Manajemen Strategik Mutu Sekolah

Studi Kasus di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto

Authors

  • Agus Tardian SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.2989

Keywords:

strategic management, school quality

Abstract

School quality is currently being improved to build a more dignified education. The implementation of strategic management in educational institutions is the right choice because the approach is systematic, logical and rational. The focus of this research is how the strategy of Al Irsyad Al Islamiyyah Elementary School 02 Purwokerto to improve quality? (2) What is the school implementation strategy in improving quality? (3) What is the school evaluation strategy in improving quality? In this research the researcher used a qualitative descriptive approach. Data collection is done by observation and documentation interviews. Data were analyzed using data reduction techniques, followed by data presentations, and conclusions. The results of this research are (1) Formulation of strategy at Al Irsyad Al Islamiyyah Elementary School 02 Purwokerto is carried out by first formulating a vision and mission by considering the internal and external environment, setting goals and targets and continued by determining the strategy (2) Implementation of the strategy at Al Irsyad Al Islamiyyah Elementary School 02 Purwokerto is carried out by outlining the strategy with the principal as the coordinator. The monitoring system is carried out by applying intensive communication and routine control to the activity coordinator (3) The evaluation strategy at Al Irsyad Al Islamiyyah Elementary School 02 Purwokerto is conducted through formal and informal meetings. Formal meetings are held mutinally at the internal level and in the overall field. with this meeting, actions for the future were formulated. Abstrak: Mutu sekolah saat ini terus ditingkatkan untuk membangun pendidikan yang lebih bermartabat. Penerapan manajemen strategik pada lembaga pendidikan menjadi pilihan tepat karena pendekatannya sistematis, logis, dan rasional. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi formulasi SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto sekolah dalam meningkatkan mutu, 2) Bagaimana strategi implementasi sekolah dalam meningkatkan mutu, 3) Bagaimana strategi evaluasi sekolah dalam meningkatkan mutu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, diikuti oleh presentasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perumusan strategi di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto dilakukan dengan terlebih dahulu merumuskan visi dan misi dengan mempertimbangkan lingkungan internal dan eksternal, penetapan tujuan dan target dan dilanjutkan dengan menentukan strategi, 2) Implementasi strategi di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto dilakukan dengan menguraikan strategi dengan kepala sekolah sebagai koordinator. Sistem pemantauan dilakukan dengan menerapkan komunikasi intensif dan kontrol rutin ke koordinator kegiatan, 3) Strategi evaluasi di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto dilakukan melalui pertemuan formal dan informal. Pertemuan formal dilakukan secara rutin di tingkat internal dan bidang keseluruhan. Dengan pertemuan ini, maka dirumuskan tindakan selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdon. Strategic Management for Educational Management: Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.
Arcaro, Jerome S, Pendidikan Berbasis Mutu (Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan). Penerjemah Yosal Irianta, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Fathurrohman, Muhammad, Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik Dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan Agama Di Sekolah. Yogyakarta: Kalimedia, 2015.
Ghafur, Hanif Saha. Arsitektur Mutu Pendidikan Indonesia: Peta Perjalanan MenujuKeunggulan Mutu Pendidikan Kelas Dunia. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.
Masrokan Mutohar, Prim. Manajemen Mutu Sekolah; Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam, Cet. II. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media, 2014.
Mulyasa, E. Menjadi kepala sekolah Profesional: dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Mulyasana, Dedi. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Nasution, M Nur. Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Bogor: Ghalia Indonesia, 2015.
Nawawi, Hadari. Manajemen Strategik Organisasi Non rofit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012.
Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi, dan Pemberdayaan Potensi Sekolah dalam Sistem Otonomi Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2007.
Sallis, Edward. Total Quality Management in Education: Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Terjemah Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurozi. Jogjakarta: Ircisod, 2012.
Senja, Nilasari. Manajemen Strategi itu Gampang, Jakarta Timur: Dunia Cerdas, 2014.
Suti, Marus, Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pendidikan. dalam Jurnal MEDTEK, Vol 3, No 2, Hal 1 – 6. 2011.
Umiarso & Imam Gojali, Manajaemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan, Jogjakarta: RCiSoD, 2011.
Wahyudi, Agustinus Sri, Manajemen Strategik: Pengantar Proses Berfikir Strategik. Jogjakarta: Binarupa Aksara, 1996.

Downloads

Published

2019-11-29

How to Cite

Tardian, A. (2019). Manajemen Strategik Mutu Sekolah: Studi Kasus di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 7(2), 192–203. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.2989

Issue

Section

Articles