Peran Pendidikan Pesantren pada Perubahan Sosial Masyarakat di Dusun Karangtengah Wetan Kecamatan Sumbang
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v13i1.13564Keywords:
islamic boarding school education; social change; societyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran pendidikan pesantren pada perubahan sosial di Dusun Karagtengah Wetan, RT 08/RW 03, Desa Banteran, Kecamatan Sumabng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yaitu studi penelitian yang dilakukan atau dikerjakan di lapangan. Penelitian lapangan berfokus terhadap realisasi kehidupan sosial masyarakat secara langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan awal pendirian pesantren untuk memberikan pendidikan dengan jalur non formal. Dengan bentuk pengkajian kitab kuning dengan tingkat dasar dan seni yang berkembang di kalangan masyarakat muslim Nusantara yang beraliran Ahlussunnah wa al-Jama’ah, seperti tahlilan, manaqiban, mauludan, istighosah, mujahadah, dan wirid. Dari berbagai sumber yang didapat dan dipelajari, menghasilkan pemahaman bahwa pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Peran penting pendidikan dalam kehidupan dan perubahan sosial adalah untuk membekali dan mempersiapkan anak untuk menghadapi atau mengatasi berbagai permasalahan yang akan terjadi akibat perubahan sosial. Sehingga upaya yang dilakukan di Dusun Karangtengah Wetan menitipkan anak-anaknya untuk menimba ilmu agama dalam lembaga pesantren. Dalam penyediaan pendidikan pesantren merupakan hal yang penting bagi kehidupan masyarakat untuk memberikan dampak perubahan sosial dimasa depanDownloads
References
Adisel, N. P. E. M. S. (2023). Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2614–3097), 1–13.
Dhofier, Z. (2019). Tradisi Pesantren : Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia (Cet. 10). LP3ES.
Huda, M. (2015). Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 165–188. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.790
Ilham, I., & Supriatman, Y. Y. (2022). Orientasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Perubahan Sosial. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 20(1), 1–11. https://doi.org/10.52266/kreatif.v20i1.795
Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Iskandar, E. (2014). Sejarah Pendidikan Islam. Rosdakarya, Remaja.
Muhammad Anwar Fathoni, A. N. R. (2019). Peran pesantren dalam pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia. CIMAE: Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics, 2, 133–140. https://journal.uii.ac.id/CIMAE/article/view/12766/9450
Nufus, H. (2016). Peranan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dalam Membina Tumbuh Kembang Anak Di Kota Ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 48–63. https://doi.org/10.33477/alt.v1i1.188
Rahmawati, I., Apipah, I., & Noviyani, L. (2024). Peran Pendidikan Anak Usia Dini pada Perubahan Sosial Masyarakat di Dusun Cicurug Desa Cibanten. Edu Happiness : Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v3i1.311
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Harits Mahfuzhi, Tutuk Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.