Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Karakter melalui Pembelajaran IPS

Authors

  • Atiko Nur Oktaviani UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Tutuk Ningsih UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

DOI:

https://doi.org/10.24090/jk.v12i2.10931

Keywords:

Implementasi Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Sekolah Dasar, Pengembangan Karakter

Abstract

Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar merupakan upaya penting dalam membentuk karakter siswa dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai Pancasila serta aspek-aspek kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data primer dari survei kepada responden terkait dan data sekunder dari literatur yang relevan. Mayoritas responden memahami Kurikulum Merdeka, namun pemahaman tentang Profil Pelajar Pancasila masih perlu ditingkatkan. Tujuan penerapan Profil Pelajar Pancasila adalah untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu dan kurikulum, pemahaman guru yang belum mendalam, dan kurangnya fokus siswa terhadap pembelajaran, implementasi ini telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa dan kualitas pembelajaran IPS. Rekomendasi yang diajukan termasuk pelatihan dan pendampingan lebih lanjut kepada guru, pengembangan materi pembelajaran yang terstruktur, mendorong keterlibatan aktif siswa, dan evaluasi yang lebih komprehensif, untuk memperkuat efektivitas dan kesinambungan implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam mendukung pembangunan karakter dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa). (2012). KBBI Daring edisi III. Https://Kbbi.Web.Id/.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

BBCNews. (2023, September 21). Mata siswi SD di Gresik ditusuk hingga buta - “Perundungan di Indonesia sudah darurat.” Https://Www.Bbc.Com/Indonesia/Articles/Czr1xkdvk8jo.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Kemdikbudristek. (2020). Visi dan Misi Kemdikbud.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (4th ed.). Sage Publications.

Moerdijat, L. (2023, September 23). Pencegahan Perundungan di Lingkungan Pendidikan Harus Menjadi Prioritas Bersama . Https://Www.Mpr.Go.Id/Berita/Pencegahan-Perundungan-Di-Lingkungan-Pendidikan-Harus-Menjadi-Prioritas-Bersama.

Santoso, J. T. (2022). Pentingnya Karakter dalam Dunia Kerja.

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran guru sebagai aplikator profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Oktaviani, A. N., & Tutuk Ningsih. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Karakter melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Kependidikan, 12(2), 265–276. https://doi.org/10.24090/jk.v12i2.10931

Issue

Section

Articles