Membangun Karakter Religius Masyarakat Pedesaan di Era Revolusi 5.0
DOI:
https://doi.org/10.24090/jk.v13i1.12826Keywords:
Karakter Religius, Masyarakat Pedesaan, Revolusi 5.0Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendalam memahami pembangunan karakter religius di masyarakat pedesaan Desa Penaruban, Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana karakter religius tumbuh dan berkembang dalam konteks masyarakat pedesaan. Penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis isi terhadap narasi-narasi masyarakat setempat. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa kultur desa yang kental dengan adat ketimuran dan norma sosial memainkan peran penting dalam membentuk karakter religius. Interaksi sosial yang intens, pendidikan agama, pengajian, dan perayaan hari besar Islam juga ditemukan menjadi faktor-faktor utama dalam merajut nilai-nilai karakter religius seperti kesabaran, kejujuran, dan kerukunan. Penelitian ini juga menyoroti peran yang dimainkan oleh remaja masjid sebagai pemimpin muda dalam kegiatan keagamaan dan agen perubahan yang menginspirasi generasi lebih muda untuk mengikuti jejak mereka dalam membangun karakter religius yang kokoh. Selain itu, rutinitas pengajian dan pengajaran nilai-nilai moral juga diidentifikasi sebagai elemen kunci dalam membangun karakter religius. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana masyarakat pedesaan menjaga dan mengembangkan karakter religius mereka. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya menjaga nilai-nilai karakter religius dalam masyarakat pedesaan dan bagaimana hal ini dapat dicapai melalui praktik-praktik keagamaan dan interaksi sosial yang berkelanjutan. Kata Kunci: Karakter religius, masyarakat pedesaan, dan revolusi 5.0Downloads
References
Ahmad, M. (2011). AGAMA DAN PSIKOANALISA SIGMUND FREUD. Religia. https://doi.org/10.28918/religia.v14i2.92
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. CV. Pilar Nusantara.
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Aji, R. B. (2022). DEGRADASI MORAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER DAN KECERDASAN EMOSIONAL. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan, 3(3), Article 3.
Arif, A. M. (2020). PERSPEKTIF TEORI SOSIAL EMILE DURKHEIM DALAM SOSIOLOGI PENDIDIKAN. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol1.Iss2.28
Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802
Bali, M. M. E. I., & Fadilah, N. (2019). INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL JADID. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/jm.v9i1.4125
Basid, A. (2022). Internalisasi nilai utama karakter peserta didik berbasis budaya religius SMP Negeri 3 Jember dan SMP Islamic Garden School Mumbulsari [Doctoral, UIN KHAS Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/8511/
Cahyono, H. (2016). Pendidikan karakter: Strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter religius. Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 1(02), 230–240.
Dharmayanti, D. P. A. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI semester I SDN 3 Sudaji. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575115
Durkheim, E. (t.t.). The Elementary Forms of The Religius Life. IRCISOD.
Esmael, D. A., & Nafiah, N. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p16-34
Frankl, V. E. (1966). Self-Transcendence as a Human Phenomenon. Journal of Humanistic Psychology, 6(2), 97–106. https://doi.org/10.1177/002216786600600201
Huppert, F. A., Baylis, N., Keverne, B., Seligman, M. E. P., Parks, A. C., & Steen, T. (2004). A balanced psychology and a full life. Philosophical Transactions of the Royal Society of London. Series B: Biological Sciences, 359(1449), 1379–1381. https://doi.org/10.1098/rstb.2004.1513
Ibrahim, J. T. (2019). SOSIOLOGI PEDESAAN. UMMPress.
Insani, E., Rozi, F., & Asy’ari, H. (2023). Program MBKM Santri sebagai Pondasi Penguatan Nilai Religius di Era Society 5.0. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 59–69.
Kartini, U., & Kusmanto, A. S. (2022). EFEKTIVITAS GENERASI UNGGUL TERHADAP PENERAPAN INOVASI BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(8), Article 8.
Khoiruddin, M. A., & Sholekah, D. D. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(1), 123–144.
Kumala, P. I., Nurfadila, A. R., Irsandi, A. Q., & Nur, A. P. (2023). PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS GUNA MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 DI SEKOLAH DASAR. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 42–48.
Marwan, S., & Marhen, M. (2021). INTERAKSI SIMBOLIK MASYARAKAT MADANI DALAM PERSPEKTIF ILMU SOSIAL. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(1), Article 1.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Mukhzamilah, M., Basri, A., Marsudi, I., Haryudo, S. I., & Haq, M. (2022). PELATIHAN PENGEMBANGAN DIGITALISASI LOCAL WISDOM BERBASIS MOBILE APPS SEBAGAI RINTISAN DESA PANCASILA. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n2.p136-148
Parsons, T. (1940). An Analytical Approach to the Theory of Social Stratification. American Journal of Sociology, 45(6), 841–862. https://doi.org/10.1086/218489
Purnama, I., Aulia, R., Karlinda, D., Wilman, M., Rozak, R. W. A., & Insani, N. N. (2023). URGENSI WAWASAN KEBANGSAAN PADA GENERASI Z DI TENGAH DERASNYA ARUS GLOBALISASI. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.572349/civilia.v3i1.336
Raharjo, T., Rohana, H., Istyarini, I., & Nurussaadah, N. (2018). Pengaruh full day school terhadap pembentukan karakter religius siswa. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(1), 22–32.
Redfield, R., Linton, R., & Herskovits, M. J. (1936). Memorandum for the Study of Acculturation. American Anthropologist, 38(1), 149–152.
Rezky, M. P., Sutarto, J., Prihatin, T., Yulianto, A., & Haidar, I. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), Article 1.
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Siagian, A. O., & Wibowo, A. U. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Digital Industri 5.0 di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 3(2), 37–47.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Surdia, R. M., Pirngadi, B. H., Raharja, A. B., & Sutansyah, L. (2022). Inisiasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Geospatial dalam Penyusunan Peta Desa Berbasis Partisipatif Masyarakat. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(2), 312–317. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i2.5724
Taufiqurrahman, M. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT Sebagai Upaya Perguruan Tinggi Menghadapi Era Smart Society 5.0. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32616/pgr.v6.2.426.114-132
Ubaidillah, A. (2021). Pengaruh Keluarga Dalam Pembentukan Karakter Remaja Melalui Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Masyarakat Desa Kalikalong RT. 02 RW. 01 Kecamatan Tayu Kabupaten Pati) [PhD Thesis]. IAIN Kudus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Samsudin Samsudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.