MEMBANGUN MADRASAH BERMUTU MELALUI PRAKTIK MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS POTENSI UMAT (Sebuah Alternatif Model Pembiayaan Pendidikan di Indonesia)

Authors

  • Umi Zulfa Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah IAIIG Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.529

Keywords:

Madrasah, education finance, society-based education finance, manajemen pembiayaan pendidikan

Abstract

Zakat, infak, sadakah and wakaf are really potential financial sources of madrasah (school). If a madrasah is able to manage them creatively, tranparantly, and accountably for funding the running process of education, a high quality madrasah will be able to realized and it can be accesed by Muslim society in Indonesia. In addition, it shows that a management of society-based education finance can be the alternative model of education finance in Indonesia and offers a solution to the problem of education finance in Indonesia. Zakat, infak, sadakah dan wakaf (Ziswa) merupakan sumberpembiayaan pendidikan yang sangat potensial bagi madrasah. Jika madrasah mampu secara kreatif, tansparan dan akuntabelmenggunakan Ziswa sebagai sumber-sumber biaya pendidikan yang kaya, melimpah, dan tersedia secara berkesinambungan, yang dibingkai dalam pelaksanaan seluruh fungsi manajemen pembiayaan pendidikan secara transparan dan akuntabel, maka terwujudnya madrasah yang bermutu yang mampu menawarkan proses pendidikan yang “high quality†bukan sesuatu yang mustahil dijangkau oleh kalangan masyarakat Islam Indonesia. Sekaligus ini berarti bahwa manajemen pembiayaan pendidikan berbasis potensi umat (: Ziswa) bisa menjadi alternatif model pembiayaan pendidikan di Indonesia, sekaligus menjadi alternatif solusi atas persoalan pembiayaan pendidikan di Indonesia selama ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Moch.Idochi.(2004). Administrasi Pendidikan dan Manajamen
Biaya Pendidikan.Bandung: Alfabeta

Cohn, Elchanan.(1979). The Economic Of Education. Bilinger
Publishing Company Cambridge Massachussetts.

Fattah, Nanang.(2000). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan,
Bandung: Rosdakarya

Jones, Thomas. (1985). Introduction to School Finance: Technique and
School Policy. New York: McMillan Publishing Co.

Fahrurozi. (2012). Manajemen Keuangan Madrasah. Media
Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. Vol: XXVII, Nomor 2,
2012/1433. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunna
Gunung Djai Bandung Bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana
Pendidikan Islam (ASPI) Indonesia. H.229

Wahab, Abdul Azis dan Kusumastuti, Diah. (2009). Penjaminan Mutu.
Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Zulfa, Umi.(2012). Pembiayaan Pendidikan Berbasis Potensi Umat.
Analisis School Levy. Media Pendidikan. Jurnal Pendidikan
Islam. Vol: XXVII, Nomor 2, 2012/1433. Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Sunna Gunung Djai Bandung Bekerjasama
dengan Asosiasi Sarjana Pendidikan Islam (ASPI) Indonesia.
H.239-254

Downloads

How to Cite

Zulfa, U. (2016). MEMBANGUN MADRASAH BERMUTU MELALUI PRAKTIK MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS POTENSI UMAT (Sebuah Alternatif Model Pembiayaan Pendidikan di Indonesia). Jurnal Kependidikan, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.529

Issue

Section

Articles