Nilai Nilai Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Al Islam, Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab (Ismuba) Tingkat Madrasah Ibtidaiyyah

Authors

  • Intan Nur Azizah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Novala Arum Salsabillah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v13i1.13488

Keywords:

religious moderation values; ISMUBA Curriculum; Madrasah Ibtidaiyah Education

Abstract

Abstract   This study focuses on identifying and analyzing the values of religious moderation integrated into the Al-Islam, Kemuhammadiyahan, and Arabic Language (ISMUBA) curriculum at the Madrasah Ibtidaiyyah level. The aim of this research is to examine how the values of religious moderation are implemented and taught through the ISMUBA curriculum, as well as their impact on students’ understanding of interfaith harmony. The research employs a descriptive qualitative method with a case study approach, involving observation, interviews, and document analysis. The findings indicate that the ISMUBA curriculum effectively incorporates the values of religious moderation, although its implementation in the field still requires improvement. This study offers recommendations for developing a more inclusive and adaptive curriculum in response to the religious and social dynamics in Indonesia. Keywords: Religious Moderation Values, ISMUBA Curriculum, Madrasah Ibtidaiyyah Education Abstrak   Penelitian ini terfokus pada identifikasi dan analisis nilai-nilai moderasi beragama yang diintegrasikan dalam kurikulum Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) di tingkat Madrasah Ibtidaiyyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana nilai-nilai moderasi beragama diterapkan dan diajarkan melalui kurikulum ISMUBA, serta dampaknya terhadap pemahaman siswa tentang kerukunan antarumat beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum ISMUBA secara efektif menyisipkan nilai-nilai moderasi beragama, namun implementasi di lapangan masih memerlukan penyempurnaan. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengembangan kurikulum yang lebih inklusif dan adaptif terhadap dinamika sosial keagamaan di Indonesia. Kata Kunci : Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Kurikulum ISMUBA, Pendidikan Madrasah Ibtidaiyyah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baihaki, A. (2022). Implementasi Kurikulum Ismuba (Al Islam, Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab) Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Di Sd Plus Muhammadiyah I Waru Pamekasan). Studia Religia: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.30651/sr.v6i1.13172

Didik, P., Sd, D. I., & Sapen, M. (2023). Aktualisasi Kurikulum ISMUBA Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. 08(September).

Mufti, U., & Widodo, H. (2021). Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Banguntapan. 2(1), 85–92.

Nurlaeli, A., Putri, E. D., Cahyani, E. D., Tyas, H. N., & Labieqoh, S. N. (2023). Peran

Kurikulum ISMUBA dalam Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik.

Ramadhan, S. A., & Anwar, K. (2024). Moderasi Beragama : Mengintegrasikan Nilai- Nilai Humanis Islam Dalam Membangun Keberadaan Manusia Menurut Perspektif Pendidikan Islam. 14(4), 604–622.

Susianti, oni marliana, Annisa, Sulaiman, & Ganjarjati, nur inayah. (2023). Analisis Implementasi KurikulumISMUBA di SD Muhammadiyah 07 Randudongkal. Jurnal Ibtida, 4(Vol 4 No 2 (2023): Vol. 4 No.2 (2023): EDISI AGUSTUS 2023), 837– 846. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/ibtida/article/view/754/459

Ummah, M. S. (2019). Moderasi Beragama : Jalan Tengah Menuju Harmonisasi Sosial. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng- 8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco. 2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_P EMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Yuniarti, F. A., Fauzi, H. N., & Widodo, H. (2020). Implementasi Kurikulum Ismuba Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap dan Pengetahuan Siswa di SD Muhammadiyah Slanggen. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 289–300.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Azizah, I. N., & Salsabillah, N. A. (2025). Nilai Nilai Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Al Islam, Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab (Ismuba) Tingkat Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Kependidikan, 13(1), 165–176. https://doi.org/10.24090/jk.v13i1.13488

Issue

Section

Articles