Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Sekolah Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah

Authors

  • Febrianty Anatasya Hasan Universitas Negeri Gorontalo
  • Meyko Panigoro Universitas Negeri Gorontalo https://orcid.org/0009-0004-2455-5956
  • Abdulrahim Maruwae Universitas Negeri Gorontalo
  • Melizubaida Mahmud Universitas Negeri Gorontalo
  • Yulianti Toralawe Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v13i1.13562

Keywords:

school facilities; learning readiness; teaching and learning process

Abstract

Fasilitas belajar adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam proses belajar mengajar, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, untuk memastikan pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif, dan efisien. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah kelengkapan fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelengkapan fasilitas sekolah mempengaruhi kesiapan belajar siswa di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan sistematis dan objektif untuk menguji hipotesis yang ada. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung untuk variabel kelengkapan fasilitas sekolah adalah 6,502, sementara nilai t-tabel pada tingkat signifikansi 5% adalah 1,682. Karena t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menyiratkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas sekolah terhadap kesiapan belajar siswa, di mana semakin baik kelengkapan fasilitas sekolah, semakin tinggi pula kesiapan belajar siswa. . Hasil analisis koefisien determinasi sebesar 0,508, yang mengindikasikan bahwa kelengkapan fasilitas sekolah bisa meningkatkan 50,8% kesiapan belajar siswa. Penelitian ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pembuat kebijakan dalam upaya peningkatan fasilitas pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, I., Noor, H., & Elahi, M. (2019). The Influence of School Facilities on Learning Effectiveness: A Meta-analysis. Journal of Educational Research and Practice, 7(4), 89-102.

Amlain, R., Yusuf, M., & Harun, H. (2024). Analisis Efektivitas KBM terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(1), 45–56.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daulay, A., Siregar, A., & Lubis, M. (2022). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Hadi, S. (2015). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Haque, A. K. M., & Chowdhury, M. (2021). Impact of School Facilities on Student Learning and Achievement: Evidence from Developing Countries. International Journal of Educational Development, 81, 102322.

Jovanović, J., & Pavićević, A. (2020). Factors Influencing Learning Readiness in High School Students: A Comparative Study. International Journal of Educational Development, 72, 102133.

Khalifah, A., Yuliana, S., & Nurhayati, N. (2021). Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 145–156. https://doi.org/10.1234/jpp.v15i2.2021

Miller, M. J., & Smith, P. A. (2019). The Role of Cognitive and Emotional Readiness in Student Learning Outcomes: A Review of Literature. Journal of Educational Psychology, 111(3), 515-530.

Mokodompit, A., Langi, M., & Maelissa, D. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 101–110.

Mulyasa, E. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nahda, R. (2021). Pengaruh fasilitas belajar daring terhadap kesiapan belajar siswa di SD Sungai Pitung Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 23–31. https://doi.org/10.31227/jpd.v6i1.2021

Nasution, S. (2018). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Perry, N., & VandeKamp, K. O. (2021). Learning Readiness in the Digital Age: The Impact of Technological Engagement on Student Preparedness. Computers & Education, 173, 104298.

Priyatno, D. (2019). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Rachman, A. (2007). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. (2017). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. (2021). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Santoso, S. (2020). Menguasai Statistik dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Situmorang, M. (2020). Fasilitas Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Edukasi, 8(1), 76–85.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. (2012). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, H. (2017). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Hasan, F. A., Panigoro, M., Maruwae, A., Mahmud, M., & Toralawe, Y. (2025). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Sekolah Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah. Jurnal Kependidikan, 13(1), 119–132. https://doi.org/10.24090/jk.v13i1.13562

Issue

Section

Articles