Peran Pendidikan Pesantren pada Perubahan Sosial Masyarakat di Dusun Karangtengah Wetan Kecamatan Sumbang

Authors

  • Harits Mahfuzhi UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Tutuk Ningsih UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v13i1.13564

Keywords:

islamic boarding school education; social change; society

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran pendidikan pesantren pada perubahan sosial di Dusun Karagtengah Wetan, RT 08/RW 03, Desa Banteran, Kecamatan Sumabng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yaitu studi penelitian yang dilakukan atau dikerjakan di lapangan. Penelitian lapangan berfokus terhadap realisasi kehidupan sosial masyarakat secara langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan awal pendirian pesantren untuk memberikan pendidikan dengan jalur non formal. Dengan bentuk pengkajian kitab kuning dengan tingkat dasar dan seni yang berkembang di kalangan masyarakat muslim Nusantara yang beraliran Ahlussunnah wa al-Jama’ah, seperti tahlilan, manaqiban, mauludan, istighosah, mujahadah, dan wirid. Dari berbagai sumber yang didapat dan dipelajari, menghasilkan pemahaman bahwa pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Peran penting pendidikan dalam kehidupan dan perubahan sosial adalah untuk membekali dan mempersiapkan anak untuk menghadapi atau mengatasi berbagai permasalahan yang akan terjadi akibat perubahan sosial. Sehingga upaya yang dilakukan di Dusun Karangtengah Wetan menitipkan anak-anaknya untuk menimba ilmu agama dalam lembaga pesantren. Dalam penyediaan pendidikan pesantren merupakan hal yang penting bagi kehidupan masyarakat untuk memberikan dampak perubahan sosial dimasa depan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisel, N. P. E. M. S. (2023). Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2614–3097), 1–13.

Dhofier, Z. (2019). Tradisi Pesantren : Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia (Cet. 10). LP3ES.

Huda, M. (2015). Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 165–188. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.790

Ilham, I., & Supriatman, Y. Y. (2022). Orientasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Perubahan Sosial. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 20(1), 1–11. https://doi.org/10.52266/kreatif.v20i1.795

Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466

Iskandar, E. (2014). Sejarah Pendidikan Islam. Rosdakarya, Remaja.

Muhammad Anwar Fathoni, A. N. R. (2019). Peran pesantren dalam pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia. CIMAE: Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics, 2, 133–140. https://journal.uii.ac.id/CIMAE/article/view/12766/9450

Nufus, H. (2016). Peranan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dalam Membina Tumbuh Kembang Anak Di Kota Ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 48–63. https://doi.org/10.33477/alt.v1i1.188

Rahmawati, I., Apipah, I., & Noviyani, L. (2024). Peran Pendidikan Anak Usia Dini pada Perubahan Sosial Masyarakat di Dusun Cicurug Desa Cibanten. Edu Happiness : Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v3i1.311

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Mahfuzhi, H. ., & Ningsih, T. (2025). Peran Pendidikan Pesantren pada Perubahan Sosial Masyarakat di Dusun Karangtengah Wetan Kecamatan Sumbang. Jurnal Kependidikan, 13(1), 133–148. https://doi.org/10.24090/jk.v13i1.13564

Issue

Section

Articles