Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Internal bagi Peningkatan Profesionalitas Guru

Authors

  • Gatot Pamuji IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v8i1.3969

Keywords:

supervisi internal, profesionalitas guru

Abstract

  Abstrak Lembaga pendidikan merupakan sarana untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik pada ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Pada ranah pengetahuan diharapkan peserta didik menguasai pengetahuan dari ilmu yang didapat pada kegiatan belajar mengajar, pada ranah keterampilan diharapkan peserta didik memiliki keterampilan, sedangkan pada ranah sikap diharapkan setelah peserta didik mengikuti proses KBM peserta didik memiliki sikap yang baik. Peranan gurulah yang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik, oleh karena itu guru harus dapat meningkatakan pengetahuan dan keahlian secara terus-menerus sehingga menjadi guru yang profesional. Salah satu daya dukung guru menjadi guru yang profesional yaitu bantuan teknis seorang pemimpin atau kepala sekolah, salah satu bantuan teknis itu berupa supervisi (pelayanan secara sistematis atau melalui tahap-tahap pengawasan yang mampu menilai dan memperbaiki proses belajar mengajar agar menjadi lebih baik). Kepala sekolah sebagai supervisor internal perlu memahami tujuan supervisi, fungsi supervisi, prinsip supervisi, teknik supervisi, obyek supervisi, serta pendekatan supervisi, sehingga dalam pelaksanaan supervisinya tepat pada sasaran.   Kata Kunci: Supervisi Internal, Profesionalitas Guru  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-29

How to Cite

Pamuji, G. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Internal bagi Peningkatan Profesionalitas Guru. Jurnal Kependidikan, 8(1), 10–20. https://doi.org/10.24090/jk.v8i1.3969

Issue

Section

Articles