, Media Instruksional Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997).

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta, Rineka Cipta, 1999).

Depdikbud, Didaktik dan Metodeik Umum, (Jakarta: Direktorat
Pendidikan Dasar dan Kabid Dikdas, 1992).

DW Saxe, Social Studies for The Elementary Teacher, (Boston, Allin & Bacon: 1995).

Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan,(Bandung, Remaja Rosdakarya, 1999.

Moh. Durori, Model Melajar Mandiri, ( Purwokerto: Mitra Mas, 2002).

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung, PT Remaja
Rosdakarya: 1984).

R.M Gagne, The Condition of Learning, (Thied Edition N.Y: Holt,
Rinehart and Winston), (www.Ensiklopedia, 27 Desember 2011).
WJS Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta, Balai Pustaka: 1984).

Tim Penulis Buku Psikologi Pendidikan, Psikologi Pendidikan,
(Yogyakarta:UPP IKIP, 1991).

Downloads

How to Cite

Maesaroh, S. (2016). PERANAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Issue

Section

Articles