Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Keluarga Petani di MI Ma’arif NU Karanggedang 2 Purbalingga

Authors

  • Unik Fepriyanti IAIN Purwokerto
  • Novan Ardy Wiyani IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.4686

Keywords:

keluarga petani, pembelajaran jarak jauh, problematika

Abstract

Abstract This study aims to describe the problem of distance learning in farming families in MI Ma'arif NU Karanggedang 2 Purbalingga. This research uses qualitative research methods or often referred to as naturalistic research methods, namely research conducted in natural conditions or natural settings. For almost a year, since the Covid-19 pandemic season, learning, which was originally carried out directly and centered on schools, has now changed to a distance learning system via online or online. Now, parents of students are required to be able to be good teachers for their children at home. Not a few parents have encountered various problems related to this distance learning process. Parents' hearts are screaming, restless, restless, and even have entered a stressful stage. They are not ready to face the changes in the education system for their children in this pandemic season. Various problems in distance learning, especially in farming families, were revealed in this study. There are three problems experienced by parents of students who work as farmers, namely technology problems, skills problems, and personal problems. Keywords: farming families, problematics, distance learning, problematics.   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang problematika pembelajaran jarak jauh pada keluarga petani di MI Ma’arif NU Karanggedang 2 Purbalingga.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif atau sering disebut sebagai metode penelitian naturalistik yaitu penelitian yang dilakukan dengan kondisi alamiah atau natural setting. Selama hampir satu tahun, sejak musim pandemi covid-19 pembelajaran yang semula dilaksanakan secara langsung dan berpusat di sekolah-sekolah, kini berganti dengan sistem pembelajaran jarak jauh via online  atau daring. Kini, orang tua siswa diharuskan mampu menjadi guru yang baik untuk anak-anaknya di rumah. Tidak sedikit orang tua yang mendapatkan berbagai permasalahan terkait proses pembelajaran jarak jauh ini. Hati orang tua menjerit, resah, gelisah, bahkan sudah masuk tahap stress. Mereka belum siap menghadapi perubahan sistem pendidikan untuk anak-anaknya di musim pandemi ini. Berbagai permasalahan dalam pembelajaran jarak jauh khususnya pada keluarga petani terungkap dalam penelitian ini. Ada tiga pokok persoalan  atau problematika yang dialami  oleh para orang tua siswa yang berprofesi sebagai petani yaitu problematika teknologi, problematika keterampilan, dan problematika personal. Kata Kunci: keluarga petani, pembelajaran jarak jauh, problematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarita, J., Jarwati, J., & Dina Kurnia, R. (2021). PEMBELAJARAN LURING. Penerbit Adab.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152–159.
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish.
Haryati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cendekia.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81.
Kemendikbud. (2011). Modul Satuan Pembelajaran Seri Pengembangan Bahan Belajar Mandiri.
Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). METODOLOGI PEMBELAJARAN: STRATEGI, PENDEKATAN, MODEL, METODE PEMBELAJARAN. IRDH Book Publisher.
Nai, F. A. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK. Deepublish.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL. Media Sahabat Cendekia.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Waluya, B. (n.d.). Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. PT Grafindo Media Pratama.

Downloads

Published

2020-11-27

How to Cite

Fepriyanti, U., & Wiyani, N. A. (2020). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Keluarga Petani di MI Ma’arif NU Karanggedang 2 Purbalingga. Jurnal Kependidikan, 8(2), 191–206. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.4686

Issue

Section

Articles