Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Alternatif Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Satuan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v13i1.13393Keywords:
manajemen berbasis sekolah; mutu pendidikan; strategi manajemen berbasis sekolahAbstract
Pendidikan merupakan elemen penting dalam pembangunan suatu bangsa, berfungsi untuk meningkatkan kualitas hidup individu dan masyarakat. Artikel ini membahas pentingnya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. MBS memberikan otonomi kepada sekolah dalam pengelolaan sumber daya dan pengambilan keputusan, yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber yang berkaitan dengan MBS dan dampaknya terhadap pendidikan. Literatur tinjauan digunakan untuk mengeksplorasi berbagai teori, konsep, dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan. Data tersebut diperoleh dengan memeriksa berbagai platform database, khususnya Publish or Perish, Google Scholar, ResearchGate, dan Scopus dengan fokus pada penelitian yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi MBS dapat meningkatkan keterlibatan, komitmen, dan akuntabilitas pemangku kepentingan dalam proses pendidikan. Namun, tantangan seperti kurangnya pendanaan, keterampilan manajerial kepala sekolah, dan rendahnya partisipasi masyarakat masih menjadi kendala dalam pelaksanaan MBS. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut dan memastikan keberhasilan MBS dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pelatihan bagi kepala sekolah dan guru, meningkatkan transparansi dalam pengelolaan sekolah, dan memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Dengan strategi yang tepat, MBS dapat berfungsi sebagai alat yang efektif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang relevan dan berkualitas.Downloads
References
Abwandi, D., Anjani, D. P., Apriliyani, D., Firdaus, M. Y., & Mustikawati, R. (2022). Pengembangan Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD Negeri Ketapang. ANWARUL, 2(1), 66–76. https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i1.217
Andriyan, A., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi penerapan dan pengelolaan manajemen berbasis sekolah: literatur review. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 14–27. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.45011
Arar, K., & Abu-Romi, A. (2016). School-based management: Arab education system in Israel. Journal of Educational Administration, 54(2), 191–208. https://doi.org/10.1108/JEA-09-2014-0118
As-Tsauri, M. S., Rochman, C., & Maslani, M. (2021). Tantangan Guru Sekolah Dasar Dalam Memahami Capaian Komponen Manajemen Sekolah. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 55. https://doi.org/10.31958/jaf.v9i1.3235
Asfar, A. M. I. T., & Asfar, A. M. I. A. (2019). Integrasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS): Kepemimpinan Kepala Sekolah. ResearchGate. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.32882.15043/1
Athiyah, C. U. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Sebagai Alternatif Desentralisasi Pendidikan di MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(1), 130–145. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.82
Aziz, A. Z. (2015). Manajemen Berbasis Sekolah: Alternatif Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. El-Tarbawi, 8(1), 69–92. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art5
Bandur, A. (2012). School‐based management developments: challenges and impacts. Journal of Educational Administration, 50(6), 845–873. https://doi.org/10.1108/09578231211264711
Bandur, A. (2018). Stakeholders’ responses to school-based management in Indonesia. International Journal of Educational Management, 32(6), 1082–1098. https://doi.org/10.1108/IJEM-08-2017-0191
Bandur, A., Hamsal, M., & Furinto, A. (2021). 21st Century experiences in the development of school-based management policy and practices in Indonesia. Educational Research for Policy and Practice, 21(1), 85–107. https://doi.org/10.1007/s10671-021-09293-x
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDN Sungai Miai 5 Dan SDN Surgi Mufti 4 di Banjarmasin. AL-ULUM : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.31602/alsh.v3i2.1196
Caldwell, B. J. (2016). Impact of school autonomy on student achievement: cases from Australia. International Journal of Educational Management, 30(7), 1171–1187. https://doi.org/10.1108/IJEM-10-2015-0144
Dasor, Y. W. (2018). Implementasigood Governancedalam Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2).
Endah Retno Suci, & Aris Widodo. (2022). Implementasi Model Manajemen Berbasis Sekolah pada MTs Swasta Al-Mushlihin Kota Binjai. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), 189–202. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i2.176
Fajrin, R. (2018). Strategi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Intizam Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 1–37.
Handoyo, K., Mudhofir, M., & Maslamah, M. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 321. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1855
Hasan, K., Lukman, L., & Hakim, A. (2018). Penguatan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR, 5.
Heystek, J., & Emekako, R. (2020). Leadership and motivation for improved academic performance in schools in low socio-economic contexts. International Journal of Educational Management, 34(9), 1403–1415. https://doi.org/10.1108/IJEM-10-2019-0378
Indrayadi, A. P., Devi, D. R., Juliana, R., Subagiyo, R. A. M., Handayani, S. T., & Arfinanti, N. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah Pada Komponen Tenaga Kependidikan Dan Kesiswaan. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 195–203. https://doi.org/10.17977/um027v4i32021p195
Isa, A. M., Mydin, A.-A., & Abdullah, A. G. K. (2020). School-Based Management (SBM) Practices in Malaysia: A Systematic Literature Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(9). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v10-i9/7870
Junindra, A., Nasti, B., Rusdinal, R., & Gistituati, N. G. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 10(1), 88–94. https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.124
Kaabi, A. A. Al, & Ali, S. (2015). An evaluation of the school-based management practices in the new school model: a study on al AIN schools. In United Arab Emirates University. https://scholarworks.uaeu.ac.ae/cgi/viewcontent.cgi?referer=&httpsredir=1&article=1037&context=all_theses
Khoiri, N. (2015). Model kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah (MBS) di Madrasah Aliyah NU Banat. Eprints.Walisongo.Ac.Id, 1–22. http://eprints.walisongo.ac.id/9457/
Khurniawan, A. W., Sailah, I., Muljono, P., Indriyanto, B., & Maarif, M. S. (2021). The Collaborative Strategy of Total Quality Management and School Governance to Improving Effectiveness of Vocational School-Based Enterprise. Journal of Educational and Social Research, 11(2), 10. https://doi.org/10.36941/jesr-2021-0026
Kurniawati, N. B., & Pardimin, P. (2021). Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat Dalam Mewujudkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 3(3), 470. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.9120
Langeningtias, U., Musyaffa’ Putra, A., & Nurwachidah, U. (2021). Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1269–1282. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.236
Lasno, L., Suriansyah, A., & Saleh, M. (2019). School Principal’s Role in the Implementation of School-Based Management for Adiwiyata Program. European Journal of Education Studies, 5(11). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.2583734
Maharani, A. diyah F., Santoso, S., & Madjdi, A. H. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri Purwosari Kudus. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.5833
Musolin, M. (2020). Manajemen Kesiswaan Pada Madrasah Tsanawiyah Al Iman Bulus Gebang Purworejo Tahun Ajaran 2019/2020. Madinah: Jurnal Studi Islam, 7(1), 129–143. https://doi.org/10.58518/madinah.v7i1.1317
Najah, T. S., Zamroni, & Suranto. (2021). Headmaster’s Leadership Style in the Implementation of School-Based Management at Madrasa. RIGEO Review of International Geographical Education, 11(5), 427–4435. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.321
Nuraeni, D., & Haryati, T. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri Semowo Kabupaten Semarang. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(7).
Nurcahyono, N. A., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2019). Lokakarya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dan Implementasi Pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD) di Sukabumi, Indonesia. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(01). https://doi.org/10.25134/empowerment.v2i01.1743
Nurokhim, N. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 247–260. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1925
Pail, M. M. R., Tampubolon, M., & Sihotang, H. (2021). Evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Santo Antonius I Bidaracina Jakarta Timur. Jurnal IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1).
Parker, L., & Raihani, R. (2011). Democratizing Indonesia through Education? Community Participation in Islamic Schooling. Educational Management Administration & Leadership, 39(6), 712–732. https://doi.org/10.1177/1741143211416389
Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Tantangannya. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 7(2), 800–807. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1329
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Lembaran Negara RI (2005).
Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 73–77. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.430
Rini, R., Sukamto, I., Ridwan, R., & Hariri, H. (2020). School-Based Management in Indonesia: Decision-Making, Problems, and Problem-Solving Strategy. Proceedings of the International Conference on Progressive Education (ICOPE 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.125
Risno, D. N. (2015). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada Aspek Peran Serta Masyarakat di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.24036/bmp.v3i2.5234
Ritonga, Z. S. (2020). Analisis Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Kecamatan Pantai Labu. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1).
Rohiyatun, B. (2019). Standar Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33394/vis.v4i1.1974
Rosmalah. (2016). Hakikat Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v6i1.1797
Salmi, F., Ernawati, E., & Mardizal, J. (2024). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah. Journal on Education, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.7532
Sangadji, H., & Marlina, Y. (2020). Perilaku Organisasi Manajemen Berbasis Sekolah. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2). https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/105
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Seriyanti, N., Ahmad, S., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3922
Setiawan, J. A., Suparno, S., Sahabuddin, C., Tasrif, T., & Ramadhan, S. (2020). The Role of Parents on the Character Education of Kindergarten Children Aged 5-6 Years in Bima. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 779–784. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080307
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645
Sulaeman, M. (2018). Urgensi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di Lembaga Pendidikan Islam. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 16(1). https://doi.org/10.30762/realita.v16i1.674
Suyitno, S. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Peran Komite Terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1564–1576. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.970
Triyarsih, M. G. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 25. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.4028
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Lembaran Negara RI.
Wiyono, B. B. (2018). The effect of self-evaluation on the principals’ transformational leadership, teachers’ work motivation, teamwork effectiveness, and school improvement. International Journal of Leadership in Education, 21(6), 705–725. https://doi.org/10.1080/13603124.2017.1318960
Ya, K. Z., Giatman, M., Rizal, F., & Wulansari, R. E. (2020). Revisiting the School-Based Management Recent Studies. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 119–127. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.897
Yeigh, T., Lynch, D., Turner, D., Provost, S. C., Smith, R., & Willis, R. L. (2019). School leadership and school improvement: an examination of school readiness factors. School Leadership & Management, 39(5), 434–456. https://doi.org/10.1080/13632434.2018.1505718
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Basri Asyibli, Ratna Siti Maulida, Anis Zohriah, Machdum Bachtiar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.