EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PESANTREN BAGI PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Rahman Afandi STAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.534

Keywords:

Leadership, Transformational leadership, pesantren, kepemimpinan, kepemimpinan transformasional, pesantren.

Abstract

Leadership plays a privotal role in an organization or institution. Leadership does not only play a role in directing and organizing the organization members’ potentials in order to achieve its objectives or goals set out by the organization. In addition, the leadership also plays a key role in arranging the rythm of theorganization’s movement. The significance of leadership can aslo be found in the world of pesantren. As an organization, educational succes rate in pesantren is also affected by types, kinds and styles of leadership. This paper offers concept of transformational leadership as a means of advancing pesantrens. Kepemimpinan memegang peranan sangat penting dalamsebuah organisasi atau institusi. Kepemimpinan tidak hanya berperan dalam mengarahkan dan mengorganisir potensi-potensi yang dimiliki oleh anggota organisasi yang dipimpinnya untuk meraih cita-cita atau tujuan yang telah dirumuskan bersama, akan tetapi lebih dari itu, kepemimpinan juga memegang peranan kunci dalam mengatur ritme gerak organisasi. Urgensi kepemimpinan juga berlaku dalam duniapesantren. Layaknya sebuah organisasi, tingkat keberhasilanpendidikan di pesantren sangat dipengaruhi oleh tipe, jenis, dan gaya kepemimpinannya. Tulisan ini menawarkan konsep kepemimpinan transformasional sebagai media untuk memajukan pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Warson Munawir, 1964, Kamus Arab Indonesia, Yogyakarta: Pon. Pes. Al-Munawir

A. Halim, dkk, 2005, Manajemen Pesantrn, Yogyakarta: Pustaka
Pesantren.

Abdurrachman Mas’ud, dkk, 2002, Dinamika Pesantren dan
Madrasah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ali al-Jumbulati & Abdul Futuh al-Tuwaanisi, 2002, Perbandingan
Pendidikan Islam, terj. M. Arifin, Jakarta: Rineka Cipta.

Abdullah Idi & Toto Suharto, 2006, Revitalisasi Pendidikan Islam,
Yogyakarta: Tiara Wacana.

Fandy Tjiptono & Anastasi Diana, 2001, Total Quality Management, Yogyakarta: Andi Offset.

Haidar Putra Daulay, 2001, Historisitas dan Eksistensi Pesantren,
Sekolah dan Madrasah, Yogyakarta: Tiara Wacana.

______ , 2004, Pendidikan Islam dalam sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Prenada Media.

Hasbullah, 1996, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja
Grafindo Persada.

Haidar Ali, 2001, Kepemimpinan dalam Islam, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

J.M. Burns, 1978, Leadership, New York: Harper and Row.

Manfred Ziamek, 1985, Pesantren Dalam Perubahan Sosial, Jakarta: LP3ES.

Mastuki HS, dkk, 2003, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka.

Marzuki Wahid, dkk, 1998, Pesantren Masa Depan, Jakarta: Pustaka Hidayah.

Muzayyin Arifin, 2007, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta:
Bumi Aksara.

Mifah Thaha, 2003, Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rahman Afandi, 2008, Kepemimpinan dalam Perspektif Hadist dan Implikasinya Terhadap

Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tesis Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Soegarda Poerbakawatja, 1976, Ensiklopedia Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung.

Tony Bush & Marianne Colema, 2006, Leadership and Strategic
Management in Education, terj. Manajemen Strategis
Lepemimpinan Pendidikan, Yogyakarta: IRCiSoD.

Udai Pareek, 1996, Perilaku Organisasi, Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Wahjosumidjo, 1987, Kepemimpinan dan Motivasi, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Zubaidi Habibullah Asy’ari, 1996, Moralitas Pendidikan Pesantren,
Yogyakarta: LKPSM.

Zamakhsyari Dhofier, 1984, Tradisi Pesantren, Jakarta: LP3ES

Downloads

How to Cite

Afandi, R. (2016). EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PESANTREN BAGI PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Kependidikan, 1(1), 99–122. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.534

Issue

Section

Articles