Keefektifan Model Eliciting Activities Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Aziz Kurniawan IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3558

Keywords:

Model Eliciting Activities, Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep

Abstract

Pembelajaran IPA pada  kurikulum 2013 yang diterapkan pada SMP Empu Tantular perlu untuk diamati karena di SMP Empu Tantular pembelajaran IPA masih berorientasi pada guru dan belum sesuai dengan perubahan pada kurikulum 2013. Hal ini mengakibatkan peserta didik cenderung hanya menerima yang dijelaskan guru tanpa mengetahui makna pembelajaran tersebut. Aktivitas peserta didikpun dalam kelas cenderung menghafal dan mendengarkan apa yang diterangkan guru. Hal tersebut berpengaruh pada rendahnya kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep peserta didik.  Cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut perlu adanya strategi dalam pembelajaran yang inovatif yaitu pendekatan yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan model eliciting activities (MEAs). Selain pendekatan tersebut berpusat pada peserta didik, MEAs mampu untuk memfasilitasi dalam membangun pengetahuannya sendiri sehingga peserta didik mampu mendalami konsep-konsep yang akan dipelajari oleh peserta didik. Tujuan penelitin ini yaitu mengetahui keefektifan  MEAs pada materi IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik dalam belajar. Penelitian ini menggunakan True Eksperimen Design dengan populasi kelas VII. Sampel penenitian ini yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen (Pendekatan MEAs) dan VII C sebagai kelas kontrol (Pendekatan Saintifik). Data diambil menggunakan lembar tes berpikir kritis, pemahaman konsep, lembar observasi dan skala aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian ini yaitu MEAs efektif dibandingkan pendektan saintifik baik ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep peserta didik karena nilai thitung = 4,03 untuk berpikir kritis, sedangkan pemahaman konsep thitung = 3,42 lebih besar t(1-α); α=5% yaitu 1,99. Pada nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 67 dan kelas kontrol sebesar 51,5 dengan kriteria aktif untuk kelas eksperimen dan kurang aktif pada kelas kontrol. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu MEAs mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Selain itu, aktivitas belajar peserta didikpun meningkat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-29

How to Cite

Kurniawan, A. (2019). Keefektifan Model Eliciting Activities Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Kependidikan, 7(2), 274–286. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3558

Issue

Section

Articles