Optimalisasi Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Remedial

Authors

  • Diana Rosiyati Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Wira Hadi Wibowo Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Sutopo Sutopo Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Musrikah Musrikah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v13i2.13693

Keywords:

remedial; remedial learning; mathematics

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui secara mendalam mengenai peran pembelajaran remedial dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa setelah dilaksanakan remedial. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive sampling, subjek dalam penelitian ini Guru matematika dan siswa kelas VIII di SMP Internasional Darul Akhwan. Teknik pengumpulan dengan triangulasi, analisis data, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekan makna dari pada generalisas. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data. Data diabsahkan melalui teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini pembelajaran remedial teaching mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar. Dengan adanya pembelajaran remedial dapat mengubah pemahaman siswa menjadi lebih baik terhadap cara belajar sehingga terjadi perubahan pada hasil akhir pelajaran. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, A. A., Syarifuddin, & Usmariani. (2024). Peran Guru Dalam Remedial Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10, 34–39.

Andryannisa, M. A., Wahyudi, A. P., & Sayekti, S. P. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SD ISLAM RIYADHUL JANNAH DEPOK. 2.

Karwono, H. M., & Heni, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Serta Manfaat Sumber Belajar. PT. Raja GrafindoPersada. https://scholar.google.com/scholar?cluster=18177564350112709867&hl=en&oi=scholarr

Kemenag, C. (2023). Pengembangan dan pengolahan nilai hasil belajar. Hcendikia.Kemenag.Go.Id/, 71–114.

Lidi, M. W. (2019). Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Foundasia, 9(1), 15–26. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26158

Maulidya. (2022). PEMBELAJARAN REMEDIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMPN/MTsN.

Putri, Y. A. (2016). PENGAJARAN REMEDIAL UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN.

Shafitra, R. D., Renata, D., & Purwaningsih, D. (2021). Optimalisasi hasil belajar siswa melalui remedial teaching. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 81–86. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4576

Viona, M. N., Aisyah, L., Rahmah, A. N., & . F. (2024). Pentingnya Evaluasi dan Remedial Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(3), 424–428. https://doi.org/10.47233/jpst.v3i3.1798

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish. https://repository.deepublish.com/publications/591242/

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Rosiyati, D., Wibowo, W. H., Sutopo, S., & Musrikah, M. (2025). Optimalisasi Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Remedial. Jurnal Kependidikan, 13(2), 203–214. https://doi.org/10.24090/jk.v13i2.13693