Idealitas Pendidikan Anak dalam Islam

Authors

  • Nurkholis Nur Kholis iain purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.4676

Keywords:

Idealitas, Pendidikan Anak, Islam

Abstract

Pada saat ini pendidikan cenderung hanya berorentasi kepada kebutuhan material, tanpa  memperhatikan kebutuan moral, sehingga akan menciptakan manusia yang bersifat matrealistis, oleh karena itu semuanya diukur oleh materi tanpa melihat nilai positif dan negatifnya. Pendidikan akan  mengarahkan peserta didik menjadi intelektualitas keilmuan dan keterampilan saja tanpa dibarengi dengan amaliah ilmiahnya. Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik dan merawat  anak. Oleh karena itu keberhasilan pendidikan anak merupakan tanggung jawab bagi orang tua dalam mengembangkan potensi anak. Tulisan ini berupaya menyajikan konsep bagaimana pendidikan anak yang ideal perspektif Islam. Pendidikan anak merupakan amanah bagi orang tua, sehingga Al-Qur’an dan Sunnah  senantiasa mengarahkan dan membimbing terhadap proses pendidikan anak. Tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak merupakan sesuatu yang harus dipenuhi dan tidak bisa ditawar lagi, sehingga keberhasilan dalam proses pendidikan anak, harus ditanamkan nilai-nilai pendidikan yang positif berdasarkan pengetahuan  yang memadai melalui sumber-sumber ajaran Islam. Proses pendidikan anak harus ada relasi timbal balik bagi keduanya,  maksudnya harus ada hak dan kewajiban antara orang tua dan anak yang harus dipenuhi oleh keduanya. Islam telah mengatur dan memberikan penjelasan secara komprehensif dan detail mengenai pendidikan anak dalam mewujudkan nilai-nilai pendidikan Islam.    

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-28

How to Cite

Kholis, N. N. (2021). Idealitas Pendidikan Anak dalam Islam. Jurnal Kependidikan, 9(1), 99–117. https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.4676

Issue

Section

Articles