Optimalisasi Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Remedial
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v13i2.13693Keywords:
remedial; remedial learning; mathematicsAbstract
Tujuan penelitian ini mengetahui secara mendalam mengenai peran pembelajaran remedial dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa setelah dilaksanakan remedial. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive sampling, subjek dalam penelitian ini Guru matematika dan siswa kelas VIII di SMP Internasional Darul Akhwan. Teknik pengumpulan dengan triangulasi, analisis data, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekan makna dari pada generalisas. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data. Data diabsahkan melalui teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini pembelajaran remedial teaching mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar. Dengan adanya pembelajaran remedial dapat mengubah pemahaman siswa menjadi lebih baik terhadap cara belajar sehingga terjadi perubahan pada hasil akhir pelajaran.Downloads
References
Agus, A. A., Syarifuddin, & Usmariani. (2024). Peran Guru Dalam Remedial Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10, 34–39.
Andryannisa, M. A., Wahyudi, A. P., & Sayekti, S. P. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SD ISLAM RIYADHUL JANNAH DEPOK. 2.
Karwono, H. M., & Heni, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Serta Manfaat Sumber Belajar. PT. Raja GrafindoPersada. https://scholar.google.com/scholar?cluster=18177564350112709867&hl=en&oi=scholarr
Kemenag, C. (2023). Pengembangan dan pengolahan nilai hasil belajar. Hcendikia.Kemenag.Go.Id/, 71–114.
Lidi, M. W. (2019). Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Foundasia, 9(1), 15–26. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26158
Maulidya. (2022). PEMBELAJARAN REMEDIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMPN/MTsN.
Putri, Y. A. (2016). PENGAJARAN REMEDIAL UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN.
Shafitra, R. D., Renata, D., & Purwaningsih, D. (2021). Optimalisasi hasil belajar siswa melalui remedial teaching. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 81–86. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4576
Viona, M. N., Aisyah, L., Rahmah, A. N., & . F. (2024). Pentingnya Evaluasi dan Remedial Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(3), 424–428. https://doi.org/10.47233/jpst.v3i3.1798
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish. https://repository.deepublish.com/publications/591242/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diana Rosiyati, Wira Hadi Wibowo, Sutopo Sutopo, Musrikah Musrikah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.