Peran Orang Tua untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Musim Pandemi Covid-19

Authors

  • Haryono Haryono IAIN Purwokerto
  • Sunhaji Sunhaji IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.4711

Keywords:

parents, motivation to learn, children, the Covid-19 pandemic

Abstract

Abstract   This study describes the role of parents in increasing children's learning motivation at MI Ma'arif NU 01 Sokanegara Purbalingga. This study used a descriptive survey research method. Sampling using purposive sampling technique with the criteria of the parents of MI Ma'arif NU 01 Sokanegara students, Purbalingga. The sample in this study were 10 respondents who were conducted in February 2021. To obtain data, researchers used interview and observation methods. As we all know, the Covid-19 pandemic that has hit the world has had many impacts in various fields of human life, including education. Likewise in our country, Indonesia. Since the Covid-19 pandemic occurred in early 2020, the government immediately took a system change policy in the delivery of education. So far, prior to the Covid-19 pandemic, teaching and learning activities were carried out directly and centered on schools. Now, in the Covid-19 pandemic season, distance learning has been chosen as the best alternative for students to take. In the implementation of distance learning (PJJ) via online or online, students learn independently from their respective homes, teachers deliver learning materials, provide learning assignments through online learning media. To achieve the success of online learning, of course, requires good participation and cooperation between the school / teacher, students, and parents. The role of parents to motivate children's interest in learning is needed. From the results of the research, the roles played by parents as motivators for children include giving attention, affection, learning facilities, praise, gifts, rewards, and punishments.   Keywords: parents, motivation to learn, children, the Covid-19 pandemic   Abstrak   Penelitian  ini mendeskripsikan tentang peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di MI Ma’arif NU 01 Sokanegara Purbalingga.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria orang tua siswa MI Ma’arif NU 01 Sokanegara Purbalingga. Sampel pada penelitian ini sebanyak 10 responden yang dilakukan pada bulan Februari 2021. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode wawancara dan observasi. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa pandemi Covid-19 yang melanda dunia, berdampak banyak di berbagai bidang kehidupan manusia, tak terkecuali bidang pendidikan. Demikian pula di negara kita, Indonesia. Sejak terjadi pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020, pemerintah segera mengambil kebijakan perubahan sistem pada penyelenggaraan pendidikan. Selama ini, sebelum terjadi pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara langsung dan berpusat di sekolah-sekolah. Kini, di musim pandemi Covid-19, pembelajaran jarak jauh dipilih sebagai alternatif terbaik yang harus ditempuh oleh para siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ)  via online atau daring, siswa belajar secara mandiri dari rumah masing-masing, guru menyampaikan materi pembelajaran, memberikan tugas-tugas belajar melalui media pembelajaran daring. Untuk mencapai keberhasilan pembelajaran daring ini tentu membutuhkan peran serta dan kerjasama yang baik antara pihak sekolah/guru, siswa, dan orang tua siswa. Peran orang tua untuk memotivasi minat belajar anak sangat dibutuhkan. Dari hasil penelitian, peran yang  dilakukan oleh orang tua sebagai motivator untuk  anak diantaranya adalah memberikan perhatian, kasih sayang, fasilitas belajar, pujian, hadiah, penghargaan, dan hukuman. Kata kunci: orang tua, motivasi belajar, anak, pandemi Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Depdiknas. (2008). Kamus besar bahasa indonesia. http://www.pdfdrive.com/search?q=kamus%20besar%20bahasa%20indonesia&pagecount=&pubyear=&searchin=&em=
Graha, C. (2013). Keberhasilan Anak Tergantung Orang Tua. Elex Media Komputindo.
Hendriani, D. W. H. (2018). Resiliensi Psikologis: Sebuah Pengantar. Kencana.
Hero, H., & Sni, M. E. (2018). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR INPRES ILIGETANG. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568
Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2016). Belajar dan Pembelajaran. UMMPress.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. 3M Media Karya.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya Offset.
Muri’ah, P. D. H. S., & Wardan, D. K. (2020). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK DAN REMAJA. Literasi Nusantara.
Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Deepublish.
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201–212. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v2i2.607
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wulansari, N. M. D. (2017). Didiklah Anak Sesuai Zamannya: Mengoptimalkan Potensi Anak di Era Digital. VisiMedia.

Downloads

Published

2020-11-27

How to Cite

Haryono, H., & Sunhaji, S. (2020). Peran Orang Tua untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Musim Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan, 8(2), 207–223. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.4711

Issue

Section

Articles