Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Selama Pandemi

Authors

  • Eko Hari Purnomo IAIN Purwokerto
  • Tutuk Ningsih IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.4712

Keywords:

role of parents, learning assistance, pandemic

Abstract

Abstract Government policy in the world of education during the pandemic requires teaching and learning activities to no longer be in schools, but to be diverted into distance learning activities for safety and health that are centered in their homes. Situations and conditions like this require the maximum involvement of parents and restore the role of parents in educating children essentially. The role and function of parents initially is as a place for children's education to be first and foremost in instilling religious values, shaping character and character, but during a pandemic like this where children have to study at home, the role of parents increases by accompanying children when learning is something very important. The purpose of this study is to describe and analyze the role of parents in accompanying children to learn during the pandemic. Data collection in the form of interviews, documentation, observation. And the type of research is qualitative.  The results of research on the role of parents in accompanying children during the pandemic show that parents are very bothered in dividing their time, energy, and smartphone. From the research results, it can be concluded that parents have a very important role in assisting children to learn during a pandemic. Learning assistance for children can be seen from explaining material that the child does not understand, how parents help children's task difficulties, communicating or borrowing a smartphone to do the tasks given by the teacher. Keywords: Role of Parents, Learning Assistance, Pandemic.   Abstrak Kebijakan pemerintah dalam dunia pendidikan saat pandemi mengharuskan kegiatan belajar mengajar tidak lagi di sekolah, namun dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran jarak jauh demi keamanan dan kesehatan yang berpusat di rumah masing-masing. Situasi dan kondisi seperti ini mengharuskan interaksimorang tua secara lebihmmaksimal dan mengembalikan peran orang tua didalam mendidik anak secara hakiki. Peran dan fungsi orang tua awalnya adalah sebagai,tempat,pendidikan,anak,yang,pertama,dan,utama,didalam menanamkan nilai-nilai,,agama, membentuk karakter dan berbudi pekerti,meskipun saat terjadi pandemi seperti ini,,dimana anak harus belajar di rumah maka peran orang tua menjadi bertambah dengan mengawasi anak saat belajar merupakan hal yang begitu penting.   Tujuan penelitian ini ingin mendiskripsikan dan menganalisa anak belajar dengan didampingi orang tua dalam pandemik. Wawancara, dokumentasi, dan observasi merupakan pengumpulan data. Serta jenis penelitian yaitu kualitatif.  Hasil penelitian tentang anak dalam pandemic dengan didampingi oleh orang tua, menunjukkan bahwa orang tua begitu repot didalam membagi waktu, tenaga, dan smartphonnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendampingi anak untuk belajar pada saat pandemi. Bantuan belajar anak terlihat dari penjelaskan tugas yang kurang dipahami anak, bagaimana orang tua membantu anak dengan tugas yang sulit, mengkomunikasikan atau peminjamkan smartphone untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Kata Kunci :  PeranmOrangTua, Pendampingan Belajar, Pandemik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiana, E. (2013). pola asuh orang Tua terhadap Anak dalam keluarga pada Bidang Pendidikan diDusun Pandanan Desa Pandanan kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten(Universitas Negeri Yogyakarta). In Skripsi. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007
Ansori. (2020). Perank kepala Sekolah diSaat Pandemi covid-19. Www.Pintar.Tanotofoundation.Org
Anwar, S. (2017). Hubungan pola asuh Orangtua dengan motivasi belajar anak (grand teori).Indragiri,1(2),58-65
Arsendy, S., Sukoco, G.A., & Purba, R.E. (2020). Riset dampak COVID-19 : potret gap akses online Belajar dari Rumah dari 4 provinsi. Theconversation.com. https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar dari rumah dari 4 provinsi 136534
Astita, W. (2016). Peran Orangtua dalam Mendidik Akhlak Anak diiDesa Bangun Jaya kecamatan Sungkai Utara Lampung Utara. Lampung Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Raden intan
Ash-shiddiqy, H. & Zulfikar, T.M. (tt). siswa Darrussalam, nomor65, YPD. Daussalam,tt
As-Salam, J., Nov, V., Juni, J., Tenaga, P., dan P., & Kependidikan, T. (2020). Berkah Amiruddin terhadap program Belajar dari rumah Balat Amiruddin Kementrian Agama. Bengkulu Tengah Email : [email protected] Pendahuluabn sejak pandemik coronavirus (covid-19) masuk keIndonesia pada bulan maret hingga bulan april tahun 2020.4 (1),28-36.
Baharun, H. (2016). Pendidikan anak dalam Keluarga;Telaah epistemologis. Jurnal pendidikan
Bluth, K., & Wahler, R.G. (2011). Does effort Matter in Mindful parenting?? Mindfulness,2(3),175-178.https://doi.org/10.1007/s12671-011-0056-3
Cahyati, N. (2020). peran Orangtuadalam Menerapkan pembelajaran dirumah saat Pandemik Covid-19. Jurnal Golden Age,Universitas Hamzanwadi,04 (1)
Chalim, S. & dkk. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam membangun internet sebagai sumber Pembelajaran (The Role of parents and teacher in Building the internet as a source of Learning);Jurnal penyuluhan,14(1)
Chaeruman, U.A. (2018). Suatu modal pendidikan dengan Ssistem belajar mandiri. JurnalTeknodik.21(3),0007.https://doiorg/10.32550/Teknodikv2li3.460 dan Prinsip belajar mandiri,k(2015).Pendidikan terbaru dan jarak Jauh membuka akses pendidikan tinggi bagisemua making Higher Education Open toall
Djaka, Cs. (1978). rangkuman ilmu mendidik.Jilid 1,ut7,Jakarta : Toko buku mutiara
Witanto, D.Y. (2012). Hak dan kedudukan anak luarKawin, Kencana. Jakarta
Fahrizal, Z. (2018). Quo fadis pendidikan Indonesia?? (Refleksi hari Guru nasional 2018).Serang:Guepedia
Iriani, D. (2014). Kesalahan dalam Mendidik anak.Jakarta:Gramedia.
Mestika, Z. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta :Yayasan obor Indonesia.
Martsiswati, E. dkk. (2014). Peran Orangtua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku disiplin terhadap anak Usiadini. Jurnal Pendidikan danPemberdayaan masyarakat1(2)
Maulana, S. & Banten, H. (2016). Teori belajar Behaviorisme dan Implikasinya dalam praktek Pendidikan. ResearchGate (december 2015),0-61
Muthmainah.2021.Peran Orangtua dalam menumbuhkan pribadi anak yang Androgynius melalui kegiatan Bermain.Jurnal Pendidikan Anak1(1)
Nimah. (2016). Peran Orangtua dalam Membimbing anak untuk melaksanakan Solat lima waktu diLingkungan pasar Kahayar Palangka Raya (Studi terhadap lima Kepala Keluarga yang berprofesi sebagai pedagang).PalangkrRaya:Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN PalangkaRaya
Nuraini, R. (2020). Kasus Covid-19 pertama, Masyarakat jangan panik. Indonesia.Go.Id.https://Indonesia.go.id/narasi/Indonesiadalam-angka/ekonomo/kasus-covid-19 pertama masyarakat jangan panik
Novrindadkk.2017.Peran Orangttua dalam Pendidikan anak Usiadini.ditinjau dari Latarbelakang Pendidikan. Jurnal potensi PG PAUD FKIP UNIB2(1)
Prasetyo, F.A.D. (2018). Pendampingan Orangtua dalam proses Belajar anak Studi Deskriptif tentang Tingkat Optimalisasi Pendampingan Orangtua dalam proses Belajar anak menurut persepsi siswa kelas X SMK N 1 Nanggulan tahun ajaran 2017/2018.Yogyakarta:Jurusan ilmu pendidikan Universitas Sanata Dharma
Prashnig, B. (2007). The power of learning styles. Bandung:kaifa.
Prianto, C. (2020). Pembelajaran bermakna ditengah Covid-19.Surabaya:Yayasan kita menulis.
Rahman, H.A. (2011). Dimensi Kecakapan Hidup (Life skill) dalam pembelajaran Pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 6,no.2
Umar, M. (2015). Peran Orangtua dalam PeningkatanPeningkatan prestasi belajar anak. Ilmiah edukasi, 1(1)20-28
Widayati, T. (2018). Peran Orangtua dalam mendidik anak perempuan perspektif Pendoidikan Islam. Lampung jurusan Pendidikan Agama Islam UIN RadenIntan Lampung

Downloads

Published

2020-11-27

How to Cite

Purnomo, E. H., & Ningsih, T. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Selama Pandemi. Jurnal Kependidikan, 8(2), 235–248. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.4712

Issue

Section

Articles