MEMBANGUN MADRASAH BERMUTU MELALUI PRAKTIK MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS POTENSI UMAT (Sebuah Alternatif Model Pembiayaan Pendidikan di Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.529Keywords:
Madrasah, education finance, society-based education finance, manajemen pembiayaan pendidikanAbstract
Zakat, infak, sadakah and wakaf are really potential financial sources of madrasah (school). If a madrasah is able to manage them creatively, tranparantly, and accountably for funding the running process of education, a high quality madrasah will be able to realized and it can be accesed by Muslim society in Indonesia. In addition, it shows that a management of society-based education finance can be the alternative model of education finance in Indonesia and offers a solution to the problem of education finance in Indonesia. Zakat, infak, sadakah dan wakaf (Ziswa) merupakan sumberpembiayaan pendidikan yang sangat potensial bagi madrasah. Jika madrasah mampu secara kreatif, tansparan dan akuntabelmenggunakan Ziswa sebagai sumber-sumber biaya pendidikan yang kaya, melimpah, dan tersedia secara berkesinambungan, yang dibingkai dalam pelaksanaan seluruh fungsi manajemen pembiayaan pendidikan secara transparan dan akuntabel, maka terwujudnya madrasah yang bermutu yang mampu menawarkan proses pendidikan yang “high quality†bukan sesuatu yang mustahil dijangkau oleh kalangan masyarakat Islam Indonesia. Sekaligus ini berarti bahwa manajemen pembiayaan pendidikan berbasis potensi umat (: Ziswa) bisa menjadi alternatif model pembiayaan pendidikan di Indonesia, sekaligus menjadi alternatif solusi atas persoalan pembiayaan pendidikan di Indonesia selama ini.Downloads
Download data is not yet available.
References
Anwar, Moch.Idochi.(2004). Administrasi Pendidikan dan Manajamen
Biaya Pendidikan.Bandung: Alfabeta
Cohn, Elchanan.(1979). The Economic Of Education. Bilinger
Publishing Company Cambridge Massachussetts.
Fattah, Nanang.(2000). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan,
Bandung: Rosdakarya
Jones, Thomas. (1985). Introduction to School Finance: Technique and
School Policy. New York: McMillan Publishing Co.
Fahrurozi. (2012). Manajemen Keuangan Madrasah. Media
Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. Vol: XXVII, Nomor 2,
2012/1433. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunna
Gunung Djai Bandung Bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana
Pendidikan Islam (ASPI) Indonesia. H.229
Wahab, Abdul Azis dan Kusumastuti, Diah. (2009). Penjaminan Mutu.
Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Zulfa, Umi.(2012). Pembiayaan Pendidikan Berbasis Potensi Umat.
Analisis School Levy. Media Pendidikan. Jurnal Pendidikan
Islam. Vol: XXVII, Nomor 2, 2012/1433. Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Sunna Gunung Djai Bandung Bekerjasama
dengan Asosiasi Sarjana Pendidikan Islam (ASPI) Indonesia.
H.239-254
Biaya Pendidikan.Bandung: Alfabeta
Cohn, Elchanan.(1979). The Economic Of Education. Bilinger
Publishing Company Cambridge Massachussetts.
Fattah, Nanang.(2000). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan,
Bandung: Rosdakarya
Jones, Thomas. (1985). Introduction to School Finance: Technique and
School Policy. New York: McMillan Publishing Co.
Fahrurozi. (2012). Manajemen Keuangan Madrasah. Media
Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. Vol: XXVII, Nomor 2,
2012/1433. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunna
Gunung Djai Bandung Bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana
Pendidikan Islam (ASPI) Indonesia. H.229
Wahab, Abdul Azis dan Kusumastuti, Diah. (2009). Penjaminan Mutu.
Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Zulfa, Umi.(2012). Pembiayaan Pendidikan Berbasis Potensi Umat.
Analisis School Levy. Media Pendidikan. Jurnal Pendidikan
Islam. Vol: XXVII, Nomor 2, 2012/1433. Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Sunna Gunung Djai Bandung Bekerjasama
dengan Asosiasi Sarjana Pendidikan Islam (ASPI) Indonesia.
H.239-254
Downloads
How to Cite
Zulfa, U. (2016). MEMBANGUN MADRASAH BERMUTU MELALUI PRAKTIK MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS POTENSI UMAT (Sebuah Alternatif Model Pembiayaan Pendidikan di Indonesia). Jurnal Kependidikan, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.529
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.