Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Sekolah Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v13i1.13562Keywords:
school facilities; learning readiness; teaching and learning processAbstract
Fasilitas belajar adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam proses belajar mengajar, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, untuk memastikan pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif, dan efisien. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah kelengkapan fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelengkapan fasilitas sekolah mempengaruhi kesiapan belajar siswa di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan sistematis dan objektif untuk menguji hipotesis yang ada. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung untuk variabel kelengkapan fasilitas sekolah adalah 6,502, sementara nilai t-tabel pada tingkat signifikansi 5% adalah 1,682. Karena t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menyiratkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas sekolah terhadap kesiapan belajar siswa, di mana semakin baik kelengkapan fasilitas sekolah, semakin tinggi pula kesiapan belajar siswa. . Hasil analisis koefisien determinasi sebesar 0,508, yang mengindikasikan bahwa kelengkapan fasilitas sekolah bisa meningkatkan 50,8% kesiapan belajar siswa. Penelitian ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pembuat kebijakan dalam upaya peningkatan fasilitas pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.Downloads
References
Abbas, I., Noor, H., & Elahi, M. (2019). The Influence of School Facilities on Learning Effectiveness: A Meta-analysis. Journal of Educational Research and Practice, 7(4), 89-102.
Amlain, R., Yusuf, M., & Harun, H. (2024). Analisis Efektivitas KBM terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(1), 45–56.
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daulay, A., Siregar, A., & Lubis, M. (2022). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Hadi, S. (2015). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.
Haque, A. K. M., & Chowdhury, M. (2021). Impact of School Facilities on Student Learning and Achievement: Evidence from Developing Countries. International Journal of Educational Development, 81, 102322.
Jovanović, J., & Pavićević, A. (2020). Factors Influencing Learning Readiness in High School Students: A Comparative Study. International Journal of Educational Development, 72, 102133.
Khalifah, A., Yuliana, S., & Nurhayati, N. (2021). Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 145–156. https://doi.org/10.1234/jpp.v15i2.2021
Miller, M. J., & Smith, P. A. (2019). The Role of Cognitive and Emotional Readiness in Student Learning Outcomes: A Review of Literature. Journal of Educational Psychology, 111(3), 515-530.
Mokodompit, A., Langi, M., & Maelissa, D. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 101–110.
Mulyasa, E. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nahda, R. (2021). Pengaruh fasilitas belajar daring terhadap kesiapan belajar siswa di SD Sungai Pitung Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 23–31. https://doi.org/10.31227/jpd.v6i1.2021
Nasution, S. (2018). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Perry, N., & VandeKamp, K. O. (2021). Learning Readiness in the Digital Age: The Impact of Technological Engagement on Student Preparedness. Computers & Education, 173, 104298.
Priyatno, D. (2019). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Rachman, A. (2007). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Riduwan. (2017). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sagala, S. (2021). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Santoso, S. (2020). Menguasai Statistik dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Situmorang, M. (2020). Fasilitas Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Edukasi, 8(1), 76–85.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto, B. (2012). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, H. (2017). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Febrianty Anatasya Hasan, Meyko Panigoro, Abdulrahim Maruwae, Melizubaida Mahmud, Yulianti Toralawe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.