Implementasi Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di MI Muhamadiyah Pandansari

Implementasi Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di MI Muhamadiyah Pandansari

Authors

  • Juriyati Juriyati Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.4558

Keywords:

implementasi, manajemen kelas, pembelajaran jarak jauh

Abstract

Wabah corona yang disebabkan oleh Novel Corona Virus (SARS-Cov- 2) sejak akhir bulan Desember 2019 dan sampai sekarang belum dapat diatasi menyebabkan dunia pendidikan harus beradaptasi dengan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara daring atau dikenal dengan istilah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen kelas pada pembelajaran jarak jauh di MI Muhammadiyah Pandansari Kecamatan Ajibarang. Penelitian yang dilakukan pada tanggal 4-15 Januari 2021 di kelas I  (satu) pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tehnik untuk mengumpulkan data adalah dengan pengamatan (observasi), interview (wawancara), analisis dokumen dan atau analisis isi wawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk mengimplementasikan manajemen kelas pada pembelajaran jarak jauh, guru melakukan kegiatan: 1) mengabsen siswa untuk   mengetahui kesiapan siswa  dalam mengikuti pembelajaran, 2) melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, 3) memberikan batas waktu dalam mengirimkan tugas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-27

How to Cite

Juriyati, J. (2020). Implementasi Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di MI Muhamadiyah Pandansari: Implementasi Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di MI Muhamadiyah Pandansari. Jurnal Kependidikan, 8(2), 224–234. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.4558

Issue

Section

Articles